Rancang Bangun Sistem Informasi Penggolongan Pelanggan Baru pada PDAM Bandarmasih
Abstract
Pada penelitian ini telah dibuat Sistem Informasi Penggolongan Pelanggan Baru PDAM Bandarmasih dengan menggunakan kriteria penggolongan pelanggan. Sistem Informasi Penggolongan Pelanggan Baru telah digunakan pada pelanggan yang ada tahun 2011 dengan
beberapa kriteria yaitu; luas lantai bangunan, luas tanah, lebar jalan, kondisi bangunan, dan penggunaan daya listrik. Dari permasalahan penelitian terdapat beberapa pelanggan yang mengajukan pemindahan golongan dikarenakanadanya kesalahan pada penggolongan sehingga diperlukan sistem informasi penggolongan pelanggan baru yang akurat. Untuk membangun sistem ini digunakan metode waterfall dengan bantuan program visual foxpro. Metode waterfall digunakan untuk merancang algoritma program secara terurut dari pengumpulan data pelanggan, menganalisa penggolongan pelanggan, perancangan sistem
dengan program visual foxpro, hingga pengujian sistem. Penelitian ini menggunakan 10 pelanggan dengan kriteria yang berbeda-beda sebagai sample uji. Hasil penelitian berdasarkan pengujian whitebox dan pengujian blackbox tidak ada terdapat error pada listing program
sehingga program sistem yang dibuat dapat dijalankan sesuai harapan. Dari penelitian menunjukkan bahwa dengan sistem informasi penggolongan pelanggan baru ini berhasil menggolongkan pelanggan sesuai dengan kriteria yang ada dengan tingkat akurasi 70% dari 10
sample uji pelanggan yang di golongkan.
Kata Kunci: Penggolongan, Sistem Informasi, Pelanggan
References
Ani Rahayu S. F. Sistem Informasi Permohonan Pemasangan Baru Saluran Air Minum Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandung. Skripsi. Bandung. Universitas Komputer Indonesia; 2004
L. Hermawan. Sistem Informasi Perusahaan Umum Pengadaian Cabang Pandaan. Surabaya. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo; 2004
H. M. Jogiyanto. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset. 2003
Titis Adi Pratama. Penjadwalan Kuliah Dengan Menggunakan Metode Tabu Search. Skripsi. Surabaya. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur; 2010
George R. Terry. Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara. 2006
Walikota Banjarmasin. Peraturan Walikota Banjarmasin Nomor : 41. 29 Nopember 2011. Banjarmasin: Setda Kota Banjarmasin. 2011
R. Widyaningrum. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan (Studi Kasus di PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor). Bogor. Institut Pertanian Bogor; 2004
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.