Analisa Korelasi Mata Kuliah Penelitian Dengan Tugas Akhir Menggunakan Model Product Moment
Abstract
Abstrak
Pada STMIK Banjarbaru mata kuliah Tugas Akhir ditempuh setelah mengambil beberapa mata kuliah yang membahas tentang penelitian yang digunakan untuk memperkuat penelitian pada saat mahasiswa mengerjakan tugas akhir diantaranya adalah Riset Teknologi Informasi, Metodologi Penelitian dan E-Proyek.
Berdasarkan data yang telah dikumpulkan ingin diketahui keberadaan hubungan atau korelasi antara mata kuliah yang membahas tentang penelitian tersebut dengan Tugas Akhir. Pada penelitian ini akan menggunakan analisa Product Moment untuk menguji korelasi tersebut. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara mata kuliah RTI dan Metpen, antara mata kuliah Metpen dan E-proyek, dan tidak terdapat hubungan positif antara mata kuliah RTI dan E-proyek. Sedangkan hasil dari analisa korelasi antara mata kuliah penelitian, yaitu RTI, Metpen dan E-proyek dengan Tugas Akhir menunjukkan bahwa semuanya tidak terdapat hubungan positif karena nilai Rhitung < Rtabel dengan taraf signifikansi 0,05.
Kata kunci: Korelasi, Product Moment, Mata kuliah penelitian, Tugas Akhir.
Abstract
In STMIK Banjarbaru, the final project is taken after taking several courses that discuss about the research used to strengthen the research when the students do the final task such as Information Technology Research, Research Methodology and E-Project. Based on the data that has been collected want to know the existence of the relationship or the correlation between courses that discuss about the research with the Final Project. In this research will use Product Moment analysis to test the correlation. It can be concluded that there is a positive relationship between RTI and Metpen courses, between Metpen and E-project courses, and there is no positive relationship between RTI and E-project courses. While the result of correlation analysis between research subject, that is RTI, Metpen and E-project with Final Project show that there is no positive relationship because Rhitung <Rtabel with significance level 0,05.Keywords: Correlation, Product Moment, Research Course, Final Project.References
Anonim (2016). Buku Pedoman Dan Peraturan Akademik Mahasiswa STMIK Banjarbaru. Banjarbaru: STMIK Banjarbaru.
Usman H, Akbar R. S. (200). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
Widiarini I.K. (2015). Hubungan Hasil Belajar Mata Kuliah Micro Teaching (PPL I) Dengan Hasil Belajar Program Pengalaman Lapangan (PPL II) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Pada Semester Genap Tahun Akademik 2013/2014 Dan Semester Ganjil Tahun Akademik 2014/2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE).5(1), pp.1-9.
Bertan C.V, Dundu A.T, Mandagi R.M. (2016). Pengaruh Pendayagunaan Sumber Daya Manusia (Tenaga Kerja) Terhadap Hasil Pekerjaan (Studi Kasus Perumahan Taman Mapanget Raya (Tamara)). Jurnal Sipil Statik. 4(1), pp13-20.
Anggara F.S, Kamaruddin T, Taher A. (2017). Korelasi Nilai Mata Kuliah Geografi Lingkungan Dan PKLH Dengan Sikap Peduli Lingkungan Hidup Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah. 2(2),pp 24-33.
Sajidah C.F, Hasmunir, Abdi A.W. (2017). Korelasi Nilai Mata Kuliah Geologi Umum Dan Mitigasi Bencana Dengan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Dan Tsunami Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah. 2(2),pp 12-23.
Sohibun, Hatika R.G, Rizky D.N. (2016). Korelasi Antara Kemampuan Kognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum Fisika Dan Pengembangan Program Pengajaran Fisika. Gravity.2(1),pp23-32.
Sanusi. (2010). Korelasi Prestasi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Microteaching Dengan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Pada Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) FKIP Unsyiah. Jurnal Mentari. 13(2),pp12-21.
Supardi. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian “Konsep Statistika Yang Lebih Komprehensif”. Jakarta: Adikita.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.