Sistem Pakar Teknik Latihan Fitnes Berdasarkan Penyakit Dalam Berbasis Web

Muhammad Risky Norzein(1*),Yulia Yudihartanti(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v13i2.274

Abstract

Abstrak

Gym adalah kegiatan olahraga pembentukan otot-otot tubuh/fisik yang dilakukan secara rutin dan berkala, yang bertujuan untuk menjaga fitalitas tubuh dan berlatih disiplin. Memiliki otot tubuh yang ideal dan proforsional adalah idaman setiap individu, yang mana hal ini cukup mempengaruhi performa kita dipandangan mata orang lain.

Di Planet gym banyak member yang ingin melatih tubuhnya dengan keinginan yang bervariasi, selain itu terdapat beberapa calon member yang takut dan bingung untuk melakukan latihan fitnes karena calon member tersebut mempunyai penyakit dalam tertentu, dan dari 25 orang member 12% nya pernah terjadi kasus di planet gym pada member yang melakukan latihan dan penyakit dalam yang di deritanya kambuh, di karenakan member tersebut tidak paham teknik latihan yang tepat untuk penyakit dalam yang di deritanya dan juga dari 4 kuisioner yang sudah dibagikan dan  di isi oleh 4 instruktur yang tempat gym nya berbeda, menyatakan kurang paham bagaimana teknik latihan yang tepat untuk penyakit dalam tertentu.

Maka untuk membantu dan mempermudah calon member dalam menambah informasi tentang teknik latihan fitnes yang dia butuhkan, untuk member yang mempunyai penyakit tertentu, maka diperlukan suatu bentuk berupa Sistem Pakar Teknik Latihan Fitnes Berdasarkan Penyakit Dalam Tertentu Berbasis Web.

Kata Kunci: Sistem Pakar, Forward Chaining, Fitnes Berdasarkan Penyakit Dalam

 

Abstract

The gym is a sports activity the formation of the muscles of the body / physical done regularly and periodically, which aims to maintain the vitality of the body and practice discipline. Has the ideal body muscles and proforsional is a dream of every individual, which it is enough to affect our perFormance in the sight of the eyes of others.

Planet gym a lot of members who want to train his body to the wishes varied, besides there are several prospective members are anxious to do fitness training for prospective members that have a disease in particular, and of the 25 members of 12% of its cases of this happening on the planet gym on members who practice and internal medicine in misery relapse, in because the member did not understand the training techniques appropriate to the disease in misery and also from 4 questionnaires have been distributed and filled by four instructors gym is different, states do not understand how proper exercise technique for a particular disease within.

So to assist and facilitate the prospective member to add information about fitness training techniques that he needs, for members who have a particular disease, it is necessary to form a shape Fitnes Exercise Technique Expert System Based on Specific Web-Based Medicine.

Kata Kunci: Expert System, Fitness Based Medicine, Forward Chaining

References


Fatih, S. (2007). Definisi Gym Dan Manfaat Bagi Tubuh. Bandung.

Pamungkas, A. (2012). Pengertian Penyakit Asma (Asthma) Dan Gejalanya. Surabaya: Sains Coment.

Graviardhi, K. (2010). Sistem Informasi Fitness Center Hotel Ciputra Semarang. Semarang: Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI 2008).

Rahmawan, A. (2014). Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Pada Mobil Menggunakan Metode Forward Chaining. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Hasbiyanor, A., & Bahar, B. (2017). Sistem Pakar Diagnosa Keluhan Selama Masa Kehamilan Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web. JUTISI, 6(1), 1345-1356.

Dewi, K. (2003). Struktur-Struktur Sistem Pakar. Pekan Baru: Expertsys.

Ignizio. (2010). Pengertian Sitem Pakar. Jakarta: Sytem Academia.

.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.