Pemilihan Lampu Hemat Energi Menggunakan FMCDM Pada Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kota

Muhammad Aulia Rahman(1*),Rintana Arnie(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v12i1.176

Abstract

Abstrak

Tujuan pemilihan ini adalah untuk mendapatkan jenis lampu hemat energi berdasarkan kriteria-kriteria yang ada .Untuk itu dibuatlah suatu aplikasi yang mampu menyarankan lampu hemat energi. Lampu yang akan dipilih lampu hemat energi dan mampu bertahan lama dan kuat tujuan dari aplikasi ini adalah membantu pemilihan lampu hemat energi agar dapat menghemat energi untuk kelangsungan hidup yang akan dating apikasi penunjang keputusan pemilihan lampu hemat energi menggunakan fetode fuzzy multiple criteria decision making (FMCDM) di dinas kebersihan dan pertamanan panjarbaru yang mana diharapkan dapat membantu merkomendasikan lampu hemat energi yang bagus.

Berdasarkan hasil pembahasan pada penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa metode FMCDM dapat digunakan dalam memberikan hasil rekomendasi lampu hemat pada tiap-tiap lampu jalan dan taman. Dari perhitungan hasil Precision & Recal ldidapat 92% kekuratan hasil rekomendasi dengan nilai rekomendasi data real.

Kata kunci: lampu hemat energi, Metode F-MCDM, Banjarbaru

 

Abstract

The aim is to get the kind of energy saving lamp based on criteria that exist.To it made an application that is able to suggest energy saving lamps. Lights to be selected energy saving light and durable and strong purpose of this application is to assist in the selection of energy saving lamps in order to conserve energy for survival that will come apikasi decision support election of energy-saving lamps use fetode fuzzy multiple criteria decision making (FMCDM) in office cleanliness and landscaping panjarbaru which is expected to help merkomendasikan good energy saving lamps

Based on the results of the discussion on the research that has been done, it can be concluded that FMCDM method can be used in providing the recommendation saving lamps at each streetlight and a park calculation results Precision & recal ldidapat 92% kekuratan the recommendation to the value on real data.

Keywords: energi saving lamp, Method F-MCDM, Banjarbaru

References


Suryani S.H., 2013, Aplikasi penjualan sepatu di toko sepatu muhajir agung kuala kapuas

Lianata, H., 2012, system pendukung keputusan untuk pemilihan tempat penginapan dengan metode FMCDM. Banjarmasin: STMIK BANJARBARU.

Nurhapsari Z., 2012, sistem pendukung keputusan dalam memilih paket dan biro perjalanan umroh dengan metode FMCDM . Samarinda: STMIK Banjarbaru.

Kusumadewi, S., 2005, Multi Attribute Decision Making (MADM).Graha Ilmu , Yogyakarta.

.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.