Implementasi Algoritme Apriori dalam Perencanaan Paket Penjualan Produk Hijab (Studi Kasus pada: Pand’s Muslim Department Store)

Dian Rahmawati(1*),Endang Lestariningsih(2)
(1) Universitas Stikubank
(2) Universitas Stikubank
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v19i2.1331

Abstract

The lack of interest in certain products sold at Pand's Muslim Department Store has the potential to cause losses to business management. This study aims to plan product sales packages, which are based on the results of shopping cart analysis using the Apriori algorithm. Nine unique product combinations, obtained from the results of an analysis (roole) of 117 transactions involving 27 types of products that have been sold before, are used as a reference in planning product packages. The highest combination of 1 itemset produces a support value of 0.1 for customers who buy Layer 2 Syrian Veils, while the highest combination of 2 itemsets produces a support value of 0.02 and a confidence value of 0.3 for customers who buy Instant Pashmina and Pashmina products Instant and Syrian Pet Standard.

Keywords: Data Mining; Association Rules; Apriori Algorithm; RStudio Application

 

Abstrak

Berkurangnya peminat atas produk tertentu yang dijual pada Pand's Muslim Department Store berpotensi menimbulkan kerugian bagi manajemen usaha. Penelitian ini bertujuan untuk membuat perencanaan paket penjualan produk, yang didasarkan pada hasil analisis keranjang belanja menggunakan algoritme Apriori. Sembilan kombinasi Produk yang unik, yang diperoleh dari hasil analisis (roole) terhadap 117 transaksi yang melibatkan 27 jenis produk yang telah dijual sebelumnya, dijadikan acuan dalam merencanakan paket produk. Kombinasi tertinggi dari 1 itemset menghasilkan nilai support sebesar 0,1 untuk pelanggan yang membeli Kerudung Syiria Layer 2, sedangkan kombinasi tertinggi dari 2 itemset menghasilkan nilai support sebesar 0,02 dan nilai confidence sebesar 0,3 adalah pelanggan yang membeli produk Pashmina Instan dan Pashmina Instan dan Syiria Pet Standar.

Kata Kunci: Data Mining; Aturan Asosiasi; Algoritme Apriori; Aplikasi RStudio

References


S. Nurajizah, “Analisa Transaksi Penjualan Obat menggunakan Algoritme Apriori,” INOVTEK, vol. 4, no. 1, pp. 35–44, 2019.

N. Normah, B. Rifai, & P. Sari, “Algoritme Apriori Sebagai Solusi Kontrol Persediaan Suku Cadang Mobil PT. Buanasakti Aneka Motor Jakarta,” Paradigma –Jurnal Komputer Dan Informatika, vol. 22, no. 2, pp. 161–168, 2020.

D. Nofriansyah, “Konsep Data Mining Vs Sistem pendukung Keputusan,” Yogyakarta: Deepublish, 2014.

B. Bahar, “Model Pengujian Akurasi Berbasis Empiris Pada Algoritme A-Priori”. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, no. 2, pp. 45-56, 2019

R. Anugrah, T. Widiharih, & S. Sugito, “GUI R Untuk Analisis Keranjang Belanja Dengan Algoritme Apriori Pada Suatu Perusahaan E-Commerce”. Jurnal Gaussian, vol. 11, no. 2, pp. 278-289, 2022.

I. Musdalifah, & A. Jananto, “Analisis Perbandingan Algoritme Apriori Dan FP-Growth Dalam Pembentukan Pola Asosiasi Keranjang Belanja Pelanggan”. Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer, vol. 18, no. 2, pp. 175-184, 2020.

I. Ashari, A. Wirasto, D.N. Triwibowo, & P. Purwono, “Implementasi Market Basket Analysis dengan Algoritme Apriori untuk Analisis Pendapatan Usaha Retail”. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, vol. 21, no. 3, pp. 701-709, 2022.

D.M. Sinaga, A.P. Windarto, H.S. Tambunan, & I.S. Damanik, “Data Mining Menggunakan Metode Asosiasi Apriori untuk Merekomendasi Pola Obat Pada Puskesmas”. Journal of Information System Research (JOSH), vol. 3, no. 2, pp. 143-149, 2022.

S.C. Nurzanah, S. Alam, & T.I. Hermanto, “Analisis Association Rule Untuk Identifikasi Pola Gejala Penyakit Hipertensi Menggunakan Algoritme Apriori (Studi Kasus: Klinik Rafina Medical Center)”. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 132-141, 2022.

D. Romdon, & I. Kholil, “Implementasi Data Mining Dengan Metode Apriori Dalam Menentukan Pola Pemilihan Pemeriksaan Kimia”. TIN: Terapan Informatika Nusantara, Vol. 19, no. 2, pp. 642-651, 2022.

M. Mardiah, “Penerapan Data Mining Apriori Pada Persediaan Obat (Studi Kasus Apotek Rafif Farma Medan),” Algoritm. J. Ilmu Komput. Dan Inform., vol. 3, no. 2, p. 115, 2019, doi: 10.30829/algoritme.v3i2.6953.

E. Febrivani, Saifullah, & R. Winanjaya, “Penerapan Data Mining Asosiasi Pada Persediaan Obat,” Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi (JIKOMSI), vol. 4, no. 1, pp. 23-35, 2021.

Esha Alma'arif. et al “Implementasi Algoritme Apriori untuk Rekomendasi Produk pada Toko Online,” Citec Journal, Vol. 7, No. 1, pp. 33-42, 2020.

I. Haidar. (2021) Implementasi Algoritme Apriori Untuk Mencari Pola Transaksi Penjualan (Studi Kasus: Carroll Kitchen), Skripsi, Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

S. Sinaga and A. M. Husein, “Penerapan Algoritme Apriori dalam Data Mining untuk Memprediksi Pola Pengunjung pada Objek Wisata Kabupaten Karo,” J. Teknol. dan Ilmu Komput. Prima, vol. 2, no. 1, pp. 49–54, 2019.

Y. Yennimar, E. C. Sibarani, I. Irwansyah, M. I. T. Rahmadi, & R. Syahputra, “Implementasi Kesesuaian Obat Pada Penyakit Menggunakan Algoritme Apriori,” Jurnal Mantik Penusa, vol. 3, no. 1, pp. 12-23, 2019.

Pane, Dewi, Kartika. “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik Dengan Algoritme Apriori (Studi Kasus KreditPlus),” Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, Vol.4, No.3, pp. 105-113, 2013.

S. Ependi, & M. Akbar, “Implementasi Data Mining pada Penjualan Produk dengan Menggunakan Algoritme Apriori,” Bina Darma Conference on Computer Science, pp. 220–225, 2021.

P. Nur Harahap, & S. Sulindawaty, “Implementasi Data Mining Dalam Memprediksi Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritme Apriori (Studi Kasus PT. Arma Anugerah Abadi Cabang Sei Rampah),” Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Vol 11, No 2, pp. 236-245, 2019.

N.F. Hasan, R. Hammad, D.E. Profesi, & K. Kusrini, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kombinasi Paket Produk Pertanian Menggunakan Algoritme Apriori. Jurnal Eksplora Informatika, vol. 9, no. 1, pp. 38-49, 2019.

A. Prabowo, I. Masdiyasa, & E.P. Mandyartha, “SISTEM INFORMASI REKOMENDASI PAKET PRODUK PERTANIAN”. Scan: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 16, no. 1, pp. 47-52, 2021.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.