Penerapan Metode Heart Metrics dalam Menganalisis User Experience Aplikasi E-Learning

Brahmantio Widyo Trenggono(1*),Asif Faroqi(2),Anita Wulansari(3)
(1) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(2) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(3) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v11i2.876

Abstract

Analysis of student experience in using an e-learning product which is one of the learning support facilities, needs to be done as a reference to improve the quality of the e-learning product, in order to provide a good quality learning space. This study aims to find out what are the priorities for improvement in the e-learning application of the ILMU “Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur” based on the Heart Metrics measurement tool. Data was collected using a proportionate stratified simple random sampling approach. After the data is collected, the validity and reliability of the statement items are tested using Importance Performance Analysis (IPA). The results of the analysis show that there is a difference (gap) that is negative between perceptions and expectations, where the value of perception is smaller than expectations. Based on the results of the analysis, the largest gap value is in the Task Success variable with a 92.30% suitability level, which means that ILMU e-learning has not reached user expectations. The management of the ILMU e-learning manager is expected to pay more attention to the Task Success variable in order to improve the user experience on the e-learning.

Keywords: Importance Performance Analysis; Gap; Perception; Expectations

 

Abstrak. Analisis pengalaman mahasiswa dalam menggunakan sebuah produk e-learning yang menjadi salah satu fasilitas pendukung pembelajaran, perlu dilakukan sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas produk e-learning tersebut, agar dapat menyediakan ruang pembelajaran yang berkualitas baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal apa yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan pada aplikasi e-learning ILMU Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur berdasarkan alat ukur Heart Metrics. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pendekatan proportionate stratified simple random sampling. Setelah data dikumpulkan, dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap item pernyataan dengan menggunakan Importance performance analysis (IPA). Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan (gap) yang bernilai negatif antara persepsi dan harapan, dimana nilai persepsi lebih kecil dibandingkan harapan. Berdasarkan hasil analisis, nilai gap terbesar berada pada variabel Task Success dengan tingkat kesesuaian 92,30%, yang berarti e-learning ILMU belum mencapai harapan pengguna. Pihak manajemen pengelola e-learning ILMU diharapkan memberikan perhatian lebih pada variabel Task Success guna meningkatkan pengalama pengguna pada e-learning tersebut.

Kata kunci: Importance Performance Analysis; Gap; Persepsi; Harapan  

References


A. T. Susilo, A. Maharani, and A. T. Susilo, “Analisis User Experience Pada Website Smk Negeri Tugumulyo Berbasis User Experience Questionaire ( UEQ ),” Jusim (Jurnal Sist. Inf. Musiwaras), vol. 6, no. 2, pp. 169–177, 2021.

S. Jusoh, S. Almajali, and A. Abualbasal, “A study of user experience for e-learning using interactive online technologies,” J. Theor. Appl. Inf. Technol., vol. 97, no. 15, pp. 4036–4047, 2019.

O. V. Tri Utami, C. Wiguna, and D. M. Kusumawardani, “Implementasi dan Pengukuran Pengalaman Pengguna Sistem Informasi Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Napza Menggunakan Heart Framework,” Sistemasi, vol. 10, no. 2, p. 460, 2021, doi: 10.32520/stmsi.v10i2.1304.

S. R. Henim and R. P. Sari, “Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire,” J. Politek. Caltex Riau, vol. 6, no. 1, pp. 69–78, 2020.

V. Handayani, “DESIGN SCIENCE RESEARCH METHODOLOGY ( Studi Kasus : MIN 4 Jakarta ) ANALISIS DAN PERANCANGAN UI / UX APLIKASI E-LEARNING BERBASIS GAMIFIKASI DENGAN DESIGN SCIENCE RESEARCH METHODOLOGY ( Studi Kasus : MIN 4 Jakarta ),” Tek. Inform. UIN Jakarta, vol. 2, no. 4, p. 197, 2021.

M. Nowakowski, “Analysis and evaluation of information usefulness and user experience for content presentation in electronic media,” Procedia Comput. Sci., vol. 176, pp. 3654–3664, 2020, doi: 10.1016/j.procs.2020.09.021.

A. V. Pratama, L. A. Dian, and Q. Aini, “Analisis User Experience Aplikasi Academic Information System (AIS) Mobile Untuk User-Centered Metrics Menggunakan Heart Framework 405,” Junal Sist. Inf., vol. 8, no. 3, pp. 405–412, 2019.

A. V. R. Akbar, T. L. M. Suryanto, and E. M. Safitri, “Analisis User Experience Pengguna Aplikasi KAI ACCESS Menggunakan Metode IPA ( Studi Kasus : Masyarakat Surabaya ),” Jifosi, vol. 2, no. 2, pp. 181–187, 2020.

M.L. Khakim and O.O. Sharif, “Analisis User Experience Aplikasi Go-Jek Menggunakan Heart Metrics”. eProceedings of Management, vol. 5, no. 1, pp. 189-194, 2018.

O.S.A. Nugraha, “Analisis User Experience Pada Situs E-Commerce C2c Menggunakan Heart Dan Pulse Framework”, Tugas Akhir, Teknik Informatika, University of Muhammadiyah Malang, 2018.

A.M. Jannah and T.L.M. Suryanto, “Pengukuran User Experience Terhadap Penggunaan Aplikasi SIMVONI dengan Pendekatan Metode HEART”. EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 12, no. 1, pp. 34-39, 2022.

A. Akbarullah, M. Suyanto, and S. Sukoco, “Evaluasi User Experience Pada Sistem Informasi Akademik di STKIP PGRI Pacitan”. Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 11, no. 1, pp. 1573-1577, 2019.

O. V. T. Utami, C. Wiguna, and D.M. Kusumawardani, “Implementasi dan Pengukuran Pengalaman Pengguna Sistem Informasi Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan NAPZA Menggunakan HEART Framework”. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, vol. 10, no. 2, pp. 460-469, 2021.

V. Rizky, T.L.M. Suryanto, and E.M. Safitri, “Analisis User Experience Pengguna Aplikasi KAI Access Berdasarkan Alat Ukur Heart Metrics”. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi (JIFoSI), vol. 2, no. 2, pp. 244-254, 2021.

N. L. D. Gitajayanti, I. P. Satwika dan A. I. I. Paramitha, “Evaluasi Sistem Informasi Skripsi dan Tugas Akhir STMIK Primakara (PRISKA) Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 10, no. 1, pp. 59-67, 2021.

S. G. N. K. S. A. Jelantik, I. P. Satwika dan I. N. Y. Anggara, “Analisis Sistem Informasi Akademik STMIK Primakara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, no. 3, pp. 95-106, 2019.

R. Bagaskara, B.T. Hanggara, and A.D. Herlambang, “Evaluasi dan Perbaikan User Experience Website E-Learning SMK Negeri 2 Malang menggunakan Teknik TUXEL 2.0 dan Pendekatan Human-Centered Design”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 7, pp. 2942-2952, 2021

D. P. Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

W. S. Fatmala, Suprapto, and A. Rachmadi, “Analisis kualitas layanan website e-commerce berrybenka terhadap kepuasan pengunjung menggunakan metode webqual 4.0 dan importance performance analysis (IPA),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 175–183, 2018.

A.L. Hanum, T.K. Miranti, D. Fatmawati, M.F. Diyon, and C.J. Prawiro, “Analisis User Experience Aplikasi Mobile Peduli Lindungi Menggunakan HEART Metrics”. Jurnal Syntax Admiration, vol. 3, no. 2, pp. 362-372, 2022.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.