SISTEM REKOMENDASI JENIS LAHAN UNTUK TANAMAN HORTIKULTURA MENGGUNAKAN METODE FUZZY TAHANI

Rintana Arnie(1*),Wulandari Septiyani(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v14i2.318

Abstract

Abstrak Tanaman Hortikultura merupakan jenis tanaman yang diminati para petani. Petani menanam tanaman hortikultura tanpa terlalu terfokus pada masalah lahan yang ada. Berdasarkan komoditas hortikultura pada tahun 2011-2015 luas lahan tanaman hortikultura semusim yakni 38,8 ha. Sedangkan produktivitas panen pada tanaman semusim rata-rata hanya 2,41 ton per ha. Hal ini karena tanam pada lahan yang tidak sesuai dan juga kondisi iklim yang berdampak pada pertanian. Pada penelitian ini untuk menyelesaiakan masalah adalah dengan menggunakan metode Fuzzy Tahani yang mana metode ini akan merekomendasikan jenis tanaman yang sesuai pada lahan yang dimiliki oleh petani melihat dari nilai karakteristik lahan yang dimiliki petani. Sehingga dari nilai karakteristik setiap lahan petani akan mendapatkan nilai dari tertinggi dari jenis tanaman hortikultura yang akan direkomendasikan kepada petani. Dari hasil data user acceptance dari para karyawan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Banjarbaru Bidang Tanam Pangan dan Hortikultura menunjukan bahwa aplikasi yang dibangun menggunakan metode Fuzzy Tahani dapat membantu dan mempermudah petani dengan menghasilkan respon 61,234% sangat setuju, 38,762% setuju, 0% tidak setuju dan 0% sangat tidak setuju. Dan hasil uji validitas dari 5 pertanyaan yang diajukan kepada 15 responden dengan nilai Alpha Crounbach 0,625 dengan tingkat reliabilitasnya termasuk reliabel. Kata kunci: Sistem Rekomendasi, Rekomendasi, Metode Fuzzy Tahani, Hortikultura.

Abstract Horticultural crop is a type of plant that farmers are interested in. Farmers grow horticultural crops without too focused on existing land issues. Based on horticultural commodities in 20112015 the area of horticultural crops is 38,8 ha. While the productivity of harvest in the annual crop is only 2.41 tons per ha. This is because cropping land is unsuitable and climatic conditions that affect agriculture. In this research to resolving the problem is to use Fuzzy Tahani that this method will recommend appropriate types of plants on land owned by farmers see the value characteristics of the land owned by farmers. So from the characteristic value of each farmers land will get the value of the highest of the type of horticultural crops that will be recommended to farmers. From the result of user acceptance data from the employees Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Banjarbaru of Food Crops and Horticulture shows that the application built using the Fuzzy Tahani method can help and facilitate the farmers by generating a response of 61.234% strongly agree, 38,762% agree, 0 % disagree and 0% strongly disagree. And validity test results from 5 questions submitted to 15 respondents with Alpha Cronbach value 0.625 with reliability level including reliable. Keywords: Recommendation System, Recommendation, Fuzzy Tahani Method, Horticulture

References


Efendi, R., Ernawati, E., & Hidayati, R. (2014). Aplikasi Fuzzy Database Model Tahani Dalam Memberikan Rekomendasi Pembelian Rumah Berbasis Web. Pseudocode, 1(1), 32-43.

Perdana, R. (2014). Sistem rekomendasi tempat wisata kuliner menggunakan metode topsis berbasis mobile (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Susanti, A., Fitriyadi, F., & Artoni, A. (2017). Model Sistem Rekomendasi Pemilihan Mesin Cuci Berbasis Fuzzy Tahani. PROGRESIF, 11(2):1171-1180

Kusumadewi S & Purnomo H. (2014). Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan Edisi 2. Yogyakata: Graha Ilmu.

Sri Kusumadewi, H. Purnomo. (2013). Aplikasi Logika Fuzzy Pendukung Keputusan. Yogyaarta: Graha Ilmu.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.