Analisis Penerimaan Mahasiswa Indonesia Terhadap Teknologi Digital Layanan Distribusi Konten Audio Melalui Podcast

Erlangga Norman Wicaksana(1*),Asif Faroqi(2),Anita Wulansari(3)
(1) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(2) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(3) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v11i2.861

Abstract

Spotify is one of the most popular platforms used to listen to podcasts in Indonesia, especially for students. To be able to continue to provide support for the survival of the audio streaming industry in an effort to improve services in a better direction, it is important to know the factors that support the acceptance of services from the Spotify podcast service. This study aims to analyze what factors influence users to use the Spotify podcast service. The analytical method used is the Technology Acceptance Model (TAM). Data were obtained from 438 Spotify podcast users, and analyzed using SmartPLS 3 software. The results showed that the factors influencing the use of the Spotify podcast application consisted of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Self-Efficacy, and Perceived Enjoyment. The Social Influence factor has no significant effect on usage interest.

Keywords: Spotify; Technology Acceptance Model; SmartPLS 3

 

Abstrak. Spotify adalah salah satu platform paling populer yang digunakan untuk mendengarkan podcast di Indonesia, khususnya para mahasiswa. Untuk dapat terus memberikan dukungan keberlangsungan hidup industri streaming audio ini dalam upaya meningkatkan layanan ke arah yang lebih baik, penting untuk diketahui faktor-faktor yang mendukung penerimaan layanan dari layanan podcast spotify. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengguna menggunakan layanan podcast Spotify. Metode analisis yang digunakan adalah Technology Acceptance Model (TAM). Data diperoleh dari 438 pengguna podcast Spotify, dan dianalisis menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian diperoleh bahwa faktor yang mempengaruhi penggunaan aplikasi podcast Spotify terdiri dari Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Self-Efficacy, dan Perceived Enjoyment.   Adapun faktor Social Influence tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan.

Kata kunci: Spotify; Technology Acceptance Model; SmartPLS 3

References


E. Fadilah, P. Yudhapramesti, and N. Aristi, “Podcast sebagai alternatif distribusi konten audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, vol. 1, no. 1, pp. 90-104, 2017

R. Eka, Podcast User Research in Indonesia 2018, 2018. Retrieved from DailySocial.id. https://dailysocial.id/research/podcast-user-research-in-indonesia-2018

F.D. Davis, R.P. Bagozzi, and P.R. Warshaw, “User Acceptance of Computer Technology A Comparison of Two Theoretical Models”. Management Science ,Vol. 35, No. 8, p. 982, 1989.

R. Oktofiyani, N. Nurmalasari, and W. Anggraeni, “Penerimaan Sistem E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam) Study Kasus Siswa/I Kelas X Di Smu Negeri 92 Jakarta”. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 12, no. 1, pp. 46-53, 2016.

S.M. Rangkoly and W.W. Winardo, “Analisis Aktivitas Pemanfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran Soswa Di SMK Negeri 2 Nabire Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)”. Jurnal FATEKSA: Jurnal Teknologi dan Rekayasa, vol. 7, no. 1, pp. 12-21, 2022.

F.S. Rahayu, D. Budiyanto, and D. Palyama, “Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam)(Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta)”. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 87-98, 2017.

L. Dewi, A.S. Kharisma, and A.N. Asy’ari, “Evaluasi tingkat penerimaan e-learning pada mahasiswa bidang keilmuan sosial dan teknik dengan technology acceptance model (TAM)”. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, vol. 18, no. 1, pp. 1-11, 2020.

H. Pamugar, W.W. Winarno, and W. Najib, “Model evaluasi kesuksesan dan penerimaan sistem informasi e-learning pada lembaga diklat pemerintah”. Scientific Journal of Informatics, vol. 1, no. 1, pp. 13-27, 2014.

F. Sayekti and P. Putarta, “Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) dalam pengujian model penerimaan sistem informasi keuangan daerah”. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, vol. 9, no. 3, pp. 196-209, 2016.

H. Gunawan and L. Lynawati, “Analisis Penerimaan Teknologi “Smart City” Kota Purwokerto Dengan Model Technology Acceptance Model (TAM)”. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018, pp. 129-134, 2018.

A. Zakaria, “Analisis Penerimaan Dashboard Monitoring Pendataan Sensus Penduduk 2020 Provinsi Nusa Tenggara Barat Menggunakan Technology Acceptance Model”. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), vol. 8, no. 2, pp. 128-136, 2021.

E. Prasetyo, “Analisa Penerimaan Terhadap Pengguna Aplikasi Go Pay Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Tugas Akhir, Program Studi Sistem Informasi, STMIK Nusa Mandiri, Jakarta, 2017

A. Mulyanto, S. Sumarsono, T.F. Niyartama, and A.K. Syaka, “Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Pengujian Model Penerimaan Aplikasi MasjidLink”. Semesta Teknika, vol. 23, no. 1, pp. 27-38, 2020.

H. Agung, M. Christian, and J. Loisa, ”Perilaku Pengguna Shopee Terhadap Pembelian Multiproduk dengan Pendekatan Theory of Reasoned Action”. Go-Integratif: Jurnal Teknik Sistem Dan Industri, vol. 1, no. 1, pp. 11-23, 2020.

L. Widyastuti and S. Suhaidar, ”Analisis penerimaan teknologi financial aggregator cekaja. com terhadap behavior intention melalui pendekatan teori perilaku rencanaan (theory of planned behavior) pada masyarakat Kota Pangkalpinang)”. Indonesian Journal of Accounting and Business, vol. 1, no. 2, pp. 103-113, 2020.

L. F. S. Putri and I. Mahendra, “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Dan Penggunaan Aplikasi Go-Jek Menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)”. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 12, no. 1, pp. 136-144. 2017.

D. Pal and T. Triyason, ”User Intention towards a Music Streaming”. IAIT Conference Proceedings, pp. 1-16, 2017. doi:10.18502/kss.v3i1.1393

L. -Y. Leong, K. -B. Ooi, A. Y.-L. Chong, and B. Lin, ”Modeling the stimulators of the behavioral intention to use mobile entertainment: Does gender really matter”? Computers in Human Behavior, vol. 29, no. 5, pp. 2109–2121, 2013.

Jogiyanto, Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2007

Gusni, R. Hurriyati, and P.D. Dirgantari, “Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use terhadap Attitude dan Actual Usage Go-Pay”. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, vol. 8, no. 1, pp. 22-33, 2020.

M.G. Pangestu and J.P. Pasaribu, “Behavior Intention Penggunaan Digital Payment QRIS Berdasarkan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) (Studi pada UMKM Sektor Industri Makanan & Minuman di Kota Jambi)”. JURNAL MANAJEMEN (JUMANAGE), vol. 1, no. 1, pp. 29-37, 2022.

A.D. Herlambang and A. Dewayanji, “Minat Nasabah Dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking”. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 12, no. 1, pp. 48-55, 2018.

Sujono and H.B. Santoso, “Analisis Kualitas E-Learning dalam Pemanfaatan”. Jurnal Sains Dan Teknologi, vol. 6, no. 1, pp. 27-37, 2017.

A. Kurniawan, SPSS Serba-Serbi Analisis Statitistika Dengan Cepat Tasikmalaya: Jasakom, 2011

H. Setiawan, “Penggunaan Technology Acceptance Model untuk Mengukur Penerimaan Layanan Mobile Third Generation (3G) di Kota Palembang”. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, vol. 13, no. 2, pp. 259-270, 20215.

E.A. Sukma, M. Hadi, and F. Nikmah, “Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) Dan Trust Terhadap Intensi Pengguna Instagram”. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, vol. 12, no. 2, pp. 112-121, 2019.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.