Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Kependudukan Online Menggunakan Metode E-Govqual dan IPA

Muhammad Havian Nurdin Yahya(1*),Lambang Probo Sumirat(2),Budi Santoso(3)
(1) Universitas Dr. Soetomo
(2) Universitas Dr. Soetomo
(3) Universitas Dr. Soetomo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v20i1.1797

Abstract

The Population and Civil Registration Office of Jombang Regency is one of the government agencies of Jombang Regency that has implemented E-Government. In this case, “Dispendukcapil” Jombang Regency created an information system called "Ning Yaonah." This research aims to identify attributes that are the main focus of improvement and develop recommendations to improve the quality of E-Government services. This research applies the E-Govqual and IPA methods. The E-Govqual method is used to assess the quality of information system services owned by government agencies, while IPA is used to help prioritize attributes that require improvement. This study uses four variables belonging to E-Govqual with 21 statement attributes. Of the 80 respondents, the results of the analysis of the level of conformity showed a value of 78.45% and a gap level value (GAP) of -0.93. This indicates that the current performance of information system services has not been able to meet user expectations. The results showed that there are seven attributes with the highest priority for improvement, namely EF1, EF3, EF5, EF6, EF7, RL2, and RL3.

Keywords: E-Govqual; Information System Service Quality; E-Government; Importance Performance Analysis

Abstrak

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang merupakan salah satu instansi pemerintah Kabupaten Jombang yang telah menerapkan E-Government. Dalam hal ini Dispendukcapil Kabupaten Jombang menciptakan sistem informasi bernama “Ning Yaonah”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut yang menjadi fokus utama perbaikan dan menyusun rekomendasi guna meningkatkan kualitas layanan E-Government. Penelitian ini menerapkan metode E-Govqual dan IPA. Metode E-Govqual digunakan untuk menilai kualitas layanan sistem informasi yang dimiliki oleh instansi pemerintah, sedangkan IPA digunakan dalam membantu menentukan prioritas atribut yang memerlukan perbaikan. Penelitian ini menggunakan 4 variabel milik E-Govqual dengan 21 atribut pernyataan. Dari 80 responden subjek penelitian, hasil analisis tingkat kesesuaian menunjukkan nilai sebesar 78,45%, dan nilai tingkat kesenjangan (GAP) sebesar -0,93. Hal ini mengindikasikan bahwa kinerja layanan sistem informasi saat ini belum dapat memenuhi harapan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 atribut dengan prioritas utama untuk diperbaiki, yaitu EF1, EF3, EF5, EF6, EF7, RL2, dan RL3.

Kata kunci: E-Govqual; Kualitas Layanan Sistem Informasi; E-Government; Importance Performance Analysis

References


H. Iswati and E. Retnoningrum, "Mengukur Layanan Website E-Govqual terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Mengakses Rekap E-KTP," Jurnal Serasi, vol. 17, no. 2, pp. 101-110, 2019.

H. Hamrun, A. Harakan, A. L. Prianto, and N. Khaerah, "Strategi Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Pelayanan Berbasis E-Government Di Kabupaten Muna," Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, vol. 18, no. 2, pp. 64-73, 2020. doi: 10.35967/jipn.v18i2.7808.

A. Sholihah, F. Adnan, and F. N. Arifin, "Evaluasi Kualitas Layanan Website Utama Pemerintah Kabupaten Situbondo Menggunakan Metode E-GovQual dan Importance Performance Analysis (IPA)," Device, vol. 12, no. 2, pp. 60-74, 2022. 2022, doi: 10.32699/device.v12i2.2914.

B. S. Silalahi and F. J. Kaunang, "Analisis Service Quality pada Aplikasi DANA berdasarkan Sudut Pandang Pelanggan di Daerah Bandung Menggunakan Metode Servqual dan Model Kano," TeIKa, vol. 12, no. 02, pp. 121-133, 2022. doi: 10.36342/teika.v12i02.2957.

A. S. Herlambang and E. Komara, "Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan)," Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), vol. 7, no. 2, pp. 56-64, 2021. doi: 10.35384/jemp.v7i2.255.

B. Prasetyo, F. Adnan, and R. A. Syahputra, "Evaluasi Kualitas Layanan Electronic Pendapatan Asli Daerah (E-PAD) Di Kabupaten Banyuwangi Menggunakan Metode E-GovQual dan Importance Performance Analysis," Jurnal Tekno Kompak, vol. 16, no. 1, pp. 83-96, 2022. doi: 10.33365/jtk.v16i1.1857.

R. Septiawati and E. Yulianingsih, "Analisa Website DPRD Pagaralam Kota dengan Menggunakan Metode E-Govqual," Jurnal Mantik, vol. 6, no. 2, pp. 2264-2275, 2022.

T. E. Wijatmoko, "E-Government Service Quality Using E-GovQual Dimensions Case Study Ministry of Law and Human Rights DIY," in Proceeding International Conference on Science and Engineering, Yogyakarta, pp. 213-219. 3 April 2020. doi: 10.14421/icse.v3.500.

A. R. Nugraha, M. Dzikron, and I. Bachtiar, "Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Jasa Menggunakan Metode Servqual dan Model Importance Performance Analysis," Jurnal Riset Teknik Industri, vol. 3, no. 1, pp. 9-16, 2023. doi: 10.29313/jrti.v3i1.1830.

A. D. A. Rinjani, & D. R. Prehanto. “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bibit Reksadana Menggunakan Metode Eucs Dan Ipa. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 10, no. 2, pp. 123-136, 2021.

R. A. Saputra, S. Suprapto, and A. Rachmadi, "Penilaian Kualitas Layanan E-Government Dengan Pendekatan Dimensi E-Govqual dan Importance Performance Analysis (IPA), (Studi Kasus Pada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat)," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 5, pp. 1794-1802, 2018.

N. A. Zagita, H. Aryadita, and I. Aknuranda, "Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi Penduduk Menggunakan Metode E-Govqual Dan IPA (Studi Kasus Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pasuruan)," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 1, pp. 186-195, 2019.

R. Kriswibowo, B. F. Supriyanto, M. H. Arief, J. G. Noke, and H. V. Sari, "Evaluasi Kualitas Website KPU Kabupaten Kediri Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA)," IJEIS (Indonesian Journal of Electronics and Instrumentation Systems), vol. 11, no. 1, pp. 103-112, 2021. doi: 10.22146/ijeis.63411.

N. Suriani and M. S. Jailani, "Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan," IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 1, no. 2, pp. 24-36, 2023. doi: 10.61104/ihsan.v1i2.55.

D. E. Purwanto, A. R. Perdanakusuma, and W. H. N. Putra, "Evaluasi Kualitas Layanan APEKESAH Versi 3 Menggunakan Metode e-Govqual dan Importance Perfromance Analysis (IPA)(Studi Kasus: Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Batam)," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, pp. 7450-7457, 2019.

T. M. Tamtelahitu, "Analisa Kualitas Website Info Covid-19 Provinsi Maluku Menggunakan Metode E-Govqual Dan Importance Performance Analysis," JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 7, no. 2, pp. 574-582, 2022. doi: 10.29100/jipi.v7i2.2262.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.