Penerapan Metode Marketing Mix 7P untuk Perumusan Strategi Pemasaran Jasa

Ruliah Ruliah(1*),Deny Susanto(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v9i2.48

Abstract

Hotel adalah salah satu perusahaan jasa yang selalu menempatkan kepuasan pelanggan sebagai proirity atas . Salah satu cara untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada masing-masing kamar, tapi hasilnya tidak cukup untuk dapat mengetahui tingkat kepuasan konsumen. Oleh karena itu, untuk memahami tingkat
kepuasan konsumen dan merumuskan strategi pemasaran, aplikasi yang dibutuhkan. Hal-hal dikelompokkan berdasarkan komponen dari bauran pemasaran 7P. Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan konsumen berat untuk masing-masing komponen pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode Adrian Payne populer: bauran pemasaran 7P
yang produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan penyediaan pelanggan. Dari penelitian ini, hasilnya menunjukkan tingkat akurasi dari sistem perumusan strategi pemasaran adalah 83%. Dengan demikian, strategi pemasaran jasa telah dibuat yang memenuhi standar
sekarang dan dapat digunakan sebagai alat analisis pemasaran.

Kata Kunci: Marketing Mix 7P, Sistem Pendukung Keputusan, Pemasaran Jasa

References


Allatif, W. Analisis Pengaruh Strategi Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Motor Suzuki Merek Thunder di Kota Medan. Master Thesis. Medan. Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatra Utara; 2011.

Keputusan Dirjen Pariwisata No.14. Jakarta. 1988.

Kotler, Armstrong. Prinsip- Prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta. Erlangga. 2008.

Kotler. Mangement Pemasaran (terjemahan). Jakarta: Salemba Empat. 2010.

Kotler.Mangement Pemasaran. Jakarta. Salemba Empat. 2007.

Kusrini. Algoritma Data Mining. Yogyakarta. Penerbit Andi. 2009.

Kusumadewi, S. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta. Graha Ilmu. 2010.

Madcoms. Pemrograman Borland Delphi 7. Yogyakarta. Andi. 2007.

Parulian, R. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Jasa Hotel Pada Hotel Garuda Plasa Medan. Skripsi. Universitas Sumatra Utara. 2002

Saifudin, A. Reliabilitas dan Validitas. Yogjakarta: Pustaka Pelajar. 2004.

Suliyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RD. Bandung. Alfabeta. 2006.

Yoeti. Strategi Pemasaran Hotel. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama. 2004.

Yuniar, T. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta. Agung Media Mulia. 2010


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.