Analisis User Experience Aplikasi PLN Mobile Berdasarkan Alat Ukur HEART Metrics
Abstract
Analysis user experience in using a mobile-based application product needs to be done to determine what things should be prioritized in order to increase user intensity in using the application using the Importance Performance Analysis (IPA) method. This study aims to find out which indicators whose performance needs to be improved and which indicators whose performance needs to be maintained by the PLN Mobile application. The results of this analysis indicate that the indicators that need more attention are user intensity, especially item E2, as well as the error rate indicator, namely item T5. PT. PLN (Persero) must immediately minimize any problems related to the use of the PLN Mobile application because this greatly impacts the user's intensity in using the PLN Mobile application.
Keywords: PLN Mobile; User Experience; Importance Performance Analysis
Abstrak
Analisis pengalaman pengguna dalam menggunakan sebuah produk aplikasi berbasis mobile perlu dilakukan untuk menentukan hal apa saja yang harus diprioritaskan demi meningkatkan intensitas pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator apa saja yang kinerjanya perlu ditingkatkan serta indikator apa saja yang kinerjanya perlu dipertahankan oleh aplikasi PLN Mobile. Hasil dari analisa ini menunjukkan bahwa indikator yang perlu diperhatikan lebih adalah intensitas pengguna terutama item E2 serta indikator tingkat kesalahan yakni item T5. Pihak PT. PLN (Persero) harus segera meminimalisir adanya masalah terkait penggunaan aplikasi PLN Mobile karena hal ini sangat berdampak pada intensitas pengguna dalam menggunakan aplikasi PLN Mobile.
Keywords
References
A. R. Mahendra, D. P. Affandy, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi Pengelola Keuangan Daerah (SIPKD)(Studi Kasus pada Pemerintah Kota Blitar)”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 1(2)., 1-23., 2013.
M. Aminullah, M. Ali, “Konsep Pengembangan Diri Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Komunikasi Era 4.0”, KOMUNIKE: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam., 12(1)., 1-23., 2020.
B. Manumpil, A. Y. Ismanto, & F. Onibala, “Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado”, Jurnal Keperawatan., 3(2)., 2015.
S. E. Thurnheer, I. Gravestock, G. Pichierri, J. Steurer, & J. M. Burgstaller, “Benefits of mobile apps in pain management: systematic review”, JMIR mHealth and uHealth., 6(10)., e11231., 2018.
W. Ariannor, & S. Abidah, “Evaluasi User Experience Sistem E-Learning Menerapkan User Experience Questionaire”. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 11, no. 2, pp. 383-392, 2022.
M.A. Syainal, A> Pratama, & A.S. Fitri, “Analisis User Experience Pada Aplikasi J&T EXPRESS Menggunakan Metode Heart Matrics”. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 12, no. 1, pp. pp. 367-375, 2023.
O. V. T. Utami, C. Wiguna, & D. M Kusumawardani, “Implementasi dan Pengukuran Pengalaman Pengguna Sistem Informasi Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan NAPZA Menggunakan HEART Framework”, SISTEMASI., 10(2)., 460-469., 2021.
I. Saluza, & D. Sartika, “Penerapan Importance Performance Analysis (IPA) pada Evaluasi Keberlanjutan Penggunaan e-filing untuk Pelaporan Pajak Perorangan”, Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer., 9(1)., 107-112., 2022.
B. W. Trenggono, A. Faroqi, & A. Wulansari, “Penerapan Metode Heart Metrics dalam Menganalisis User Experience Aplikasi E-Learning”, Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi., 11(2)., 471-482., 2022.
E. Ramadhanti, & N. Marlena, “Analisis strategi kualitas layanan menggunakan metode importance-performance analysis (ipa)”, In Forum Ekonomi., (Vol. 23, No. 3, pp. 431-441)., 2021.
M. L. Khakim, & O. O. Sharif, “Analisis User Experience Aplikasi Go-Jek Menggunakan Heart Metrics”, eProceedings of Management., 5(1). 2018.
D. Sugiyono, “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D”, 2013.
D. Sunyoto, “Teori, kuesioner & analisis data untuk pemasaran dan perilaku konsumen”, Yogyakarta: Graha Ilmu., 2013.
S. Lemeshow, D. W. Hosmer, J. Klar, & S. K. Lwanga, “Adequacy of Sample Size in Health Studies”, World Health Organisation., 1990.
K. Rodden, H. Hutchinson, & X. Fu, “Measuring the user experience on a large scale: user-centered metrics for web applications”, In Proceedings of the SIGCHI conference on human factors in computing systems., (pp. 2395-2398)., 2010.
J. A. Martilla, & J. C. James, “Importance-performance analysis”, Journal of marketing., 41(1)., 77-79., 1977.
R. Nugraha, A. Harsono, & H. Adianto, “Usulan peningkatan kualitas pelayanan jasa pada bengkel “x” berdasarkan hasil matrix importance-performance analysis”, Reka Integra., 1(3)., 2013.
I. J. Juanda, T. Madiadipoera, S. S. Ratunanda, L. Lasminingrum, M. Sudiro, & A. Dermawan, “Adaptasi Budaya, Alih Bahasa Indonesia, dan Validasi Sino-Nasal Outcome Test (SNOT)-22”, MKB., 49(4)., 267-273., 2017.
R. N. Amalia, & R. S. Dianingati, “Pengaruh jumlah responden terhadap hasil uji validitas dan reliabilitas kuesioner pengetahuan dan perilaku swamedikasi”, Generics: Journal of Research in Pharmacy., 2(1)., 9-15., 2022.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.