Implementasi Cartainty Factor Dalam Sistem Pakar Untuk Melakukan Diagnosa Dan Terapi Penyakit Gangguan Jiwa

Taufiq Taufiq(1*),Syahib Natarsyah(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i3.115

Abstract

Abstrak

Kesehatan mental merupakan aspek sangat penting bagi setiap fase kehidupan manusia. Keshatan mental terentang dari yang baik sampai dengan yang buruk. Setiap orang, mungkin dalam hidupnya mengalami kedua sisi rentangan tersebut, kadang-kadang keadaan mentalnya sangat sehat, tetapi dilain waktu justru sebaliknya, Untuk menjalani kehidupan kita sehari-hari, mental kita haruslah sehat. Karena dengan mental kita yang sehat akan menimbulkan jiwa yang kuat untuk menjalani hidup ini.

Sistem pakar ini dapat digunakan oleh user untuk dapat mempercepat proses diagnosis gangguan jiwa dan sebagai alternatif apabila dokter tidak ada di tempat. Dalam mengambil kesimpulan dalam system pakar pada umumnya digunakan penalaran forward chaining atau backward chaining. Namun dengan penggunaan kedua penalaran tersebut belum dapat ditentukan besarnya nilai kepercayaan terhadap hipotesis. Agar sistem pakar dapat melakukan penalaran sebagaimana seorang pakar meskipun berada dalam kondisi ketidakpastian data, dan untuk mendapatkan nilai kepercayaan dalam hal ini nilai kepercayaan terhadap penyakit yang di derita, diperlukan suatu metode yang dikenal dengan certainty factor (CF). Certainty factor merupakan parameter klinis untuk menunjukkan besarnya kepercayaan. Aplikasi ini dapat membantu masyarakat untuk mendiagnosa gangguan jiwa hal ini dapat dilihat pada pengujian aplikasi dengan menggunakan metode Certainty Factor tingkat kesesuaian metode 93% dan tidak sesuai 7 %.

Kata Kunci : Sistem Pakar, Faktor Kepastian, Kesehatan Mental


 

References


King, L.A., Psikologi Umum. In L. A. King, Psikologi Umum Buku 2 (pp.285-331). Jakarta: Salemba Humanika, 2010.

Erdani, Y., Developing Recursive Forward Chaining Method in Ternary Grid Expert Systems. IJCSNS International Journal of Computer Science and Network Security. Vol.11, No.8, August, 2011.

Cikraeni, T.A., Ruliah, Penerapan Metode Certainty Factor Untuk Keputusan Pemilihan Jurusan di SMA, PROGRESIF Vol. 9, No. 1, Hal: 861-874, 2013.

Saputra, A., Taman, H.A., Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Mesin Jahit dengan Metode Certainty Factor, Jurnal Applied Intelligent System, Vol. 1, No. 1, Hal.:36-47, 2016

Ignizio, J., Introduction To Expert Systems: The Development and Implementation Of Rule-Based Expert Systems, McGraw-Hill, Inc., 2010.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.