Model Pengacakan Soal Ujian Online SMA Menggunakan Metode Linear Congruential Generator dan Fisher Yates

Agung Prakarsa(1*),Asril Adi Sunarto(2),Prajoko Prajoko(3)
(1) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(2) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(3) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v16i2.519

Abstract

Abstrak. Ujian merupakan tes evaluasi hasil belajar untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap kompetensi tertentu dalam mengikuti sesi pembelajaran. Terdapat dua model sistem pelaksanaan ujian saat ini, yaitu model konvensional dan model online. Pelaksanaan ujian tidak luput dari terjadinya kecurangan, sehingga perlu ada tindakan pencegahan agar kecurangan dapat diatasi secara dini.  Artikel ini menyajikan penggunaan metode Linear Congruential Generator dan Fisher Yates untuk pengacakan soal ujian online. Hasil dari pengujian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode tersebut setiap siswa mendapat soal ujian yang berbeda berdasarkan nomer nis setiap siswa, dan dengan hasil tersebut dapat mencegah kecurangan pada soal ujian.

Kata kunci: Pengacakan, Soal Ujian, Algoritma Linear Congruential Generator, Algoritma Fisher Yates.

 

Abstract. The test is an evaluation test of learning outcomes to determine the level of student understanding of certain competencies in participating in learning sessions. There are two models of the current test implementation system, namely the conventional model and the online model. Examination is not free from fraud, so there needs to be preventive measures so that cheating can be tackled early. This article presents the use of the Linear Congruential Generator and Fisher Yates methods for randomizing online exam questions. The results of the test show that by using this method each student gets different exam questions based on the nis number of each student, and with these results it can prevent cheating on exam questions.

Keywords: Randomization, Exam Questions, Linear Congruential Generator Algorithm, Fisher Yates Algorithm.

References


Sudarto F, Hidayati H, Rafika AS. Peningkatan Mutu Ujian Dari Paper Based Menuju Computer Based. CCIT J. 2012; 5(3): 302–11.

Pratama FD. Aplikasi Ulangan Harian Online Menggunakan Metode Linear Congruential Generator Berbasis Website. 2019; Available from: eprints.uty.ac.id

Rohma F. Cheating on Nasional Exam in Senior High School. Artik Ilm Has Penelit Mhs. 2013;

Nursalam, Bani S, Munirah M. Bentuk Kecurangan Akademik (Academic Cheating) Mahasiswa Pgmi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar. Lentera Pendidik J Ilmu Tarb dan Kegur. 2016; 16(2): 127–38.

Samsuriati N, Saputra RA, Pramono B. Aplikasi Ujian Toefl Menggunakan Metode Linear Congruential Generators ( Lcg ) Berbasis Web Pada. PROSIDING. 2019; 2: 33–42.

Wicaksono PADI. Perbandingan Algoritma LCG dan SQL Untuk Proses Pengacakan Soal Ujian Sekolah. 2018;

Utama DS, Asriningtias Y. Perbandingan Waktu Akses Algoritma Fisher-Yates Shuffel Dan Linear Congruent Method Pada Soal Try-Out Berbasis Web. JISKA (Jurnal Inform Sunan Kalijaga). 2017; 2(2): 93.

Wahyudi R., Pasaribu Hendra Handoko Syahputra. Perancangan Aplikasi Quiz Menggunakan Metode Pengacakan Linear Congruential Generator ( LCG ) Berbasis Android. Riau J Comput Sci. 2015; 1(1): 17–26.

Meilani BD, Ailik M. Aplikasi Random Bank Soal Ujian Nasional Sekolah Dasar Menggunakan Metode Linier Congruential Generatots ( LCG ). Semin Nas Sains dan Teknol Terap IV. 2016; 1–6.

Ekojono E, Irawati DA, Affandi L, Rahmanto AN. Penerapan Algoritma Fisher-Yates pada Pengacakan Soal Game Aritmatika. Sentia [Internet]. 2017; 9: 101–106. Available from: http://sentia.polinema.ac.id/index.php/SENTIA2017/article/download/237/225

Kurniawan F. Game Bahari Menggunakan Algoritma Fisher Yates Suffle Sebagai Pengacak Posisi NPC. MATICS. 2016; 7(2): 71-80

Ramadhan, K., Astuti, L. W., & Verano, D. A. Game Edukasi Tebak Gambar Bendera Negara Menggunakan Metode Linear Congruential Generator (Lcg) Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 2016; 6(1): 27-32

Krisdiawan, R. A. Implementasi Model Pengembangan Sistem GDLC dan Algoritma Linear Congruential Generator pada Game Puzzle. Nuansa Informatika, 2018; 12(2): 1-9

Suendri, S. Implementasi Algoritma Linear Congruentials Generator Untuk Menentukan Posisi Jabatan Kepanitiaan. Query: Journal of Information Systems, 2017; 1(2): 15-22


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.