Pemilihan Obat Sakit Kepala Menggunakan Metode Simple Additive Weighting

Muhammad Rizki(1*),Yulia Yudihartanti(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v12i1.170

Abstract

Abstrak

Obat adalah bahan atau zat yang berasal dari tumbuhan, hewan, mineral maupun zat kimia tertentu yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit, memperlambat proses penyakit dan menyembuhkan penyakit. Obat harus sesuai dosis agar efek terapi atau khasiatnya bisa didapatkan. Pada saat ini, banyak jenis dan jumlah obat yang beredar di masyarakat. Hal ini selain dapat membantu pelayanan dan kesehatan masyarakat dalam pemilihan obat yang tepat dan terjangkau, namun juga dapat menjadi masalah karena dapat menyebabkan hal yang tidak di inginkan terutama karena kekurangan informasi. Karena itu masyarakat perlu diberi informasi tentang indikasi, efek samping, kontra-indikasi, dan dosis agar tidak terjadi efek yang merugikan.

Sistem penentuan menggunakan metode SAW ialah dengan cara mencari penjumlahan terbobot dari kinerja setiap alternatif pada semua atribut. Metode SAW membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang dapat dibandingkan dengan semua rating alternatif yang ada.

Dari penelitian yang telah dilakukan menggunakan metode Simple Additive Weighting dalam penentuan pemilihan obat sakit kepala, maka kesimpulan dari aplikasi yang dibangun berdasarkan hasil uji pretest dan postest maka didapat hasil perhitungan tingkat akurasi untuk data tidak sesuai sebesar 70% dan untuk data sesuai adalah 30%.

Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting, Obat

 

Abstract

The drug is a material or a substance derived from plants, animals, minerals and certain chemical substances that can be used to reduce pain, slow the disease process and cure the disease. The drug dosage should be appropriate so that the therapeutic effect or efficacy can be obtained. At this time, many types and quantities of drugs circulating in the community. This is in addition to helping public health services and in the selection of appropriate and affordable drugs, but also can be a problem because it can cause unwanted mainly due to lack of information. Therefore, people need to be informed about the indications, side effects, contra-indications, and dosages in order to avoid adverse effects.

Determination system uses the SAW method is by finding a weighted summation of the performance of each alternative on all attributes. SAW method requires a process of normalizing the decision matrix (X) to a scale which can be compared with all the rating alternatives.

From the research that has been conducted using the Simple Additive Weighting in determining the drug selection headache, the conclusion of applications built on the results of the test, the pretest and post-test results obtained for the calculation of the level of accuracy of the data does not conform 70% and for data fit is 30%. 

Keywords: Decision Support Systems, Simple Additive Weighting, Medication,

References


Anonim, 2010. Informasi Spesialite Obat Indonesia ISFI.

Putra, D. P. (2011). Penggunaan Metode AHP Untuk Pemilihan Obat Pada Apotek Gianyar. Gianyar.

Sari, N. (2015). Sistem penentuan mutasi pegawai berdasarkan metode multifactor evaluation process.

Kamaludin, A. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Alternatif Alat Kontrasepsi Menggunakan Simple Additive Weighting

Sidik, R. (2014). Sistem pendukung keputusan dalam menentukan kelayakan lokasi untuk membangun tower pemancar sinyal menggunakan metode simple additive weighting

Kusumadewi, S. (2005). Fuzzy Muti-Attribute Decision Making. Yogyakarta: Graha Ilmu.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.