Penerapan Algoritma Asosiasi untuk Penentuan Pola Penjualan pada Rubiyah Sasirangan

Diana Putri Agus(1*),Fitriyadi Fitriyadi(2)
(1) Program Studi Teknik Informatika STMIK Banjarbaru
(2) Program Studi Teknik Informatika STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v9i2.52

Abstract

Persaingan bisnis terutama di bidang produk Sasirangan sudah tidak menjadi hal yang baru, maka diperlukan kiat-kiat khusus bagi pihak pemilik untuk dapat lebih cermat dalam menentukan menempatan barang sehingga dapat mempermudah konsumen dalam pembelian. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan algoritma Apriori untuk membantu mengelompokkan
barang yang terjual dengan melalui sifat belanja konsumen. Sistem ini akan menggunakan beberapa variabel itemset yang dibeli secara bersamaan. Pengelompokan data secara bersamaan ini menggunakan metode Asosiasi yaitu dengan cara mengelompokkan data itemset yang dibeli secara bersamaan oleh konsumen. Hasil dari penelitian ini adalah dengan
menemukan pola itemset yang dibeli secara bersamaan, dengan penentuan support dan confidence sehingga ditemukan hasil final asosiasi sebagai acuan dalam pengelompokan penempatan barang pada butik yang bersangkutan.

Kata Kunci : Apriori, Asosiasi, Support dan Confidence, Sasirangan

References


Andreas H. Aplikasi Data Mining untuk Meneliti Asosiasi Pembelian Item Barang di Supermaket dengan Metode Market Basket Analysis. Tugas Akhir. Surabaya: Universitas Kristen Petra; 2010.

Amirudin. Penerapan Association Rule Mining Pada Data Nomor Unik Pendidik Dan

Tenaga Kependidikan Untuk Menemukan Pola Sertifikasi Guru. Tugas Akhir. Surabaya: FTI-ITS; 2010.

Larose, D. T. Discovering Knowledge in Data An Itroduction to Data Mining. New Jersey: John Wiley & Sons: 2005.

Luthfi, E. T. Penerapan Data Mining Algoritma Asosiasi Untuk Meningkatkan Penjualan. Tugas Akhir. Yogyakarta: STMIK AMIKOM; 2009.

Santoso, L. W. Pembuatan Perangkat Lunak Data Mining Untuk Penggalian Kaidah Asosiasi Menggunakan Metode Apriori. JURNAL INFORMATIKA. 2003; 4(3): 49-56.

Syaifullah, M. A. Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Penjualan. Yogyakarta: STMIK AMIKOM; 2010

Yogi Yusuf W., F. R. Penerapan Data Mining Dalam Penentuan Aturan Asosiasi Antar Jenis Item. Seminar Nasional Teknologi Informasi UII 2006. Yogyakarta. 2006


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.