Penerapan Algoritma Euclidean Distance Untuk Pemilihan Paket Internet Berdasarkan Wilayah

Fitriyani Fitriyani(1*),Ratna Fitriyani(2),Nidia Rosmawanti(3)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(3) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v13i1.218

Abstract

Abstrak

Banyaknya operator telekomunikasi seperti Telkomsel, Indosat, XL, dan Three yang menawarkan berbagai macam paket internet untuk smartphone, hal ini akan mempersulit para konsumen dalam menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan kriteria yang di inginkan. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan konsumen tentang kecepatan data setiap operator di wilayah tempat tinggalnya, kurang pahamnya konsumen dalam hal pembagian kuota internet yang sesuai dengan kehendak konsumen dan tarif operator mana saja yang murah namun tetap diberikan layanan akses internet yang cukup bagus, oleh sebab itu dibuatlah sebuah penerapan algoritma Euclidean Distance untuk pemilihan paket internet yang tepat sesuai dengan lokasi tempat tinggal dan kriteria yang petani inginkan.

Dengan menggunakan paket internet yang dijual di BIP Ponsel Banjarbaru, sistem yang dibangun akan membantu konsumen untuk memilih paket internet mana yang cocok untuk mereka gunakan, sesuai dengan kriteria tarif, kuota, pembagian waktu, kecepatan dan masa aktif.

Dari pengujian nilai akurasi sistem rekomendasi (F1) menggunakan  metode precision  dan recall test, sistem yang dibangun memperoleh nilai sebesar 0.760, nilai ini cukup tinggi karena apabila nilai F1 semakin mendekati angka 1 maka semakin tinggi pula nilai tingkat akurasi dari sistem rekomendasi.  

Kata Kunci: Paket Internet, Analytical Hierarchy Process, Euclidean Distance, precision and recall test 

 

Abstract

The number of telecom operators such as Telkomsel, Indosat, XL, and Three are offering various packages for smartphones, it will be more difficult for consumers to make the right choice according to the desired criteria. This is due to a lack of consumer knowledge about the data rates of each operator in the region where he lived, less pahamnya consumers in terms of distribution of quotas of the Internet in accordance with the will of the consumer and operator rates which are cheap but still given an internet access service is pretty good, so it made an implementation of the algorithm Euclidean Distance to the selection of internet packages appropriate to the location of residence and criteria that farmers want.

By using the internet packages sold in BIP Mobile Banjarbaru system established will help consumers to choose the internet package which is suitable for their use, in accordance with the criteria of tariffs, quotas, sharing time, speed and active period.

Accuracy of testing the value of a recommendation system (F1) using precision and recall test, a system built obtain a value of 0760, this value is quite high because if the value of F1 is getting very close to 1, the higher the value of the accuracy of the system recommendation.

Keywords: Internet Package, Analytical Hierarchy Process, Euclidean Distance, precision and recall test

References


Prasetyo B. (2010). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Internet Operator Telekomunikasi Dengan Metode AHP. Surabaya: STIKOM Surabaya.

FARDILLA S. (2010). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Internet Dengan Basis Data Fuzzy Tahani. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Impron M. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Internet Mobile BroadBand dengan Simple Additive Weighting. Jurnal Progresif, Vol. 9, No. 2, 931-937.

Solehatin. (2015). Perbandingan Euclidean Distance dan K-Nearest Neighbor Dalam Pengenalan Bunga. Jurnal Penelitian Teknik Informatika , 1-4.

Riyadi A. (2009). Data Minning. Bandung: Yrama Widya.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.