Model Sistem Rekomendasi Pemilihan Mesin Cuci Berbasis Fuzzy Tahani

Aprina Susanti(1*),Fitriyadi Fitriyadi(2),Artoni Artoni(3)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(3) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v11i2.198

Abstract

ABSTRAK

Mesin cuci adalah sebuah mesin yang dirancang  untuk membersihkan pakaian dan tekstil rumah tangga lainnya. Mesin cuci sangat diminati orang terutama mereka yang tak punya banyak waktu untuk mencuci  pakaian mereka. Berdasarkan survey yang dilakukan terhadap 20 responden yang telah membeli mesin cuci, terdapat 16 responden (80%) yang merasa bingung menentukan pilihan dan memerlukan saran untuk memilih saat membeli mesin cuci dan 4 responden (20%) tidak. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar konsumen memerlukan bantuan pilihan pada saat membeli mesin cuci.

Basis data fuzzy model tahani merupakan salah satu model yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan, khususnya dalam pemberian pemilihan mesin cuci. Dalam penelitian ini, basis data fuzzy model tahani digunakan untuk mencari nilai dari setiap jenis mesin cuci berdasarkan kriteria mesin cuci yang dipilih konsumen. Pada program yang telah dibangun, nilai pilihan didasarkan atas derajat keanggotaan yang dihasilkan dari proses perhitungan yang diolah menjadi fire strenght.

Dari hasil penelitian yang di lakukan bahwa Sistem pengambilan keputusan pemilihan mesin cuci menggunakan basis data fuzzy model tahani sangat membantu dalam menentukan pilihan mesin cuci apa yang sesuai dengan keinginan konsumen atau user.

Kata kunci : Mesin cuci, Basis Data Fuzzy model tahani, Intan Elektronik

 

ABSTRACT

Washing machine is a machine designed to clean clothes and other household textiles. Washing machine very interested people, especially those who do not have much time to wash their clothes. Based on a survey conducted on 20 respondents who have bought a washing machine, there were 16 respondents (80%) who feel confused the choice and need advice to choose when buying a washing machine and 4 respondents (20%) did not. From these data it can be concluded that most customers require assistance choice when buying a washing machine.

Fuzzy data base model of Tahani is one model that can be used in the decision-making process, particularly in the provision of electoral washing machine. In this study, data base models fuzzy Tahani used to find the value of each type washing machine according to criteria selected washer consumers. On programs that have been built, based on the value of the degree of membership selection resulting from the process of calculation is processed into a fire strenght.

From the results of research done in that election decision-making system washing machine using fuzzy data base model of Tahani very helpful in determining what option the washing machine in accordance with the wishes of the consumer or user.

Keywords: Washing machine, Fuzzy Data Base models Tahani, Diamond Electronics

References


Nasution, I. A. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pemilihan Laptop Dengan Menerapkan Fuzzy Tahani. Pelita Informatika Budi Darma, Voume VI , ISSN : 2301-9425.

Efendi, R., Ernawati, & Hidayati, R. (2014). Aplikasi Fuzzy Database Model Tahani Dalam Memberikan Rekomendasi Pembelian Rumah Berbasi Web. Jurnal Pseudocode, Volume1, ISSN 2355 – 5920.

Taufiq, G. (2014). Logika Fuzzy Tahani Untuk Pendukung Keputusan Perekrutan Karyawan Tetap. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) , ISSN: 1979-911X.

Sri Kusumadewi, Hari Purnomo. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.