Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN DAN PENGIRIMAN ARTIKEL

 A. PERSYARATAN UMUM PENULISAN NASKAH

  1. Naskah  belum  pernah  dipublikasikan  atau  tidak  sedang  dalam  proses  pengajuan  untuk publikasi ke media lain dan tidak mengandung unsur plagiat dengan dilampiri pernyataan tertulis dari penulis.
  2. Manuskrip paper dapat diketik dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Format tulisan adalah Rata Kiri dan Kanan pada kertas A4 (quarto). Batas margin kiri, kanan, atas dan bawah adalah 3 cm. Pengetikan menggunakan Microsoft Word, spasi tunggal, dengan huruf Arial 10pt (kecuali Judul: 16pt). Sangat disarankan untuk langsung menggunakan TEMPLATE PROGRESIF yang disediakan, atau menghubungi kami melalui email: puslit.stmikbjb@gmail.com, cc: bahararahman@gmail.com  untuk mendapatkan Template Artikel yang dimaksudkan.
  3. Panjang naskah 12 halaman,  sudah termasuk daftar pustaka yang menyertainya.
  4. Naskah    dikirim    melalui    online    submission    Jurnal    PROGRESIF dengan    terlebih dahulu login ke: http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/jutisi/login atau jika belum memiliki account dapat mendaftar pada:  http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/jutisi/login (dapat juga mengirim artikel melalui email: puslit.stmikbjb@gmail.com, Cc: bahararahman@gmail.com).
  5. Semua naskah yang masuk ke redaksi akan melalui proses blind review oleh mitra bebestari setelah review oleh redaksi. Naskah yang dimuat akan disunting kembali oleh redaksi tanpa mengubah substansi isi.

B. STRUKTUR NASKAH ILMIAH

  1. Judul Artikel maksimal 12 kata (dalam bahasa Indonesia), atau 10 kata (dalam Bahasa Inggris), diletakkan Rata Tengah, dengan ukuran font 16, dilanjutkan dengan menuliskan Identitas  author. Judul Artikel mencerminkan isi dari paper penelitian yang ditulis (bukan Pengabdian Masyarakat). Awal Judul sebaiknya didahului oleh kata seperti: “Model Sistem”, "Kajian Model Sistem.....",  “Model Aplikasi Sistem.....…”, "Implementasi/Penerapan Model/Algoritma XYX.....”, “Analysis of …”,  etc.
  2. Abstrak,  ditulis dalam Bahasa Indonesia, juga dalam Bahasa Inggris Abstrak harus informatif dan benar-benar jelas, memberikan pernyataan yang jelas apa permasalahan yang ada, pendekatan atau solusi yang diusulkan yang dengan jelas menunjukkan hasil/temuan utama (unsur kebaruan) dan simpulan. Panjang abstrak harus dalam 100 sampai 150 kata. Abstrak harus ditulis dalam bentuk lampau. Standar nomenklatur harus digunakan dan singkatan harus dihindari. Tak ada pengutipan dalam abstrak. Daftar kata kunci memberikan kesempatan untuk menambahkan kata kunci, yang digunakan untuk layaan peng-indeks-kan dan pengabstrakan, di samping yang sudah ada dalam judul. Sangat bijaksana menggunakan kata kunci yang dapat meningkatkan kemudahan dari pihak yang berkepentingan untuk dapat menemukan inti artikel kita.
  3. Pendahuluan,  mesti memaparkan dengan jelas:  statement permasalahan yang didasari oleh Literatur atau data yang relevan (summary hasil-hasil kajian riset yang dapat berupa Penelitian Pendahuluan atau hasil penelitian yang telah dipublikasi); konsep solusi secara teoritis yang ditawarkan, yang didikung oleh literatur atau artikel jurnal.  Pada bagian ini juga dapat berisi riset-riset relevan (referensi berupa artikel Jurnal) yang telah berusaha menyelesaikan permasalahan yang ada; serta menyajikan pendekatan atau solusi yang digunakan (akan digunakan jika artikel gagasan) untuk menyelesaikan permasalahan yang ada (tertera dengan jelas arah riset yang dilakukan saat ini yang membedakannya dengan riset-riset sebelumnya / state of the art). Tinjauan Pustaka atau Riset-riset relevan dapat juga diletakkan pada sub bab tersendiri dalam tulisan. Model  citation bibliography menggunakan model Vancouver misalnya  [1], [2] dan seterusnya
  4. Tinjauan Pustaka, Menjadi bagian yang dibahas tersendiri dalam artikel jika bagian ini sebelumnya tidak diletakkan pada Bab Pendahuluan. Tinjauan Pustaka berisi riset-riset relevan (referesi berupa Artikel Jurnal) yang telah berusaha menyelesaikan permasalahan yang ada, dan sejauh mana riset2 terdahulu tersebut telah menyelesaikan masalah yang ada. Bagian ini juga  menyajikan pendekatan atau solusi yang digunakan (akan digunakan jika artikel gagasan) untuk menyelesaikan permasalahan yang ada (tertera dengan jelas arah riset yang dilakukan saat ini yang membedakannya dengan riset-riset sebelumnya / state of the art).
  5. Metodologi. Bagian ini dapat mendeskripsikan jenis penelitian yang dilaksanakan. Untuk jenis penelitian Pengembangan (misal Pengembangan Produk Software / R&D), dapat dipaparkan Metode Pengembangan Software yang digunakan beserta tahapan-tahapannya. Untuk riset-riset berbasis model komputasi/model alat, algoritma model dapat dipaparkan pada bagian ini.  Jika penelitian berjenis eksperimen, dapat dipaparkan deskripsi sampel yang digunakan, metode pemilihan sampel, serta langkah-langah eksperimen. Jika penelitian Non Eksperimen, dapat memaparkan mengenai objek penelitian. Metode analisis data/hasil juga dapat dipaparkan pada bagian ini. Bagian ini dapat juga mendeskripsikan kebutuhan-kebutuhan sistem (kebutuhan input/parameter-parameter input; mungkin juga diperlukan model-model proses sistem yang dipaparkan menggunakan Tools Pemodelan seperti UML atau tools lainnya; arsitektur sistem secara terintegrasi; kebutuhan  akan teknologi), yang disajikan dalan bentuk rancangan sistem (tergantung pada jenis riset yang dilakukan apakah berorientaasi Produk atau riset dasar/Model-model komputasi). Tempat penelitian (bukan Objek Penelitian), waktu penelitian, data penelitian, sebaiknya tidak menjadi bagian yang dipaparkan dalam Paper,  terkecuali sampel Data Penelitian yang menjadi bagian yang harus di proses/diuji oleh sistem (suatu Algoritma tertentu atau alat eksperimen) untuk menilai/membuktikan kinerja Metode/alat tersebut, masih dapat disertakan. Adapun parameter-parameter penelitian mungkin diperlukan untuk disajikan). Sub Bab Metode penelitian dapat diurai atau dikembangkan menjadi Sub-sub Bab, disesuaikan dengan hal-hal yang dipaparkan dalam Sub Bab tersebut.
  6. Hasil dan Pembahasan. Pada bagian ini dipaparkan mengenai hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan, yang  dapat berupa Model Prototype produk atau beberapa tampilan interface utama suatu Produk IT dan hasil pengujian/pembuktiannya. Dapat juga berupa Model algoritma/metode yang dimodifikasi beserta hasil pembuktian/pengujian kinerjanya,  Hasil penerapan suatu Algoritma/metode Komputasi beserta hasil pembuktian kinerja/akurasinya; yang kesemuanya disertai dengan pembahasan. Hasil-hasil penelitian juga dapat disajikan melalui gambar, grafik, tabel dan sejenisnya yang dapat dengan mudah dimengerti. Untuk Jenis Penelitian Tertentu, pada bagian ini dapat dipaparkan temuan yang diperoleh dan diskusi mengenai relevansinya dengan riset-riset relevan yang telah dipaparkan pada Tinjauan Pustaka (apakah saling menguatkan atau salaing membantah). Hasil dan pembahasan dapat disajikan pada beberapa Sub Bab jika diperlukan. Khusus untuk artikel konseptual, cukup berisi pembahasan saja, pemaparan tentang hasil tidak perlu dilakukan. Dengan demikian, untuk artikel konseptual, judul hanya bertuliskan ‘Pembahasan
  7. Kesimpulan,  menyediakan jawaban atas permasalahan yang teridentifikasi pada bagian Pendahuluan (Introduction) berdasarkan hasil pembahasan dan pengujian. Dapat juga memaparkan prospek pengembangan ke depan sesuai hasil dan pembahasan
  8. Daftar Pustaka. Pustaka yang digunakan sedapat mungkin adalah pustaka 10 tahun terakhir (minimal 60% dari total pustaka adalah Artikel JURNAL / Prosiding), dengan jumlah pustaka lebih besar dari 10 rujukan pustaka, dan menggunakan program pembuat sitasi seperti Mendeley, endnote, atau sejenisnya.

Penulisan Daftar Pustaka merujuk pada model Vancouver, seperti berikut:

Jika Journal:

[1]   Author1 A, Author2 B. Title of Manuscript. Name of Journal or its Abbreviation. year; Vol.(Issue): pages.

[2]   Casadei D, Serra G, Tani K. Implementation of a Direct Control Algorithm for Induction Motors Based on Discrete Space Vector Modulation. IEEE Transactions on Power Electronics. 2007; 15(4): 769-777. (in this case Vol.15, Issues 4, and page 769-777)

Jika Proceeding:

If the proceedings consists of several volumes (berseri)

[1]   Author1 A, Author2 B. Title of Manuscript. Name of Conference of Seminar. City. Year; volume: pages.

[2]   Calero C, Piatiini M, Pascual C, Serrano MA. Towards Data Warehouse Quality Metrics. Proceedings of the 3rd Intl. Workshop on Design and Management of Data Warehouses (DMDW). Interlaken. 2009; 39: 2-11. (in this case, city: Interlaken, year: 2009, Vol.39, page: 2-11)

If the proceedings in single volume (accidental)

[3]   Author1 A, Author2 B. Title of Manuscript. Name of Conference or Seminar. City. year: pages.

[4]   Yamin L, Wanming C. Implementation of Single Precision Floating Point Square Root on FPGAs. IEEE Symposium on FPGA for Custom Computing Machines.Napa. 2008: 226-232.

Jika Texbooks:

If the references are refer to specific page range in a book

[1]   Author1 A, Author2 B. The Title of the Book. Edition. City: Publishert. year: pages.

[2]   Mohan N, Undeland TM, Robbins WP. Power Electronics. New York: John Wiley & Sons. 2005: 11-13.

[3]   Ward J, Peppard J. Strategic planning for Information Systems. Fourth Edition.West Susse: John Willey & Sons Ltd. 2007: 102-104.

If the references are refer to some separate pages in a book.

[1]   Author1 A, Author2 B. Judul Buku. City: Publisher. Year.

[2]   Mohan N, Undeland TM, Robbins WP. Power Electronics. New York: John Wiley & Sons. 2005.

[3]   Ward J, Peppard J. Strategic planning for Information Systems. Fourth Edition.West Susse: John Willey & Sons Ltd. 2007.

Edited book:

[1]   Author1 A, Author2 B. Editors. Title of the Book. City: Publisher. Year.

[2]   Zade F, Talenta A. Editors. Advanced Fuzzy Control System. Yogyakarta: UAD Press. 2010.

Chapter in a book:

[1]   Author1 A, Author2 B. Title of the Book. In: Editor1 A, Editor2, B. Title of the Book. Edition. City: Publisher. Year: pages.

[2]   Arkanuddin M, Fadlil A, Sutikno T. A Neuro-Fuzzy Control for Robotic Application Based on Microcontroller. In: Krishnan R, Blaabjerg F. Editors. Advanced Control for Industrial Application. 2nd ed.London: Academic Press; 2006: 165-178.

Translated Books.

[1]   Originil Author. Year. Title of the Translated Book. Translater. City: Publisher of the translated book. Year of the translated book.

[2]   Pabla. 2004. Sistem Distribusi Tenaga Listik. Abdul Hadi. Jakarta: Erlangga. 2007.

Thesis/Disertation:

[1]   Author. Title of Thesis/Disertation. Thesis/Disertation. City & Name of University/Institute/College; Year.

[2]   Rusdi M. A Novel Fuzzy ARMA Model for Rain Prediction in Surabaya. PhD Thesis. Surabaya: Postgraduate ITS; 2009.

 Paten:

[1]   Author1 A, Author2 B.. Title (this should be in italics). Patent number (Patent). Year of publication.

[2]   Ahmad LP, Hooper A. The Lower Switching Losses Method of Space Vector Modulation. CN103045489 (Patent). 2007.

 Standards:

[1]   Name of Standard Body/Institution. Standard number. Title (this should be in italics). Place of publication. Publisher. Year of publication.

[2]   IEEE Standards Association. 1076.3-2009. IEEE Standard VHDL Synthesis Packages. New York: IEEE Press; 2009.

 Reports

[1]   Author/Editor (if it is an editor/editors always put (ed./eds.) after the name). Title (this should be in italics). Organisation. Report number: (this should be followed by the actual number in figures). Year of publication.

[2]   James S, Whales D. The Framework of Electronic Goverment. U.S. Dept. of Information Technology. Report number: 63. 2005.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel yang dikirimkan belum pernah diterbitkan atau tidak sedang dalam proses penerbitan pada jurnal lain

  2. File yang akan dikirim harus dalam format Microsoft Word (.doc/.docx)

  3. Jika tersedia, URL yang dijadkan referensi harus dicantumkan

  4. Format artikel yang dikirim harus sesuai dengan Template Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi (Author Guidelines)

  5. Melampirkan Surat Pernyataan Keaslian Naskah yang ditandatangani oleh seluruh penulis dalam format PDF

  6. Pastikan telah melakukan pengecekan kesamaan naskah (toleransi maksimum untuk kesamaan naskah adalah 15%)

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email serta identitas lainnya yang anda inputkan hanya akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.