Penerapan Metode Simpleks untuk Optimasi Produksi

Mei Lisda Sari(1*),Fitriyadi Fitriyadi(2),Boy Abidin Rozany(3)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(3) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v11i1.33

Abstract

Usaha produksi apam H. Ahmad adalah salah satu usaha rumahan yang memproduksi apam yang bertempat di Jl. Sarigading Barabai yang menjual dua jenis produk yaitu apam putih dan apam habang. Pemilik usaha kesulitan menentukan kombinasi produk yang harus
diproduksi mengingat ketersediaan bahan baku yang terbatas pada setiap harinya. Metode Simpleks adalah salah satu metode dari program linear yang dapat memecahkan kasus maksimasi atau minimasi. Aplikasi yang dibuat menggunakan software Borland Delphi 7 dan database Microsoft Access 2003. Dengan metode simpleks dapat diketahui kombinasi produksi
apam yang optimal sehingga didapatkan keuntungan yang maksimal. Dari pengujian yang dilakukan menggunakan metode kai-kuadrat (x2) pada taraf signifikasi 5% dan 1% adalah sebesar 3,481 dan 6,635, maka total penjualan menggunakan aplikasi lebih menguntungkan.

Kata kunci: Metode Simpleks, Program Linear, Optimasi

References


] Susilawati, Ilhamsah, H. A., & Amar, S. (2013). Penentuan Jumlah Produksi Rokok Pada PT 1001 Alami Menggunakan Model Optimasi Linear Programming. Jurnal Teknik Industri, 1 -8.

Miharni, D. (2012). Aplikasi sistem penentuan kombinasi produksi paving dengan menggunakan metode simpleks. Banjarbaru: STMIK Banjarbaru.

Riyanto, A. (2013). Statistik inferensial. Yogyakarta: Nuha Medika.

Budianto, M. (2013). Penerapan Integer Linear Programming Pada Produksi Sprei Di Konveksi XYZ Surabaya. Jurnal Imiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.2 No.1 , 1 -19.

Siringoringo, H. (2005). Pemrograman Linear. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarmizi. (2005). Optimasi Usaha Tani Dalam Pemanfaatan Air Irigasi Embung Leubuk Aceh besar. Banda Aceh: Universitas Syiah Fakultas Pertanian Jurusan Teknik Pertanian.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.