Penerapan Metode Linear Regression dan Correlation Pearson Dalam Menganalisis Pengaruh Kualitas Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Akademik
Abstract
The research conducted aims to analyze the academic activities of students who have carried out online learning during the Covid-19 pandemic and determine its effect on student academic achievement after online learning is implemented. The method used is the linear regression method and correlation pearson with the help of the SPSS 22 application. SPSS 22 is statistical software for solving business, and research problems through predictive analysis and hypothesis testing. The results showed that the correlation value of 0.467 has a weak correlation relationship with a KD value contribution of 0.000% which means that a value of 100% comes from the influence outside the analysis variable with a significance of 0.937> 0.05, so it is declared insignificant and does not meet the linearity criteria by obtaining a regression model equation Y = 14.778 + 0.014 X and R Count 0.012 < R Table 0.2732 which means that there is no evidence of correlation between the variables analyzed. Based on these results, it is concluded that the quality of online learning has no influence on student academic achievement.
Keywords: Online Learning; Academic Achievements; Regression; Correlation; SPSS
Abstrak
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis kegiatan akademik mahasiswa yang telah melaksanakan pembelajaran online selama pandemi Covid-19 dan mengetahui pengaruhnya terhadap prestasi akademik mahasiswa setelah pembelajaran online dilaksanakan. Metode yang digunakan adalah metode regresi linear dan korelasi pearson dengan bantuan aplikasi SPSS 22. SPSS 22 adalah perangkat lunak statistik untuk memacahkan masalah bisnis, dan penelitian melalui analisis prediktif dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi sebesar 0,467 memiliki hubungan korelasi lemah dengan kontribusi nilai KD sebesar 0,000% yang berarti nilai sebesar 100% berasal dari pengaruh luar variabel analisis dengan Signifikansi sebesar 0,937 > 0,05 maka dinyatakan tidak signifikan dan tidak memenuhi kriteria linearitas dengan memperoleh persamaan model regresi Y = 14,778 + 0,014 X dan R Hitung 0,012 < R Tabel 0,2732 yang berarti tidak terbukti adanya korelasi antar variabel yang dianalisis. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran online tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa.
Kata kunci: Pembelajaran Online; Prestasi Akademik; Regresi; Korelasi; SPSS
References
T. Y. Winoto and I. G. S. Putra, “Motivasi Pembelajaran Online di Era New Normal,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 9, pp. 3549–3554, 2022, doi: 10.54371/jiip.v5i9.843.
T. A. Prasetya and C. T. Harjanto, “Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 17, no. 2, pp. 188–197, 2020.
H. M. Sahid, “Pengaruh Media Sosial Whatsapp Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Kabupaten Bogor Wilayah Selatan,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 6, no. 2, pp. 248–257, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index.
D. Mustomi and A. Puspasari, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa,” CERMIN J. Penelit., vol. 4, no. 1, p. 133, 2020, doi: 10.36841/cermin_unars.v4i1.496.
W. T. Wiriani, “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online,” J. Ilm. Mat. Realis., vol. 2, no. 1, pp. 57–63, 2021, doi: 10.33365/ji-mr.v2i1.436.
D. S. Pratomo and E. Z. Astuti, “Analisis Regresi dan Korelasi Antara Pengunjung dan Pembeli Teradap Nominal Pembelian di Indomaret Kedungmundu Semarang Dengan Metode Kuadrat Terkecil,” Ilmu Komput., vol. 12, no. 1, pp. 1–12, 2018, [Online]. Available: http://eprints.dinus.ac.id/16877/1/jurnal_15951.pdf.
I. Sungkawa, “Penerapan Analisis Regresi Dan Korelasi Dalam Menentukan Arah Hubungan Antara Dua Faktor Kualitatif Pada Tabel Kontingensi,” pp. 33–41.
Z. S. Tinggi, “Analisis Regresi Linier dan Korelasi menggunakan Pemrograman Visual Basic,” J. Ilman J. Ilmu Manaj., vol. 8, no. 2, pp. 42–50, 2020, [Online]. Available: http://journals.synthesispublication.org/index.php/ilman.
D. E. Kurniawan and A. Setiowati, “Pengaruh Metode Pembelajaran Online Terhadap Stres Akademik Mahasiswa,” J. Konseling Gusjigang, vol. 8, no. 1, pp. 22–28, 2022, doi: 10.24176/jkg.v8i1.8030.
K. A. Wolo and P. I. Nugroho, “Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Tingkat Motivasi Belajar Mahasiswa/Mahasiswi FEB Akuntansi UKSW di Masa Pandemi COVID 19,” J. Akunt. Profesi, vol. 12, no. 1, p. 212, 2021, doi: 10.23887/jap.v12i1.33559.
M. Kuliah et al., “The Correlation Between Students’ Reading Habit And Their Writing Ability,” Validitas Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss, vol. 8, no. 1, pp. 1–8, 2020, doi: 10.24176/jkg.v8i1.8030.
C. C. Astuti, “Analisis Korelasi untuk Mengetahui Keeratan Hubungan antara Keaktifan Mahasiswa dengan Hasil Belajar Akhir,” JICTE (Journal Inf. Comput. Technol. Educ., vol. 1, no. 1, p. 1, 2017, doi: 10.21070/jicte.v1i1.1185.
Y. E. Windarto, “Analisis Penyakit Kardiovaskular Menggunakan Metode Korelasi Pearson, Spearman Dan Kendall,” J. SAINTEKOM, vol. 10, no. 2, p. 119, 2020, doi: 10.33020/saintekom.v10i2.149.
M. Miftahuddin, A. Pratama, and I. Setiawan, “Hubungan Antara Kelembaban Relatif Dengan Beberapa Variabel Iklim Dengan Pendekatan Korelasi Pearson di Samudera Hindia,” J. Siger Mat., vol. 2, no. 1, pp. 25–33, 2021, doi: 10.23960/jsm.v2i1.2753.
N. Suhandi, E. A. K. Putri, and S. Agnisa, “Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk terhadap Jumlah Kemiskinan Menggunakan Metode Regresi Linear di Kota Palembang,” J. Ilm. Inform. Glob., vol. 9, no. 2, pp. 77–82, 2018, doi: 10.36982/jig.v9i2.543
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.