Sistem Informasi Penjualan Dan Penyewaan Peralatan Camping Berbasis Web Pada Oasis Camp

Ahmad Shidky Hafidz Nugraha(1*),Rintana Arnie(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v13i2.275

Abstract

ABSTRAK

Sekarang penggunaan komputer di berbagai bidang usaha sudah menjadi suatu hal yang umum. Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi dan kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat, komputer telah dapat terhubung antara satu dengan yang lain membentuk suatu jaringan. Langkah utama dalam kegiatan bisnis untuk bersaing dengan para pesaingnya adalah dengan menggunakan komputer sebagai sarana untuk meningkatkan efektifitas kerja. Oasis Camp adalah bidang usaha yang bergerak dalam penjualan dan penyewaan peralatan camping. karena tidak adanya media promosi dan sistem informasi berbasis web sehingga konsumen kesulitan mendapatkan informasi terkait Oasis Camp.

Pada penelitian ini penyusun mencoba menerapkan konsep sistem informasi penjualan dan penyewaan secara online, konsep ini meliputi proses dari input data, pengolahan data, pemesanan barang, transaksi penjualan dan penyewaan serta pengiriman. Sistem ini mempunyai keunggulan yang jauh berbeda daripada menggunakan sistem konvensional karena waktu yang digunakan untuk mencari, pengolahan data serta penyajian laporan yang dibutuhkan relatif cepat dan bisa di akses dimana saja, sehingga sangat membantu dalam meningkatkan efektifitas kerja.

Kata kunci : Sistem Informasi, Penyewaan, Penjualan, Camping, E-Commerce.

 

ABSTRACT

Now the use of computers in various fields of business has become a common thing. Along with the rapid advances in technology and the need for fast and accurate information, the computer was able to connect with each other to form a network. The main steps in business activity to compete with its competitors is using the computer as a means to improve the effectiveness of work.Oasis Camp is the business engaged in the sale and rental of camping equipment. in the absence of a media campaign and web-based information systems so that consumers had trouble getting information related to Oasis Camp.

In this study, the author tries to apply the concept of systems sales and rental information online, this concept includes the process of data input, data processing, ordering goods, sales and leasing as well as delivery. This system has the advantage of being much different than using a manual system for time used for searching, data processing and presentation of the report required is relatively fast and can be accessed anywhere, so it is very helpful in increasing the effectiveness of work.

Keyword : Information System, Rental, Selling, Camping, E-Commerce.

References


Astuti, PD. (2011). Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotik Jati Farma Arjosari, 3(4), pp35.

Azwanti N. (2017). Sistem Informasi Penjualan Tas Berbasis Web Dengan Pemodelan UML. Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer (KLIK). 4(1)

Anhar. (2010). Panduan Menguasai php dan my sql secara autodidak. Sumber penerbit : Media Kita.

Wahyono, T. (2003). Sistem Informasi Konsep Dasar, Analisis Desain dan Implementasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

YM Kusuma Ardhana dan Rizki hesananda. (2014). Project Php 15 Juta : membuat Toko Ebook Online dengan Bootstrap Twitter 3 dan Php MySql. Porwokerto: Jasakom.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.