APLIKASI ROBOT CERDAS BERBASIS AVR DAN BAHASA C

Budi Rahmani(1*)
(1) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v6i1.76

Abstract

 

Kontes Robot Cerdas Indonesia merupakan ajang bergengsi tingkat nasional yang setiap tahun diselenggarakan oleh DP2M Ditjen Dikti dan diikuti oleh PTN dan PTS seluruh Indonesia. STMIK Banjarbaru merupakan salah satu peserta KRCI sejak tahun 2008. Pengembangan robot cerdas di STMIK Banjarbaru berjalan secara perlahan karena ketidak adaan dana khusus untuk kegiatan penelitian dan pengembangannya.

Pada penelitian ini akan dikembangkan apa yang telah dicapai dan dihasilkan pada penelitian terdahulu (PDM 2007) dengan objek yang sama. Hanya saja pengembangan yang dilakukan adalah disisi pengendali yang sudah menggunakan Mikrokontroler AVR  dan tidak lagi menggunanan mikrokontroler klasik seri AT895x. Kemudian bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa C dari sebelumnya menggunakan bahasa assembly. Dari sisi fisik robot ini telah dibentuk dengan chasis dari bahan acrylic. Hal yang cukup sulit dikembangkan dari penelitian ini adalah mengenai pemadam api yang sebelumnya direncanakan menggunakan semprotan air sebagai pengganti kipas, namun ternyata memodifikasi dan membuat pompa air mini tidaklah mudah. Untuk itu masih digunakan kipas angin pada robot yang dibuat kali ini.

Apa yang telah dicapai dalam penelitian ini pada dasarnya adalah sebuah robot pemadam api yang dilengkapi dengan beberapa sensor dinding untuk keperluan navigasi. Kemudian juga robot ini telah dilengkapi dengan sensor panas/api yang dibuat dari photo diode. Pada dasarya robot telah dapat bergerak sesuai dengan harapan pada arena yang dibuat untuk mencari api dari lilin dan memadamkannya, hanya saja kecepatan navigasinya masih relatif lambat.

 

 

Keyword: Robot Cerdas Pemadam Api, Atmel AVR, Bahasa C

References


Budiharto, Widodo, 2006, Membuat Robot Cerdas, Elekmedia Komputindo, Jakarta

Suyono, Wasito, 1992, DATA SHEET BOOK 1, DATA IC LINIER, TTL, CMOS (KUMPULAN DATA PENTING KOMPONEN ELEKTRONIKA), Penerbit PT. Gramedia, Jakarta.

Tim PENS ITS, 2007, Robotika, Sensor & Aktuator, Graha Ilmu, Yogyakarta

Wardhana, Lingga, 2006, Mikrokontroler AVR Seri ATMega8535 Simulasi, Hardware dan Aplikasi, Andi Offsett, Yogyakarta


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.