Diagnosa Kerusakan Mobil Suzuki Carry Dengan Metode Forward Chaining

Wahyu Wahyu(1*),Syahib Natarsyah(2)
(1) Program Studi Sistem Informasi
(2) Program Studi Sistem Informasi
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i1.154

Abstract

Abstrak

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cepat serta kebutuhan akan kendaraan bermotor. Dalam hal ini mobil yang terus meningkat menyebabkan kebutuhan akan perawatan dan perbaikan dari kendaraan bermotor juga semakin meningkat, sebagai pengguna awam dengan masalah kerusakan pasti akan merasa kesulitan. Mau memperbaiki sendiri, dikhawatirkan  akan menambah kerusakan yang terjadi. Kerusakan pada satu bagian bisa mempengaruhi atau menyebabkan kerusakan pada bagian yang lain pada mobil Suzuki Carry, kendalanya tidak semua orang mengetahui atau mempunyai keahlian dibidang perbaikan kerusakan tersebut. Mesin inferensi dari sistem pakar ini menggunakan teknik pelacakan ke depan (forward chaining). Cara kerja dari inferensi ini adalah menuntun user untuk menjawab pertanyaan agar mendapatkan solusi yang terbaik. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah oleh user, karena sistem yang dibuat bersifat user friendly.

Dalam penelitian ini metode forward chaining dapat membantu mengidentifikasi kerusakan mobil suzuki carry dengan memanfaatkan fasilitas android pada smartphone sebelum mobil dibawa ke bengkel kapan saja dan dimana saja mobil itu berada.

Kata kunci: Sistem Pakar, Suzuki Carry, Forward Chaining

References


Setiawan A., Deteksi Kerusakan Mesin Mobil Isuzu Panther dengan menggunakan WML dan PHP. Jurnal STMIK BANJARBARU, 2011.

Adhani W., Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Laptop dengan Metode Forward Chaining. Jurnal STMIK BANJARBARU, 2013.

Maulana M. Y., Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Gangguan Speedy Dengan Metode Forward Chaining (Studi Kasus di PT. Telkom Indonesia Cabang Banjarbaru). Jurnal STMIK BANJARBARU, 2013.

Fahrurraji A., Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Kerusakan Pada Nokia N70. Jurnal STMIK BANJARBARU, 2013.

Mukhliso N.A., Wibowo N.S., Irawan T.B., Penerapan Metode forward chaining Dalam Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Hama Dan Penyakit Tanaman Tembakau, Jurnal INOVASI, Vol. 15, No.1, Hal: 1-7, 2015

Kusrini , Aplikasi Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi Offset, 2008.

Arhami M., Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi, 2005.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.