Implementasi Teorema Bayes Dalam Sistem Pakar Untuk Konsultasi Siswa Bermasalah

Bahar Bahar(1*),Depy Wahyu Pratama(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v15i2.408

Abstract

Abstrak. Guru Bimbingan Konseling seringkali tidak berada di lingkungan sekolah karena suatu urusan kedinasan, sehingga harus digantikan oleh guru Bimbingan Konseling pendamping. Namun demikian, beberapa guru Bimbingan Konseling pendamping memiliki pengalaman yang belum maksimal dalam menangani siswa bermasalah, dan seringkali berbeda pendapat dengan guru Bimbingan Konseling. Paper ini menyajikan sebuah model sistem pakar yang dapat digunakan oleh guru Bimbingan Konseling pendamping dalam memberikan konsultasi terhadap siswa bermasalah dengan menggunakan metode teoroma bayes. Penelitian menggunakan metode Eksploratif, dengan melakukan kajian akurasi sistem pakar berbasis model Bayes sebagai pedoman bagi guru Bimbingan Konseling pendamping dalam kegiatan konsultasi siswa bermasalah. Terdapat 45 gejala yang menjadi dasar untuk nenentukan 21 jenis keputusan. Gejala dan keputusan tersebut dikaji dari referensi berbentuk buku teks. Hasil uji menunjukkan bahwa kemampuan aplikasi untuk menyamai Pakar dalam mengambil keputusan dapat mencapai 100% untuk 21 kasus yang diujicoba. Kata Kunci: Sistem Pakar, Konsultasi Siswa Bermasalah, Teorema Bayes

Abstract. Counseling Guidance Teachers are often not in the school environment because of an official affair, so they must be replaced by an accompanying Counseling Guidance teacher. However, some Counseling Counseling teachers have less than maximum experience in dealing with problem students, and often differ in opinions from Counseling Counseling teachers. This paper presents a model of an expert system that can be used by the accompanying Counseling Guidance teacher in providing consultations to problem students using Bayes's theoretic method. The study used the Explorative method, by conducting a study of the accuracy of the Bayes model-based expert system as a guide for the accompanying Counseling Guidance teacher in consulting activities of problem students. There are 45 symptoms that form the basis for determining 21 types of decisions. These symptoms and decisions are examined from textbook references. The test results show that the application's ability to match the expert's decision-making can reach 100% for the 21 cases tested. Keywords: Expert System, Problem Student Consultation, Bayes Theorem

References


Dewa Ketut Suryadi, Bimbingan Konseling. Jakarta: Graha Ilmu, 2013.

Arhami, M. Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi, 2005

Tarigan, F. A. Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Ginjal dengan Metode Backward Chaining. Jurnal TIMES. 2015; 3(2): 25-29.

Mutsaqof, A. A. N., & Suryani, E. Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Infeksi Menggunakan Forward Chaining. ITSMART: Jurnal Teknologi dan Informasi. 2015; 4(1): 43-47.

Yulianti, W. Aptitude Testing Berbasis Case-Based Reasoning Dalam Sistem Pakar Untuk Menentukan Minat Dan Bakat Siswa Sekolah Dasar. Rabit: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab. 2016; 1(2): 104-118.

Hasbiyanor, A., & Bahar, B. Sistem Pakar Diagnosa Keluhan Selama Masa Kehamilan Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi. 2017; 6(1): 1345-1356.

Lestari, S. A., & Handayani, R. I. Sistem Pakar Untuk Menentukan Bakat Anak Berdasarkan Kepribadian Menggunakan Model Forward Chaining. Bina Insani ICT Journal. 2017; 4(1): 47-56.

Rachman, R., & Mukminin, A. Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa SD. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika. 2018; 4(2): 90-97.

Arisandi, D., & Saputra, A. Aplikasi Sistem Pakar untuk Menentukan Gaya Belajar Anak Usia Sekolah Dasar. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi. 2015; 6(2): 12-17.

Harjanto, A., Karnila, S., & Nugraha, F. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Konsultasi Perilaku Siswa Di Sekolah Menggunakan Metode Forward Chaining. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer. 2018; 9(2): 817-824.

Moa, A. F., Labulan, P. M., & Harjanto, A. Pengembangan Aplikasi Sistem Pakar Untuk Konsultasi Perilaku Siswa Kelas X Akuntansi Pada Smk Negeri 16 Samarinda Semester Genap Tahun Pembelajaran 2016/2017. Prosiding dalam Seminar Nasional SEBATIK. 2017; 1(1): 91-95.

Yani, M. 2014. Makalah Teorema Bayes. [Online]. http://muhammadyaniishak. blogspot.co.id/2014/08/makalah-teorema-bayes.html?m=1


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.