Penerapan Arsitektur MVVM Pada Aplikasi Tanamin Untuk Mendeteksi Penyakit Tanaman Berbasis Android
Abstract
Indonesia is an agrarian country or a country with a population that makes a living as farmers. Many problems experienced by farmers, especially in the handling of plant diseases. This application is a solution in preventing and dealing with plant diseases. The use of technology in developing applications can help with the problems of various sectors, especially in this case agriculture. This application development uses the MVVM (Model View -View Model) architecture and uses the Extreme Programming (XP) method. The use of the MVVM architecture was chosen to make it easier when maintaining applications because the development is separated between the interface and business logic. The main feature of this application is to detect plant diseases by taking pictures via a smartphone camera. Then the image will be sent to the cloud server to process disease detection by implementing the REST API using Retrofit. From the results of the Black Box testing carried out, the entire system works well according to the test scenario carried out.
Keywords: MVVM; Tanamin; Retrofit; Blackbox; Extreme Programming
Abstrak
Indonesia merupakan negara agraris atau negara dengan penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani. Banyak permasalahan yang dialami para petani khususnya dalam penanganan penyakit tanaman. Aplikasi ini menjadi solusi dalam mencegah dan menangani penyakit tanaman. Pemanfaatan teknologi dalam mengembangkan aplikasi dapat membantu permasalahan berbagai sektor khususnya dalam hal ini adalah pertanian. Pengembangan aplikasi ini menggunakan arsitektur MVVM (Model View -View Model) dan menggunakan metode Extreme Programming (XP). Penggunaan arsitektur MVVM dipilih agar memudahkan pada saat pemeliharaan aplikasi karena pengembangannya dipisahkan antara antarmuka dan logika bisnis. Fitur utama pada aplikasi ini adalah untuk mendeteksi penyakit tanaman dengan cara melakukan pengambilan gambar melalui kamera smartphone. Selanjutnya gambar tersebut akan dikirimkan ke server cloud untuk melakukan pemrosesan deteksi penyakit dengan menerapkan REST API menggunakan Retrofit. Dari hasil pengujian Black Box yang dilakukan seluruh sistem bekerja dengan baik sesuai dengan skenario tes yang dilakukan.
Kata kunci: MVVM; Tanamin; Retrofit; Blackbox; Extreme Programming
References
Q. Ayun, S. Kurniawan, and W. A. Saputro, “Perkembangan Konversi Lahan Pertanian Di Bagian Negara Agraris,” Vigor: Jurnal Ilmu Pertanian Tropika Dan Subtropika, vol. 5, no. 2, pp. 38–44, 2020.
S. I. Kusumaningrum, “Pemanfaatan Sektor Pertanian Sebagai Penunjang Pertumbuhan Perekonomian Indonesia,” Transaksi, vol. 11, no. 1, pp. 80–89, 2019.
E. Sagala, J. Hutagalung, S. Kusnasari, and Z. Lubis, “Penerapan Sistem Pakar Dalam Mendiagnosis penyakit Tanaman Carica Papaya di UPTD. Perlindungan Tanaman,” vol. 1, no. 1, pp. 95–103, 2021.
G. W. Saraswati, M. S. Rohman, N. Anisa, and S. Winarsih, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Dewan Masjid Indoensia (DMI) Untuk Pengelolaan Produk dan Kegiatan Masjid Kota Semarang Training of Dewan Masjid Indonesia (DMI) Application for Management Products and Activity in Semarang Mosque,” Abdimasku, vol. 3, no. 1, pp. 83–88, 2020.
P. Smartphone di Kalangan Anak Petani Desa Pandan Sari kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan Abdul Rahman, S. Ruswinarsih, and R. P. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi, “PADARINGAN: Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi,” vol. 3, no. 3, pp. 452-466, 2021.
I. Ahmad, R. Indra Borman, J. Fakhrurozi, and G. G. Caksana, “Software Development Dengan Extreme Programming (XP) Pada Aplikasi Deteksi Kemiripan Judul Skripsi Berbasis Android,” vol. 5, no. 2, pp. 297-307, 2020.
E. R. Subhiyakto and D. W. Utomo, “Perangkat Lunak Menggunakan Metode Prototyping,” Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Paper UNISBANK Ke-3 (SENDI_U3), no. 207, pp. 57–62, 2017.
H. A. Epiloksa, D. S. Kusumo, and M. Adrian, “Effect Of MVVM Architecture Pattern on Android Based Application Performance,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 6, no. 4, p. 1949, Oct. 2022.
M. Ziyad, A. Maududi, A. Putra Kharisma, and F. Al Huda, “Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Panduan dan Resep Masakan untuk Mahasiswa berbasis Android,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol.5, no.2, pp.100-106, 2022.
E. Arribe, R. Asrianto, P. Sistem Informasi, F. Ilmu Komputer, and U. Muhammadiyah Riau, “Aplikasi E-Marketplace Menggunakan Arsitektur Mvvm (Model-View-Viewmodel) Berbasis Android,” Jurnal Fasilkom, vol. 11, pp. 75–78, 2021.
R. Rismayani, M. Patasik, N. S. Layuk, S. Saputra, and A. Muhajir, “Aplikasi Tracking Rekreasi dan Aktivitas Menggunakan Model View ViewModel di Provinsi Sulawesi Selatan,” CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), vol. 14, no. 2, p. 176, Sep. 2022.
R. Christhover, Sugiyatno, and Herlawati, “Penerapan Rest Api Menggunakan Retrofit Untuk Sistem Informasi Film Berbasis Android (Studi Kasus: Sinopsis Film),” Journal of Students‘ Research in Computer Science, vol. 3, no. 2, pp. 159–170, Nov. 2022.
A. E. Wijaksono, H. Novianus Palit, and A. N. Purbowo, “Aplikasi ‘Golek Tukang’ untuk Pencarian Jasa Perbaikan Rumah di Daerah Surabaya Berbasis Android,” Jurnal Infra, vol. 7, no.1,pp.10 -16,2019
I. Ahmad, R. Indra Borman, J. Fakhrurozi, and G. G. Caksana, “Software Development Dengan Extreme Programming (XP) Pada Aplikasi Deteksi Kemiripan Judul Skripsi Berbasis Android,” Jurnal Invotek Polbeng, vol. 5, no. 2, pp. 297–307, 2020.
H. R. Nugroho et al., “Inovasi Agribisnis Menggunakan Prinsip Bisnis Circular Economy Berbasis Teknologi Taman Buah Desa Sidomakmur,” Jurnal Budimas, vol. 04, no. 02, pp. 600–608, 2022.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.