Submissions

Please LOGIN or REGISTER to make submission

Already have a Username/Password for Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN DAN PENGIRIMAN ARTIKEL

 A. PERSYARATAN UMUM PENULISAN NASKAH

  1. Naskah  belum  pernah  dipublikasikan  atau  tidak  sedang  dalam  proses  pengajuan  untuk publikasi ke media lain dan tidak mengandung unsur plagiat dengan dilampiri pernyataan tertulis dari penulis (dapat disertakan pada saat naskah telah dinyatakan dapat diterima).
  2. Manuskrip paper dapat diketik dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Format tulisan adalah Rata Kiri dan Kanan pada kertas A4 (quarto). Batas margin kiri, kanan, atas dan bawah adalah 3 cm. Pengetikan menggunakan Microsoft Word, spasi tunggal, dengan huruf Arial 10pt (kecuali Judul: 16pt). Sangat disarankan untuk langsung menggunakan TEMPLATE PROGRESIF yang disediakan, atau menghubungi kami melalui email: puslit.stmikbjb@gmail.com, cc: bahararahman@gmail.com  untuk mendapatkan Template Artikel yang dimaksudkan.
  3. Panjang naskah ideal adalah 12 halaman,  sudah termasuk daftar pustaka yang menyertainya.
  4. Naskah    dikirim    melalui    online    submission    Jurnal    PROGRESIF, dengan  terlebih dahulu login ke: http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/progresif/login?source=%2Findex.php%2Fprogresif%2Fuser . Jika belum memiliki account, dapat mendaftar pada: http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/progresif/user/register untuk mendapatkan Account.  Jika karena sesuatu hal Author TIDAK DAPAT MENGIRIM NASKAH melalui Web OJS (karena masalah Teknis), Author dapat menghubungi kami melalui  email: puslit.stmikbjb@gmail.com, Cc: bahararahman@gmail.com.
  5. Semua naskah yang masuk ke redaksi akan melalui proses blind review oleh mitra bebestari setelah review oleh redaksi. Naskah yang dimuat akan disunting kembali oleh redaksi tanpa mengubah substansi isi.

B. STRUKTUR NASKAH ILMIAH

  1. Judul Artikel maksimal 12 kata utama (dalam bahasa Indonesia), atau 10 kata (dalam Bahasa Inggris), diletakkan Rata Tengah, dengan ukuran font 16, dilanjutkan dengan menuliskan Identitas  author. Judul Artikel mencerminkan isi dari naskah/paper yang ditulis. Judul memuat gagasan utama, lalu diikuti penjelasan lainnya. Awal Judul sebaiknya didahului oleh kata seperti: “Model Sistem … ”, “Prototipe Sistem….” “Model Aplikasi Sistem Pakar.....…”, "Kajian Model Sistem.....",   "Implementasi/Penerapan Algoritma XYX dalam.....”, “Analysis …”, Rancangan Sistem (jika artikel konseptual) …., dan sebagainya.
  2. Abstrak

    ditulis (dalam 1 paragraf) dalam Bahasa Indonesia, juga dalam Bahasa Inggris. Abstrak harus informatif dan benar-benar jelas, memberikan pernyataan singkat mengenai permasalahan yang ada, pendekatan/tujuan atau solusi yang diusulkan, metodologi, hasil/temuan utama (unsur kebaruan), serta simpulan hasil pengujian/analisis. Panjang abstrak dalam 100 sampai 150 kata. Abstrak harus ditulis dalam bentuk lampau. Standar nomenklatur harus digunakan dan singkatan harus dihindari. Tak ada pengutipan dalam abstrak. Daftar kata kunci memberikan kesempatan untuk menambahkan kata kunci, yang digunakan untuk layaan peng-indeks-kan dan pengabstrakan, di samping yang sudah ada dalam judul. Sangat bijaksana menggunakan kata kunci yang dapat meningkatkan kemudahan dari pihak yang berkepentingan untuk dapat menemukan inti artikel.

    Kata kunci: sekitar 3 sampai 5 kata atau frasa terpenting dalam tulisan; diantarai oleh tanda titik koma (;)  

    .
  3. Pendahuluan,  

    Pendahuluan secara runut dan jelas memuat paragraf-paragraf:  Pentingnya tema; analisis situasi (Gap) yang memunculkan pernyataan permasalahan, yang didasari oleh literatur atau data yang relevan (summary hasil-hasil kajian riset yang dapat berupa Penelitian Pendahuluan atau hasil penelitian yang telah dipublikasi); konsep solusi secara teoritis yang ditawarkan, yang didikung oleh literatur/referensi (diutamakan Primer) dalam jumlah yang memadai; tujuan penulisan  

    Pendahuluan juga dapat berisi Riset-Riset Relevan/terdahulu (referensi berupa artikel Jurnal) yang telah berusaha menyelesaikan permasalahan yang ada; serta menyajikan State of the art (tertera dengan jelas arah riset/tulisan yang dilakukan saat ini dan perbedaannya (terutama perbedaan konsep) dengan riset-riset terdahulu yang telah ditinjau). State of the art akan memunculkan Kebaruan (novelty) tulisan/riset saat ini.

    Jika Riset-riset relevan/terdahulu tidak diletakkan pada bab Pendahuluan, maka dapat diletakkan secara tersendiri pada bab Tinjauan Pustaka.

    Model citation bibliography menggunakan IEEE Style [1], [2]…...

  4. Tinjauan Pustaka

    Riset-riset relevan/terdahulu menjadi bagian yang dibahas/dikaji secara tersendiri dalam Tinjauan Pustaka jika Riset-riset terdahulu/relevan tersebut sebelumnya tidak disajikan pada bab Pendahuluan.

    Riset-Riset Relevan/terdahulu (referensi berupa artikel Jurnal) adalah riset-riset yang telah berupaya menyelesaikan permasalahan yang ada/sejenis. Tinjauan riset-riset relevan/terdahulu diakhiri dengan menyajikan State of the art (arah riset/tulisan yang dilakukan saat ini dan perbedaannya (terutama perbedaan konsep) dengan riset-riset relevan/terdahulu yang telah ditinjau). State of the art akan memunculkan Kebaruan (novelty) tulisan/riset saat ini.

  5. Metodologi. 

    Deskripsi metode tidak bersifat teoritis/normatif, namun menyajikan prosedur atau tahapan-tahapan ril yang dilalui dalam upaya pencapaian tujuan akhir yang diharapkan dalam riset/pengkajian.

    Untuk Jenis Riset Yang Berfokus pada Pengembangan Produk/Prototipe Sistem Kontrol (Research & Development):

    Bagian ini mendeskripsikan tahapan-tahapan Penelitian beserta luaran yang ditargetkan untuk setiap tahapan yang ada. Selanjutnya, menyajikan analisis kebutuhan berupa: Kebutuhan fungsional (fungsi-fungsi secara spesifik yang diharapkan dapat dilakukan oleh sistem); Parameter-parameter proses sistem (parameter masukan dan parameter keluaran); Kebutuhan komponen sistem beserta spesifikasinya, serta instrumen penelitian.

    Bagian ini juga menyajikan rancangan sistem, berupa: Arsitektur sistem secara terintegrasi beserta deskripsi setiap Blok Sistem dan mekanisme kerja sistem secara terintegrasi; Rancangan fisik sistem per bagian sistem atau per fungsi; Rancangan Antarmuka software (Jika ada); Rancangan Proses Sistem (logika/Algoritma) untuk setiap fungsi-fungsi (fungsional) sistem; Rancangan lainnya.

    Selanjutnya mendeskripsikan metode pengujian sistem, baik pengujian sub-sub komponen sistem maupun pengujian sistem secara terintegrasi. Prosedur percobaan/pengujian ditulis dalam kalimat berita, bukan perintah.

    Untuk Jenis Riset Yang Berfokus pada Pengembangan Produk/ Software Sistem Cerdas (Research & Development):

    Bagian ini mendeskripsikan metode pengembangan yang digunakan (misal: Waterfall, Prototyping, metode lainnya) beserta tahapan-tahapannya, juga luaran yang ditargetkan untuk setiap tahapan yang ada. Termasuk dalam bagian ini adalah bagaimana metode/mekanisme memverifikasi/menguji kinerja produk (jika tahapan riset sampai pada kegiatan Implementasi sistem), serta teknik analisis data hasil pengujian.  

    Bagian ini juga menyajikan berbagai jenis desain/model sistem, yang didahului dengan menyajikan hasil-hasil nalisis kebutuhan (kebutuhan fungsional dan non fungsional). Desain sistem dapat berupa: Desain Arsitektur Sistem secara terpadu/terintegrasi, Desain fungsional dan Proses Sistem, Desain Database (jika ada), desain logis/logical sistem (algoritma). Desain-desain sistem dapat menggunakan tools desain (pemodelan) terstruktur seperti DFD, ERD, Flowchart dan lainnya, atau tools desain (pemodelan) berorientasi objek seperti UML atau lainnya. Setiap jenis desain mesti berkaitan/relevan dengan fitur-fitur fungsional sistem yang telah dikaji pada tahapan analisis kebutuhan.

    Untuk Jenis Riset Yang Berfokus pada Kajian Kinerja Algoritma/metode Komputasi:

    Bagian ini dapat menyajikan algoritma atau prosedur kerja Metode Komputasi yang sedang dikaji kinerjanya. Kebutuhan-kebutuhan untuk mendukung uji coba kinerja Metode Komputasi juga disajikan pada bagian ini, misalnya: data apa yang akan dijadikan objek pengujian, parameter-parameter input apa yang akan diproses, parameter-parameter output/target apa yang menjadi luaran proses, berapa besar sampel data yang akan digunakan dalam uji coba (termasuk komposisi sampel data untuk data training dan data testing pada jenis Algoritma Learning), bagaimana mekanisme penentuan sampel data.  Termasuk dalam bagian ini adalah menyajikan bagaimana mekanisme untuk memvalidasi/menguji akurasi kinerja metode komputasi yang sedang dikaji atau diuji coba, serta teknik analisis data hasil pengujian.  

    Untuk Jenis/fokus Riset lainnya, penyajian metodologi dapat menyesuaikan.

    Sub Bab Metode penelitian dapat diurai atau dikembangkan menjadi Sub-sub Bab, disesuaikan dengan hal-hal yang dipaparkan dalam Sub Bab tersebut.

    .
  6. Hasil dan Pembahasan

    Secara umum, pada bagian ini dipaparkan mengenai hasil yang diperoleh dari setiap tahapan penelitian yang dilakukan. Termasuk dalam bagian ini adalah Pengujian dan Pembahasan Hasil Pengujian penelitian (jika tahapan riset sampai pada kegiatan Implementasi sistem). Pembahasan mesti dikaitkan dengan sejauh mana permasalahan yang diidentifikasi pada awal tulisan telah diselesaikan pada akhir penelitian/kajian, atau sejauh mana permasalahan yang diidentifikasi pada awal tulisan akan dapat diselesaikan dengan konsep yang ditawarkan (untuk artikel Konseptual).

    Dalam kasus tertentu, pembahasan juga mesti mengaitkan sejauh mana relevansi antara hasil temuan penelitian/kajian saat ini terhadap hasil-hasil temuan penelitian terdahulu yang relevan, apakah saling menguatkan, saling mempertentangkan, atau merupakan temuan baru.

    Khusus untuk artikel konseptual, pemaparan tentang Hasil tidak perlu dilakukan (cukup berisi pembahasan saja). Dengan demikian, untuk artikel konseptual, judul bab hanya bertuliskan ‘Pembahasan

    Disamping berbentuk deskripsi, hasil-hasil penelitian dapat juga disajikan dalam bentuk Grafi atau Tabel. Jika ada tabel atau gambar, penyajiannya harus dalam resolusi yang dapat dibaca dengan jelas (tajam) dan diletakkan rata tengah. 

    Secara spesifik, Hasil dan Pembahasan dapat memuat:

    Untuk Jenis Riset Yang Berfokus pada Pengembangan Produk/Prototipe Sistem Kontrol (Research & Development):

    Bagian ini dapat menyajikan beberapa tampilan antarmuka (interface) software dan atau Hardware, baik antarmuka masukan (input), antarmuka proses, maupun antarmuka luaran (output). Setiap gambar mesti disertai deskripsi yang memadai agar dapat dengan mudah dimaknai oleh para pembacanya.

    Bagian ini juga wajib menyajikan mekanisme pengujian (eksperimen) produk beserta pembahasan hasil pengujian. Pengujian dapat berupa: pengujian fungsionalitas komponen dan sistem secara terintegrasi, dan atau jenis pengujian lainnya. Hasil-hasil pengujian perlu disertai pembahasan, dengan mengulas mengenai sejauh mana permasalahan yang diidentifikasi pada awal tulisan telah diselesaikan pada akhir penelitian/kajian, dan atau sejauh mana kebutuhan-kebutuhan Fungsional telah dipenuhi oleh sistem yang diusulkan. Pembahasan juga mesti mengaitkan sejauh mana relevansi antara hasil temuan penelitian/kajian saat ini terhadap hasil-hasil temuan penelitian terdahulu yang relevan, apakah saling menguatkan, saling mempertentangkan, atau merupakan temuan baru.

    Untuk Jenis Riset Yang Berfokus pada Pengembangan Produk/ Software Sistem Cerdas (Research & Development):

    Bagian ini dapat menyajikan beberapa tampilan antarmuka (interface) software, baik antarmuka masukan (input), antarmuka proses, maupun antarmuka luaran (output). Setiap gambar mesti disertai deskripsi yang memadai agar dapat dengan mudah dimaknai oleh para pembacanya.

    Bagian ini juga wajib menyajikan mekanisme pengujian penelitian (sistem software) beserta pembahasan hasil pengujian. Pengujian dapat berupa: pengujian fungsionalitas dan non fungsionalitas sistem, dan atau jenis pengujian software lainnya. Hasil-hasil pengujian perlu disertai pembahasan, dengan mengulas mengenai sejauh mana permasalahan yang diidentifikasi pada awal tulisan telah diselesaikan pada akhir penelitian/kajian, dan atau sejauh mana kebutuhan-kebutuhan Fungsional dan Non Fungsional telah dipenuhi oleh sistem yang diusulkan. Pembahasan juga mesti mengaitkan sejauh mana relevansi antara hasil temuan penelitian/kajian saat ini terhadap hasil-hasil temuan penelitian terdahulu yang relevan, apakah saling menguatkan, saling mempertentangkan, atau merupakan temuan baru.

    Dalam kasus pengembangan produk/software yang hanya sampai pada tahap Rancangan Sistem, pengujian sistem tidak perlu dilakukan (cukup dengan menyajikan Pembahasan, yang menguraikan sejauh mana permasalahan yang diidentifikasi pada awal tulisan akan dapat diselesaikan dengan konsep yang ditawarkan). Pembahasan mesti didukung oleh argumen-argumen yang diperkuat oleh dasar ilmiah dalam jumlah yang memadai.

    Untuk Jenis Riset Yang Berfokus pada Kajian Kinerja Algoritma/metode Komputasi:

                Bagian ini menyajikan Sampel data yang akan diproses oleh Metode. Selanjutnya menyajikan tahap demi tahap sampel data tersebut diproses oleh metode yang digunakan, hingga memperoleh hasil akhir. Selanjutnya, menyajikan mekanisme pengujian kinerja/akurasi metode yang digunakan, serta menyajikan data dan hasil pengujian akurasi. Data hasil pengujian akurasi metode selanjutnya dibahas. Pembahasan dikaitkan dengan sejauh mana hasil yang diperoleh dapat menyelesaikan masalah yang diidentifikasi pada awal tulisan.

    Bagian ini juga dapat menyajikan beberapa tampilan antarmuka/ interface software (Jika ada), baik antarmuka masukan (input), antarmuka proses, maupun antarmuka luaran (output). Setiap gambar mesti disertai deskripsi yang memadai agar dapat dengan mudah dimaknai oleh para pembacanya. Selanjutnya menyajikan pengujian sistem software beserta pembahasan hasil pengujian.

    Untuk Artikel Kajian/Analisis:

                Hasil kajian/analisis mesti disertai dengan rekomendasi, serta didukung oleh argumen-argumen yang diperkuat oleh dasar ilmiah dalam jumlah yang memadai.

    Hasil dan pembahasan dapat disajikan pada beberapa Sub Bab jika diperlukan

  7. Simpulan.  

    Simpulan ditulis dalam bentuk paragraf (bukan berbentuk list). Simpulan menyediakan jawaban atas permasalahan/tujuan, atau menghasilkan teori/konsep baru berdasarkan fakta/analisis. Simpulan dapat juga memaparkan prospek/rekomendasi pengembangan ke depan. Tidak ada pemisahan antara simpulan dan rekomendasi

  8. Daftar Referensi

    Referensi yang dirujuk adalah referensi 10 tahun terakhir (sedapat mungkin 5 tahun terakhir). Minimal 80% dari total referensi yang dirujuk berbentuk artikel Jurnal dan atau artikel Prosiding (sedapat mungkin Jurnal Nasional terindeks SINTA / Jurnal Internasional). Jumlah referensi yang dirujuk minimal 15 referensi dengan menggunakan program pembuat sitasi seperti Mendeley, endnote, atau sejenisnya. Penulisan Daftar Referensi merujuk pada IEEE Style, seperti contoh berikut:

    Ref. Berupa Buku:

    [1] Penulis, Judul Buku. Edisi. Kota Terbit: Nama Penerbit, Tahun Terbit.

    [1] P.M. Morse and H. Feshback, Methods of Theoretical Physic. New York: McGraw Hill, 1953.

    Ref. berupa Artikel Jurnal:

    [2] Penulis, “Judul Artikel”, Nama Jurnal, Vol., No., halaman, Tahun. DOI (Jika ada)

    [2] R. E. Kalman, “New results in linear filtering and prediction theory,” J. Basic Eng., vol. 83, no. 3, pp.95-108, Juli 2018.

    Ref. berupa Artikel Proceeding Conference (Seminar):

    [3] Penulis, “Judul Artikel,” in Nama Seminar/Proceeding., Kota pelaksanaan seminar., Halaman, Taggal &Tahun pelaksanaan.

    [3] Utari, Setiya and Sarah, “Pengembangan Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” in Seminar Nasional Pendidikan IPA, Bandung, 12-23, 7 September, 2010

    Ref. dari Web / Online:

    [4] Pengarang, “Judul dokumen,” Judul website atau pemilik, Tanggal Publikasi. [Online]. URL [Diakses tanggal bulan tahun].

    [4] B. Paynter, “Robodinos: what could possibly go wrong?”, Wired, 20 Juli 2009, [Online]. Tersedia: http://www.wired.com/entertainment/magazine/17-08/st_robotdinos [Diakses: 25 Juli 2010].

    Ref. berupa Skripsi/Tesis/Disertasi:

    [5] Penulis, “Judul Skripsi/Tesis/Disertasi,” Skripsi, Prodi/Jurusan, Nama Universitas, Kota Universitas, Tahun.

    [5] R. Arianti, “Pengembangan Sistem Informasi Penanganan Bencana Alam”, Skripsi, Program Studi Teknik Informatika, Universitas XYZ, Banjarbaru, 2019.

    Ref. berupa Paten:

    [6] Penulis, “Judul patent,” Nama Negara. Patent x xxx xxx, Tgl/Bln/Tahun.

    [6] L.P. Ahmad, A. Hooper, “The Lower Switching Losses Method of Space Vector Modulation”, Indonesia, CN103045489 (Patent). 2007.

    Ref. berupa Standar:

    [7] Name of Standard Body/Institution, Standard number. “Title (this should be in italics)”, Place of publication: Publisher, Year of publication.

    [7] IEEE Standards Association, 1076.3-2009, IEEE Standard VHDL Synthesis Packages, New York: IEEE Press, 2009.

    Ref. berupa Laporan (Reports):

    [8]   Author/Editor (if it is an editor/editors always put (ed./eds.) after the name)., Title (this should be in italics), Organisation, Report number: (this should be followed by the actual number in figures), Year of publication.

    [8]   S. James, D. Whales, “The Framework of Electronic Government”, U.S. Dept. of Information Technology, Report number: 63, 2005.

    Bentuk Ref. Lainnya.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah ditulis pada dokumen template artikel yang telah disediakan (tipografi dan kandungan/makna dalam naskah telah sesuai dengan template/panduan) dan dalam format Microsoft Word (.doc/.docx)
  2. Kalimat judul telah ditulis dengan Title Case dan tidak lebih dari 12 kata (kata utama)
  3. Abstrak telah ditulis secara berstruktur (memuat: Inti masalah, Tujuan Penulisan, Metodologi, Simpulan hasil pembahasan/pengujian), dengan jumlah Maksimal 150 kata
  4. Kata kunci berjumlah 3-5 kata/frasa dan dipisahkan dengan tanda Koma (,)
  5. Penulisan abstrak bahasa Inggris terbebas dari kesalahan gramatikal, dengan menggunakan tenses yang tepat
  6. Pendahuluan telah secara berstruktur memuat paragraf-paragraf: Pentingnya Tema, Analisis Situasi yang menyajikan Gap/permasalahan, Rencana Solusi yang didukung oleh Referensi dalam jumlah yang memadai, Tujuan Penulisan
  7. Menyajikan Riset-riset relevan/terdahulu dan atau State of the art (Novelty)
  8. Metode Penelitian dapat ditulis dengan beberapa sub-judul, Namun Uraian di dalam sub-Metode Penelitian tidak menggunakan bulleting maupun Numbering (tidak seperti Laporan Penelitian), namun cukup dengan deskripsi berbentuk paragraf
  9. Telah menyajikan Pengujian Penelitian dan Pembahasan Hasil Uji, serta Terdapat kajian perbandingan antara hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan Penelitian-penelitian relevan yang telah ditinjau sebelumnya, apakah saling menguatkan, saling membantah, atau jenis temuan baru (berlaku untuk Jenis Artikel yang bukan artikel Konseptual/Desain dan atau Analisis)
  10. Menyertakan Pembahasan dan Rekomendasi (untuk Jenis Artikel Konseptual/desain atau artikel analisis)
  11. Kesimpulan ditulis dalam bentuk paragraf, bukan menggunakan Bulleting atau Numbering
  12. Kesimpulan telah relevan dengan Permasalahan (dapat menjawab Permasalahan yang diidentifikasi di awal tulisan)
  13. Sistem Sitasi dan Penulisan Daftar Referensi telah menggunakan Style IEEE 
  14. Referensi berjumlah > 10 rujukan dan Setidaknya 70% referensi berupa Artikel Jurnal/Prosiding, dengan sumber yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir (Untuk Jurnal/Prosiding 5 Tahun Terakhir)
  15. Objek (Gambar, data dalam Tabel) memiliki kualitas yang baik dan dapat terbaca secara keseluruhannya
  16. Melampirkan Surat Pernyataan Keaslian Naskah yang ditandatangani oleh penulis Penulis Utama (dalam format PDF)
  17. Pastikan telah melakukan pengecekan kesamaan naskah (toleransi maksimum untuk kesamaan naskah adalah 15%)

Privacy Statement

Nama dan alamat email serta identitas lainnya yang anda inputkan hanya akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.