APLIKASI MONITORING KARGO BATUBARA PADA PT. GEOSERVICES BANJARBARU

Inrawati Ihwan(1*),Nidia Rosmawanti(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v11i2.205

Abstract

ABSTRAK

PT. Geoservices khususnya site Banjarbaru sebagai salah satu perusahan yang bergerak dibidang jasa pertambangan telah banyak melakukan hubungan kerjasama dengan banyak perusahaan tambang baik yang berada di dalam maupun yang berada di luar wilayah Kalimantan Selatan. Dalam hal ini kerjasama yang akan dilakukan yaitu memonitoring cargo batubara, dimana dari hasil monitoring akan dikeluarkan sertifikat pengesahan dan persetujuan monitoring tersebut. Dalam memonitoring kegiatan cargo batubara ini ditugaskan checker untuk memantau dan mencatat data yang diperlukan ke dalam truck slip. Semua truck slip yang berisi data monitoring selama sehari kemudian dikirim ke bagian account untuk diolah datanya  menjadi laporan hasil monitoring yang akan diserahkan kepada customer beserta biaya jasanya. Di PT. Geoservices Banjarbaru pengolahan data untuk laporan hasil monitoring dan perhitungan invoice masih dilakukan secara terpisah dan konvensional dengan menggunakan Ms.Excel.

Menyadari hal tersebut maka dibutuhkan sebuah sistem yang diperuntukkan bagi admin untuk memudahkan dan sebagai panduan dalam hal mengolah data monitoring. Dalam aplikasi yang dibuat diperlukan data hasil monitoring yang akan dikelompokkan berdasarkan waktu, bobot yang hilang serta bobot yang bertambah selama pengangkutan cargo, dimana ditentukan batas-batas nilai toleransi untuk waktu, bobot hilang dan bobot tambah dalam pengolahan data hasil kegiatan monitoring. Kemudian semua bobot kegiatan tersebut diproses oleh sistem dari  aplikasi ini sehingga dapat diketahui jumlah, kekurangan atau kelebihan waktu, bobot hilang dan bobot tambah dan juga persentase nilai dari bobot tersebut.

 Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan aplikasi monitoring cargo batubara ini memudahkan admin dalam mengolah data hasil monitoring dan mencetak sertifikat dari hasil monitoring tersebut.

Kata Kunci : Monitoring, Cargo Batubara, Data Cargo, Jasa Monitoring

 

ABSTRACT               PT. Geoservices especially Banjarbaru site as one of the company engaged in mining services has been doing a lot of cooperative relationships with many mining companies both inside and who is outside the territory of South Kalimantan. In this case the co-operation that will be done is monitor the cargo of coal, where the results of the monitoring will be issued the certificate of approval and the approval of the monitoring. In monitoring the activities of the coal cargo checker is assigned to monitor and record the necessary data into the truck slip. All truck slip which contains monitoring data for a day and then sent to the account to be processed data to report monitoring results will be handed to the customer along with the cost of his services. In PT. Geoservices Banjarbaru data processing for reporting the results of monitoring and invoice calculation is done separately and conventionally using Ms.Excel

               Realizing that it needed a system that was intended for the admin to facilitate and as a guide in terms of process data monitoring. In an application made necessary monitoring records will be grouped based on time, lost weight and weight increase during transportation of cargo, which determined the limits of tolerance for a time, lost weight and added weight in data processing results of the monitoring activities. Then all the weight of these activities are processed by the system in which this application so as to know the amount, lack or excess of time, lost weight and added weight and also the percentage of the value of the weights.

               Results of this study concluded that the coal cargo monitoring application is easy admin in monitoring the results of data processing and print a certificate of results of such monitoring.

Keywords: Monitoring, Coal Cargo, Cargo DataService of Monitoring

References


Naufal Abdurrahman, S. P. (2014). Penyusunan Integrated Monitoring Systemuntuk Kapal . Surabaya: FTK-ITS.

Dyah Ika Rinawati, S. G. (2012). Pengembangan Aplikasi Monitoring Untuk Perbaikan Manajemen Usaha Peternakan Doc (Studi kasus di PT. Sierad, tbk). Semarang: UNDIP.

Kurniawan, R. (2012). Pembuatan Program Untuk Pengendalian Pelaksanaan Proyek Menggunakan Microsoft Acces Dengan Pendekatan Analisis Varians. Universitas Gunadarma.

Muchamad A. Jainuri, F. Y. (2011). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Status Link Peralatan Jaringan Router Dengan Memanfaatkan Protokol SNMP. Malang: ITN.

Samuel Mahatma Putra, H. R. (2010). Analisis Dan Perancangan Aplikasi Monitoring Ip Camera Menggunakan Protokol Http Pada Mobile Phone. Yogyakarta: SNATI.

Oetomo, B. S. (2001). Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Yogya


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.