APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA KERUSAKAN SEPEDA MOTOR SUZUKI 4 TAK

Lilis Rahmannor(1*),Budi Rahmani(2)
(1) Jurusan Teknik Informatika, STMIK Banjarbaru
(2) Jurusan Teknik Informatika, STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v7i2.61

Abstract

Pada penelitian ini dibuat sebuah aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosa kerusakan pada sepeda motor. Pada umumnya beberapa pengendara sepeda motor yang kurang mengerti tentang gangguan atau kerusakan yang terjadi pada sepeda motornya, cenderung menyerahkannya pada mekanik, tanpa peduli apakah kerusakan itu sederhana atau terlalu rumit untuk diperbaiki.

Penelitian ini menggunakan teknik Inference Forward Chaining dan teknik penelusuran data dengan menggunkan Depth First Search. Dengan teknik Inference Forward Chaining sistem akan memberikan informasi untuk permasalahan yang dihadapi. Hasil pengujian menunjukkan solusi permasalahan untuk setiap kerusakan sepeda motor yang dapat membantu penggunanya untuk menangani kerusakan sepeda motor suzuki 4 tak.

Berdasarkan uji realibilas terhadap item-item pertanyaan pada user acceptance survei terhadap penggunaan sistem pakar yang dibuat, didapat nilai Alpha Cronbach adalah 0,670 dengan jumlah pertanyaan 8 item. Alpha Cronbach = 0,670 terletak diantara 0,60 hingga 0,80 sehingga tingkat reliabilitasnya adalah reliabel. Artinya berdasarkan hasil survei terhadap 30 orang responden, sistem yang dibangun telah dapat membantu user dalam menganalisa kerusakan sepeda motor suzuki 4 tak.

 

Kata Kunci : Sistem pakar, Forward Chaining, Decision Tree, sepeda motor

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.