Perancangan Sistem Informasi Pendataan Ternak Menggunakan PHP Dan MySql

rauf ashari(1*),Syahib Natarsyah(2),Taufiq Taufiq(3)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(3) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i2.140

Abstract

Abstrak

Dalam melaksanakan urusan pemerintah daerah dibidang peternakan Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan memiliki berbagai jenis urusan diantaranya yaitu penyusunan rencana dan program kerja di bidang peternakan, pembinaan, pengendalian dan pelaksanaan tugas kesekretariatan, bidang program, bidang usaha, bidang sumber daya, bidang pengembangan, bidang kesehatan hewan dan kesmavet serta pelaksanaan monitoring dan evaluasi hasil pelaksanaan tugas dibidang peternakan.

Namun dalam melakukan semua urusannya tersebut, pada saat ini Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan belum mempunyai suatu sistem informasi yang dapat mempermudah dalam proses pendataan dan perhitungan hasil produksi ternak. Pada sistem tersebut masih ditemui beberapa permasalahan diataranya dalam proses pendistribusian data, pencarian data serta dalam pembuatan laporan tahunan peternakan. Untuk itu diperlukan sebuah sistem informasi pendataan ternak berbasis web/online dengan menggunakan PHP dan MySQLyang mampu memberikan kemudahan dalam hal pendsitribusian data, pencarian data, serta pembuatan laporan peternakan.

Berdasarkan hasil uji user acceptance kesimpulan yang dapat diambil yaitu aplikasi sistem informasi pendataan ternak pada Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan yang dibangun dapat mempermudah petugas dan pegawai dalam melakukan pendataan ternak. Aplikasi ini juga dapat mempercepat dalam proses pendistribusian data, pencaria data ternak, pengelolaan data peternakan dan mengolahnya menjadi sebuah laporan yang mampu memberikan sajian data peternakan yang lengkap.

Kata Kunci: Peternakan, Pendataan, Produksi Ternak, Sistem Informasi  

References


Ashari A., Pengertian Aplikasi Komputer. Noudettu osoitteesta http://www.mlarik.com/ 2013/07/pengertian-aplikasi-komputer.html. 2013.

Anonim, Peraturan Gubernur Kalimantan Selatan No. 45, Banjarmasin: Dinas Peternakan Provinisi Kalimantan Selatan, 2009.

Petunjuk Teknis Pengumpulan dan Penyajian Data Fungsi Peternakan (2014). Ditjen PKH.

Anonim, Laporan Tahunan Dinas Peternakan Kalimantan Selatan, Banjarmasin: Dinas Peternakan Provinsi Kalsel, 2015.

Anggana D., Aplikasi Pengolahan Database Populasi Ternak Dan Produksi Ternak Pada Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat Berbasis Web. Skripsi, Bandung: Universitas Komputer Indonesia. 2011.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.