Penerapan Metode Simple Additive Weighting Untuk Seleksi Calon Peserta Gita Bahana Nusantara

Bahar Bahar(1*),Isty Safitrianingsih(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v11i1.32

Abstract

Metode yang digunakan dalam sistem pendukung keputusan ini adalah Metode Simple Additive Weighting (SAW) yang mana metode ini dalam melakukan pengambilan keputusannya dengan cara yaitu normalisasi matriks, nilai pada setiap kriteria yang telah diperoleh dari 3 orang juri
dibagi dengan nilai maksimal pada setiap kriteria. Kemudian hasil pembagian masing-masing kriteria tersebut di kalikan dengan bobot kriteria yang telah ditetapkan, hasil perkalian tersebut
kemudian dijumlahkan dan dilanjutkan lagi proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif calon peserta yang terbaik dari sejumlah alternatif yang telah ada. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan yaitu metode Simple Additive Weighting dapat memberikan penilaian dan perangkingan untuk seleksi calon peserta gita bahana nusantara dengan akurasi yang sangat baik.

Kata Kunci : Simple Addtive Weighting, Prioritas, Seleksi

References


Kamaludin, A. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Alternatif Alat Kontrasepsi Menggunakan Simple Additive Weighting. Jurnal Teknik Informatika.

Sulistiyo, H. (2010). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Beasiswa Di SMA Negeri 6 Pandeglang. JBPTUNIKOMPP.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., & Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.