Perencanaan Produksi Loster Menggunakan Metode Linear Programming Model Simpleks

Trihastuti Indah Rusdiyah(1*),Fitriyadi Fitriyadi(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v12i1.167

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan bidang industri memacu persaingan strategi produksi yang bergerak dalam bidang ini, salah satu cara yang ditempuh adalah membuat perencanaan produksi dengan tepat untuk memenuhi kebutuhan konsumen. UD. Mahkota Genteng dan Batu Alam merupakan salah satu badan usaha yang bergerak dibidang pembuatan loster, usaha tersebut perlu merencanakan jumlah produksi loster agar jumlah produksi yang dihasilkan maksimal. Namun dalam hal ini UD. Mahkota Genteng dan Batu Alam memiliki kendala dalam menentukan jumlah produksi loster jenis beton dan jenis tanah liat yang harus diproduksi lebih banyak sesuai dengan keterbatasan sumber daya yang dimiliki, seperti bahan baku dan jam kerja.

          Metode yang digunakan dalam penelitian ini Linear Programming Model Simpleks. Metode ini adalah salah satu model optimisasi linear yang berkenaan dengan kendala-kendala yang dihadapinya. Masalah yag dapat diselesaikan adalah masalah pencarian nilai-nilai optimum (maksimum atau minimum). Metode simplek adalah salah satu metode dari Linear Programming yang dapat memecahkan kasus maksimasi atau minimasi. Pada penelitian ini akan digunakan Linear Programming Model Simpleks untuk merencakan produksi loster.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat simpulkan bahwa Linear Programming Model Simpleks dapat digunakan dalam perencanaan jumlah produksi loster untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini berdasarkan data sampel pada produksi ke 1 sampai ke 6 keuntungan yang didapat mengalami peningkatan dengan rata-rata peningkatan total jual yaitu sebesar 12, 35%.

Kata Kunci : Loster, Linear Programming, Simpleks

 

ABSTRACT

Competition to spur development of the field of industrial production strategies that are engaged in this, one way in which the production is planning appropriately to meet the needs of consumers. UD. Crown tile and natural stone is one of the enterprises engaged in the manufacture loster, these efforts need to plan production quantities loster so that the maximum amount of output produced. But in this case the UD. Crown Tile and Natural Stone has a constraint in determining the amount of production loster concrete type and the type of clay that must be produced more in accordance with the limitations of available resources, such as raw materials and working hours.

The method used in this study Simplex Linear Programming Model. This method is one model of linear optimization with regard to the constraints that it faces. Yag problem can be solved is the problem of finding the optimum values (maximum or minimum). Simplex method is a method of Linear Programming that can solve the case of maximization or minimization. This research will be used Linear Programming Simplex Model loster to plan production.

Based on the research that has been done, it can be concluded that the Linear Programming Simplex Model can be used in planning the production quantities loster to get maximum results. It is based on sample data on the production of 1 to 6 profits have increased by an average increase in total sales in the amount of 12, 35%.

Keywords: Loster, Linear Programming, Simplex

References


Suryadewi, I. (2010), Ananlisis Linear Programming Dengan Metode Simpleks Dalam Penentuan Komninasi Produk Yang Optimal Untuk Meningkatkan Laba Pada PT. Sulawesi Agung Jaya, Skripsi Jurusan Teknik Informatika, Makassar: STMIK Dipanegara

Pratmoko. (2010). Ananlisi Penerapan Metode Simpleks pada Persoalan Transportasi, Surabaya.

Ramdani. (2008). Metode Simpleks Primal Menggunakan Working Basis, Yogyakarta

Dimyati, A. (2007). Operation Research : Model-model Pengambilan Keputusan. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.

Subagyo. (2007). Dasar Dasar Operation Research. Yogyakarta: BPFE.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.