Penerapan Model Analytical Hierarchy Process Untuk Pemilihan Perusahaan Jasa Ekspedisi

Yulia Yudihartanti(1*),Taufiq Taufiq(2),Ruliah Ruliah(3)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(3) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v19i1.1128

Abstract

Goods delivery services are much needed during restrictions on people's mobility. Conditions like this have aroused entrepreneurs to pursue a freight forwarding service business, so that many shipping forwarding service businesses have emerged. This causes people to have difficulty determining freight forwarding services that suit their needs. This study uses the AHP (Analytical Hierarchy Process) method for the selection of freight forwarding services in the freight forwarding services business in the city of Banjarbaru. The criteria used are strategic location, speed, delivery guarantee and postage. After going through several stages in applying the AHP method for the selection of freight forwarding services, a conformity value of 60% was obtained, so it can be concluded that this application can be an alternative in helping and facilitating consumers to choose the appropriate expedition services according to their needs.Keywords: Expedition services; Delivery of goods; Analytical Hierarchy Process

 

Abstrak

Jasa layanan pengiriman barang banyak dibutuhkan pada masa pembatasan mobilitas masyarakat.  Kondisi seperti ini yang membangkitkan para pengusaha untuk menekuni usaha jasa ekspedisi pengiriman barang, sehingga banyak muncul usaha jasa ekspedisi pengiriman. Hal ini menyebabkan masyarakat kesulitan menentukan jasa ekspedisi pengiriman barang yang sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ini menggunakan metode AHP (Analytical Hierarcy Process) untuk pemilihan jasa ekspedisi pengiriman barang pada usaha jasa ekspedisi pengiriman barang di kota Banjarbaru. Kriteria yang digunakan adalah lokasi strategis, kecepatan, garansi kirim dan ongkos kirim. Setelah melewati beberapa tahapan dalam penerapan metode AHP untuk pemilihan jasa ekspedisi barang ini, diperoleh nilai kesesuaian sebesar 60%, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat menjadi alternatif dalam membantu dan memudahkan para konsumen untuk memilih jasa ekspedisi yang sesuai dengan kebutuhan.

Kata kunci: Jasa ekpedisi; Pengiriman barang; Analytical Hierarcy Process

References


Parcel, Lion, “5 Manfaat Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang”, Lion Parcel, 15 Januari 2019, https://lionparceljakarta.id/5-manfaat-jasa-ekspedisi-pengiriman-barang-detail-408767, [Diakses tanggal 2 Januari 2023].

Oktaviani, N., Merlina, N., & Nurmalasari, N, “Pemilihan Jasa Pengiriman Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)”, Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), Vol. 6, No. 4, Hal: 219, 2018, DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v6i4.29126.

Kustian, N., “Penentuan Dalam Pemilihan Jasa Pengiriman Barang Transaksi ECommerce Online”, Journal of Applied Business and Economics, Vol. 2, No. 4, Hal. 308– 314, 2016, DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v2i4.1523.

Wijayanti, R. M., Saidani, B., Fidhyallah, N. F., “Pengaruh Harga dan Kepercayaan pada Jasa Pengiriman X terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce di Jakarta”, Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, Vol. 2, No. 1, Hal. 150-159, 202, http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/194.

Hutasoit, Halomoan, A., Fauzi, A., & Gultom, P., “The Effect of Tariffs and Service Quality on Customer Satisfaction That Affects of The Customer Loyalty of Medan City Using Grab-Car Transportation”. Journal of Business and Management, Vol. 21, No. 5, Hal. 36–45, 2019.

Ramadhan, M. A. F., “Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan, Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Pelanggan Aplikasi Transportasi Online ojek Di Kota Malang”. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), Vol. 4, No.2, Hal.153-169, 2020, DOI https://doi.org/10.33474/manajemen.v4i2.3733

Khaira, A., & Dwivedi, R. K., “A State of the Art Review of Analytical Hierarchy Process”, in Materials Today: Proceedings, Rourkela India, 4029–4035, 17-19 Maret 2017.

Kelana, S., Oktaviani, A., Nurfalah, R., Rifai, A., “Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Pemilihan Jasa Ekspedisi Pada Masa Pandemi”. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Vol. 13, No 4, Hal. 49-57, 2021, DOI: http://dx.doi.org/10.55181/speed.v13i4.741.

Aulawi, H., Kurniawati, R., Pratama, V. V., “Analisa Keputusan Pemilihan Jasa Ekspedisi dengan Metode AHP dan Borda”. Jurnal Kalibrasi. Vol. 18 No. 01. Hal 23-29. 2020.

Budiarto, Z. F. T., “Analisa Pemilihan Masyarakat Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)”, Skripsi, Prodi Sistem Informasi, STMIK Nusa Mandiri, Jakarta, 2019.

Putri, A., Wasiyanti, S., “Pemilihan Jasa Pengiriman Barang Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)”, SATIN-Sains dan Teknologi Informasi, Vol. 6 No. 1, Hal. 10-19, 2020, DOI: https://doi.org/10.33372/stn.v6i1

Wulandari, P. F., Arvianto, A., “Pemilihan Jasa Ekspedisi Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchi Process”. Industrial Engineering Online Journal. Vol. 5 No. 4. 2016.

Adi, H. K., Singgih, M., “Pemilihan Jasa Pengiriman Barang-Barang Industri Dengan Menggunakan Metode AHP (Studi Kasus PT. Fajar Mas Murni Surabaya)”. Teknik Industri Universitas 17 Agustus 1945. Surabaya, 2019.

Kuning, A. K. P. T., Ananda, N., “Pemilihan Jasa Ekspedisi Pada Perusahaan Farmasi Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchi Process (AHP)”, in Prosiding Seminar Nasional Manajemen Industri dan Rantai Pasok, Jakarta, Hal. 122-128, 1-3 Desember 2020.

Berbiru, M. D., Heitasari, D. N., Rahayuningsih, S., “Analisis Kualitas Jasa Pengiriman Barang Menggunakan Metode Servqual Di PT. PELNI Cabang Ambon”, in SNTEM, Cepu, Vol. 1. Hal. 1278-1286, 5 November 2021.

Yunus, M., Bachtiar, L., “Analisis Sistem Seleksi Penerima Beasiswa Kurang Mampu Menggunakan Metode SAW Dan AHP (Studi Kasus: SD-IT Imam Syafii Sampit)”, Progresif, Vol. 18, No. 1, Hal: 55-68, 2022, DOI : 10.35889/progresif.v18i1.767


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.