Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning Di Perguruan Tinggi Menggunakan Model Kano
Abstract
UPN Veteran East Java has implemented e-learning as an online learning medium, but no analysis has been carried out to determine the level of user satisfaction in its operation. It is considered necessary to review user satisfaction, so that academic management understands things that need attention to be improved. This study aims to analyze the satisfaction of UPN Veteran e-learning users using the Kano method. The study involved 272 student respondents using e-learning obtained by the Simple Random Sampling method. A total of 29 instrument items, representing 6 analysis variables (Pedagogy, Characteristics, User Interface, Infrastructure, Iteractivity, and Content). Each attribute of the questionnaire is translated into canoe dimensions which have positive statements and negative statements. Furthermore, the classification into the Kano category is carried out by calculating the number of frequencies for each dimension in each attribute, then selecting the dimension with the most frequency. Based on 29 attribute questions, 7 attributes are classified as satisfaction and 14 attributes are classified as dissatisfaction. Attributes that are classified as dissatisfaction (are suggested to get serious attention in improvement, while the attributes of the high satisfaction category are maintained.
Keywords: Online learning media; Canoe Dimensions; positive statement; Negative statement
Abstrak. UPN Veteran Jawa Timur telah menerapkan e-learning sebagai media pembelajaran online, namun belum dilakukan analisis untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna dalam pengoperasiannya. Dipandang perlu mengkaji kepuasan pengguna, agar manajemen akademik memahami hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian untuk ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna e-learning UPN Veteran menggunakan metode Kano. Penelitian melibatkan 272 responden mahasiswa pengguna e-learning yang diperoleh dengan metode Simple Random Sampling. Sebanyak 29 butir instrumen, mewakili 6 variabel analisis (Pedagogy, Karakteristik, User Interface, Infrastruktur, Iteraktivitas, dan Konten). Setiap atribut kuisioner diterjemahkan ke dalam dimensi kano yang memiliki pernyataan positif dan pernyataan negatif. Selanjutnya dilakukan penggolongan ke dalam kategori Kano dengan cara menghitung jumlah frekuensi tiap dimensi pada setiap atribut, lalu dipilih dimensi dengan frekuensi terbanyak. Berdasarkan 29 atribut pertanyaan, 7 atribut tergolong kepuasan dan 14 atribut yang tergolong ketidakpuasan. Atribut yang tergolong ketidakpuasan disarankan mendapatkan perhatian serius dalam perbaikan, sedangkan atribut kategori kepuasan yang tinggi tetap dipertahankan.
Kata kunci: Media pembelajaran online; Dimensi Kano; Pernyataan positif; Pernyataan negatif
References
D.E. Hartley, Selling E-Learning, USA: American Society for Training and Development, 2001.
R. Indri, “Pemanfaatan Metode Kano Untuk Menilai Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Fungsionalitas Sistem Informasi Kepegawaian”, Jurnal Inovtek Polbeng, vol. 1, no. 2, pp. 134-135, 2016.
D. Hilmansyah, “Integrasi Metode Service Quality, Kano Model dan Quality Function Deployment untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut”. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, vol. 6, no. 1, pp. 161-192, 2016.
H. Humaira, I. Rahmayuni, and D. Defni, “Analisis Sistim Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Model Kano”. Jurnal Momentum I vol. 18, no. 1, pp. 1-11, 2016.
Wijaya, I. G. N. S., & Suwastika, I. W. K. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning Menggunakan Metode Kano. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 12(1), 128-138.
D.P. Kesuma, “Identifikasi Atribut Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Sistem Pembelajaran Online Menggunakan Metode WebQual dan Kano”. JuSiTik: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi, vol. 3, no. 1, pp. 18-23, 2019.
P. Aprilia, H. Amani, and S. Wulandari, “Analisis Kebutuhan Layanan Website E-commerce Pada Dkantin. com Menggunakan Integrasi E-service Quality Dan Model Kano”. eProceedings of Engineering, vol. 4, no. 3, pp. 4353-4360, 2017.
E.R. Ramadhanty, S. Wulandari, and I.N. Kusmayanti, “Analisis Kebutuhan Penggunaan E-commerce Cotton. go Menggunakan Integrasi E-servqual Dan Model Kano (studi Kasus Pada Pelanggan Cotton. go Di Kota Bandung)”. eProceedings of Engineering, vol. 7, no. 2, pp. 5081-5088, 2020.
Y. Yenni, “Analisis Kebutuhan Sistem Informasi Pasien Rawat Inap Dengan Menggunakan Metode Kano”. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika, vol. 3, no. 1, pp. 38-48, 2017.
L. G. S. Kartika and I. K. R. Y. Negara, “Aplikasi Model Kano Untuk Analisis Kebutuhan Informasi Harga Pada E-Tourism”. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, vol. 6, no. 2, pp. 170-179, 2021.
I. Hastuti, et al., “The User Satisfaction Level of E-Learning for Business and Management Subjects Based on Technology Acceptance Model”, International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), vol. 3, no. 3, pp. 185-195, 2019.
S. R. Henim dan R. P. Sari, “Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire,” Jurnal Komputer Terapan, vol. 6, no. 1, pp. 69-78, 2020.
N. L. D. Gitajayanti, I. P. Satwika dan A. I. I. Paramitha, “Evaluasi Sistem Informasi Skripsi dan Tugas Akhir STMIK Primakara (PRISKA) Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 10, no. 1, pp. 59-67, 2021.
G.A. Immanuel and R. Setiawan, "Implementasi Metode Importance Performance Analysis untuk Pengukuran kualitas Sistem Informasi Akademik". Kurawal-Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri, vol. 3, no. 2, pp. 181-190,2020.
A. V. Pratama, L. A. Dian, and Q. Aini, “Analisis User Experience Aplikasi Academic Information System (AIS) Mobile Untuk User-Centered Metrics Menggunakan Heart Framework 405,” Junal Sist. Inf., vol. 8, no. 3, pp. 405–412, 2019.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2021
M. Rezaie, H. E. Nosratabadi, and H. Fazlollahtabar, “Applying KANO Model for Users’ Satisfaction Assessment in E-Learning Systems,” Int. J. Inf. Commun. Technol. Educ., vol. 8, no. 3, pp. 1–12, 2012, doi: 10.4018/jicte.2012070101.
E.A. Hongari, “Studi Deskriptif Customer Experience Berdasarkan Kano’s Model di Starbucks Galaxy Mall Surabaya”. CALYPTRA, vol. 6, no. 2, pp. 761-774, 2018.
A. Hussain, E.O. Mkpojiogu, and F. M. Kamal, “Eliciting User Satisfying Requirements for an e-Health Awareness System Using Kano Model,” 14th Int. Conf. Appl. Comput. Appl. Comput. Sci. (ACACOS’15), Kuala Lumpur, pp. 156-165, June 2015,
N. Mariana, R.S. Redjeki, and P. Purwatiningtyas, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan (Service Quality) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank Semarang”. ikraith-informatika, vol. 4, no. 3, pp. 22-30, 2020.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.