SISTEM ROBOT PENGIKUT GARIS DAN PEMADAM API BERBASIS MIKROKONTROLER AT89C51

Budi Rahmani(1*),Djoko Dwijo Riyadi(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v6i2.80

Abstract

 

Robot Pengikut Garis merupakan suatu bentuk robot bergerak otonom yang mempunyai misi mengikuti suatu garis pandu yang telah ditentukan secara otonom. Dalam perancangan dan implementasinya, masalah-masalah yang harus dipecahkan adalah sistem penglihatan robot, arsitektur perangkat keras yang meliputi perangkat elektronik dan mekanik, dan organisasi perangkat lunak untuk basis pengetahuan dan pengendalian secara waktu nyata.

Penelitian ini melakukan rancang bangun suatu robot pengikut garis dengan menggunakan mikrokontroler AT89C51 dan sensor infra merah. Sistem mekanik robot mengadopsi sistem manuver pada mobil empat roda biasa. Basis pengetahuan robot berisi pengkodean aksi yang harus dilakukan oleh robot berdasarkan informasi dari sensor. Metode untuk transformasi informasi menjadi aksi menggunakan metode tabel tengok.

Hasilnya memperlihatkan bahwa robot mampu mengikuti garis dengan jari-jari kelengkungan minimal 35 cm. Kecepatan maksimal robot saat mengelilingi elips dengan panjang sumbu terpanjang 85 cm dan sumbu terpendek 65 cm mencapai 5 cm/detik. Terlihat juga saat garis terlepas dari daerah pendeteksian sensor, robot dapat memperkirakan posisi garis dan berusaha menemukan kembali garis tersebut.

 

Kata kunci: robot pengikut garis, Robot pemadam api, mikrokontroler AT89C51

References


Budiharto, Widodo, 2006, Membuat Robot Cerdas, Elekmedia Komputindo, Jakarta

Suyono, Wasito, 1992, DATA SHEET BOOK 1, DATA IC LINIER, TTL,

CMOS (KUMPULAN DATA PENTING KOMPONEN ELEKTRONIKA),

Penerbit PT. Gramedia, Jakarta.

Tim PENS ITS, 2007, Robotika, Sensor & Aktuator, Graha Ilmu, Yogyakarta

Wardhana, Lingga, 2006, Mikrokontroler AVR Seri ATMega8535 Simulasi,

Hardware dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.