Penerapan Metode Certainty Factor untuk Keputusan Pemilihan Jurusan di SMA

Temi Amali Cikraeni(1*),Ruliah Ruliah(2)
(1) Prodi. Teknik Informatika, STMIK Banjarbaru
(2) Prodi. Teknik Informatika, STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v9i1.53

Abstract


Dalam paper ini dijelaskan bagaimana membantu siswa SMA untuk memilih jurusan di sekolah mereka. Penelitian ini membandingkan data siswa dalam memilih jurusan sesuai minat mereka, dengan hasil saran dari metode CF yang digunakan dalam penelitian ini. Input Sistem CF adalah dari nilai akademik, tes psikologis, antusiasme, dukungan orang tua, dan jurusan pilihan siswa tersebut. Data yang digunakan berasal dari 171 Pelajar aktif SMA, Kelas X, yang
telah memilih jurusan mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akurasi metode CF dalam menentukan jurusan berdasarkan masukan tersebut adalah 84,21%

Kata kunci : Jurusan, Certainty Factor

References


Arvi, V.E. Penggunaan Certainty Factor Dalam Perancangan Sistem Pakar untuk Mendiognosis Penyakit Atheroskerosis. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Selatan; 2010.

Gautama, M.G. Penentuan Jurusan di SMAN 8 Surakarta dengan FIS Mamdani. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta; 2010.

Admin editor. Perhitungan Metode Certainty Factor. Bandung: Digital Library Telkom Institute of Technology. 2009.

Kusrini. Penggunaan Certainty Factor Dalam Sistem Pakar untuk Melakukan Diagnosis dan Memberikan Terapi Penyakit Epilepsi dan Keluarganya. Tesis. Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta; 2005.

Hozairi, Artana, K. B., Masroeri, A. A., & Irawan, M. I. Penerapan Sistim Pakar Untuk Pengembangan Strategi Pengamanan Perbatasan Wilayah Laut Indonesia. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2011 (SNATI 2011 UII Yogyakarta). Yogyakarta; 2011: B12-B17

Murni, R. Penjurusan SMA. IndoSDM. 2008.

Puspitasari, D. Sistem Pakar Diagnosa Diabetes Nefropaty dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web. Skripsi. Surabaya: Politeknik Elektro Negeri Surabaya ITS; 2010.

S., B., Geogrorius, & Intan, R. Probabilitas Penggunaan premis untuk MenentukanCertainty Factor Dari Rule. Skripsi. Surabaya: Universitas Kristen Petra Surabaya; 2006.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.