Penerapan Algoritme Fp-Growth Dalam Pencarian Hubungan Waktu Pembelian Dengan Barang Yang Dibeli Untuk Strategi Promosi

Deanita Deanita(1*),Inggih Permana(2),Rice Novita(3),Mustakim Mustakim(4)
(1) UIN Sultan Syarif Kasim Riau
(2) UIN Sultan Syarif Kasim Riau
(3) UIN Sultan Syarif Kasim Riau
(4) UIN Sultan Syarif Kasim Riau
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v19i2.1300

Abstract

Insan mart is one of the sharia based minimarkettes which is located in the Pekanbaru city, Riau. The problem that faced Insan Mart is that the minimalist doesn't know when would it be a good time to promote something. To solve the problem, research was conducted by using association rule mining (ARM). ARM is used to find correlation between sales time and purchased goods. The algorithm used to analyze the problem is the FP-Growth Algorithm. Data that used in research was data from August until December 2022 were 5.447 of transaction data. Based on the results, can be known that experiments FP-Growth Algorithm can find the correlation between time purchase and goods purchase. Found as much as 21 rule which is to be expected as a consideration for the sales promotion strategy of minimarket.

Keyword: Goods; FP-Growth Algorithm; Purchase Time; Promotion

 

Abstrak

Insan Mart adalah salah satu minimarket berbasis syariah yang terletak di Kota Pekanbaru, Riau. Permasalahan yang dihadapi oleh Insan Mart adalah pihak minimarket tidak mengetahui kapan waktu yang tepat melakukan promosi suatu barang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian menggunakan association rule mining (ARM). ARM digunakan untuk mencari hubungan antara waktu penjualan dengan barang yang dibeli. algoritme yang digunakan untuk menganalisis permasalahan adalah algoritme FP-Growth. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data bulan Agustus sampai dengan Desember 2022 yang berjumlah 5.447 data transaksi. Berdasarkan hasil percobaan diketahui bahwa algoritme FP-Growth dapat menemukan hubungan antara waktu pembelian dengan barang yang dibeli. Ditemukan sebanyak 21 rule yang diharapkan bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk strategi promosi penjualan bagi minimarket. 

Kata kunci: Barang; Algoritme FP-Growth; Promosi; Waktu Pembelian.

References


A. Junaidi, “Implementasi Algoritme Apriori Dan FP-Growth Untuk Menentukan Persediaan Barang,” J. SISFOKOM, vol. 08, no. 1, pp. 61–67, 2019.

A. Nurul Fildzah and I. Dwi Mayangsari, “Analisis Strategi Promosi pada UMKM Social Enterprise (Studi Kasus Pascorner Cafe and Gallery),” J. Komun., vol. 12, no. 2, pp. 101–112, 2018, doi: 10.20885/komunikasi.vol12.iss2.art1.

R. Wulansari, “Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Boga Sejahtera Di Cikarang,” J. Ekon. Ef., vol. 1, no. 4, p. 255, 2019, doi: 10.32493/jee. v1i4.10706.

R. Chandra, “Peranan Strategi Promosi dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan pada Perusahaan Jasa Perhotelan,” J. Manaj. dan Keuang., vol. 4, no. 2, pp. 376–382, 2015, [Online]. Available: https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/2370

M. G. Haque-fawzi, A. S. Iskandar, and H. Erlangga, Konsep , Teori dan Implementasi Strategi Pemasaran. Tangerang Selatan: Pascal Books, 2022.

E. Junaida and N. Hanum, “Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Perumahan PT . Pillar Tamiang Konstruksi Aceh Tamiang,” J. Manaj. dan Keuang., vol. 8, no. 3, pp. 389–401, 2019.

R. Victoria Putra, Machasin, and S. Nas, “Pengaruh Sales Promotion, Personal Selling dan Advertising terhadap Keputusan Pembelian Produk Buku Terbitan CV. As Salam di Kota Pekanbaru,” J. Ekon. KIAT, vol. 32, no. 1, pp. 57–65, 2021, doi: 10.25299/kiat. 2021.vol32(1).7408.

A. Y. dan R. Satriawan, “Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Tinjauan Manajemen Syariah,” Al-intaj J. Ekon. dan Perbank. Syariah, vol. 4, no. 1, pp. 74–88, 2018.

M. Gigih, “Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Harian Suara Merdeka,” J. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 1–12, 2018.

V. Rahayu, “Analisis Algoritme Apriori dan FP-Growth Dalam Menemukan Pola Frequent Item Data Association Rule Pada Supermarket,” Explore, vol. 11, no. 2, p. 20, 2021, doi: 10.35200/explore.v11i2.436.

M. Afdal and M. Rosadi, “Penerapan Association Rule Mining Untuk Analisis,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 99–108, 2019.

S. Sumirat et al., “Implementasi Algoritme Fp-Growth Untuk Penentuan Paket Hemat Produk Skincare,” E-Prosiding Tek. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 191–199, 2021.

A. Ikhwan et al., “A novelty of data mining for promoting education based on FP-growth algorithm,” Int. J. Civ. Eng. Technol., vol. 9, no. 7, pp. 1660–1669, 2018.

M. Tahir and N. Sitompul, “Penerapan Algoritme Fp-Growth Dalam Menentukan Kecenderungan Mahasiswa Mengambil Mata Kuliah Pilihan,” Netw. Eng. Res. Oper., vol. 6, no. 1, p. 59, 2021, doi: 10.21107/nero.v6i1.216.

A. R. Wibowo and A. Jananto, “Implementasi Data Mining Metode Asosiasi Algoritme FP-Growth Pada Perusahaan Ritel,” Inspir. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 10, no. 2, p. 200, 2020, doi: 10.35585/inspir.v10i2.2585.

A. Abdullah, “Rekomendasi Paket Produk Guna Meningkatkan Penjualan Dengan Metode FP-Growth,” Khazanah Informatika., vol. 4, no. 1, pp. 21–26, 2018.

H. Syaiful, “Teknik Data Mining Untuk Penentuan Paket Hemat Sembako Dan Kebutuhan Harian Dengan Menggunakan Algoritme Fp-Growth (Studi Kasus Di Ulfamart Lubuk Alung),” J. Ilm. Fak. Sains dan Teknol., vol. 7, no. 3, pp. 111–119, 2019.

L. Selmakaramy, R. R. Muhima, and C. N. Prabiantissa, “Penerapan Algoritme Fp-Growth Untuk Menentukan Paket Hemat Toko XYZ Sebagai Strategi Penjualan,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap., vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2022.

F. X. B. Caesar and R. Somya, “Analisis Minat Beli Produk pada Toko Oleh-Oleh Khas Surabaya dengan Algoritme FP-Growth,” Seri Pros. Semin. Nas. …, pp. 5–10, 2021, [Online]. Available: http://senadi.upy.ac.id/prosiding/index.php/senadi/article/view/182

M. Yudho Ardianto and S. Adinugroho, “Penentuan Tata Letak Produk menggunakan Algoritme FP-Growth pada Toko ATK,” vol. 5, no. 9, pp. 3826–3832, 2021, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

A. Harahap, A. L. R. Perangin-Angin, K. Kumar, and S. P. Tamba, “Analisis penerapan data mining dalam penentuan tata letak barang menggunakan algoritme apriori dan fp-growth,” TEKINKOM, vol. 5, pp. 291–300, 2022, doi: 10.37600/tekinkom.v5i2.692.

N. C. Mamuaya, “The Effect of Sales Promotion and Store Atmosphere on Hedonic Shopping Motivation and Impulsive Buying Behavior in Hypermart Manado City,” DeReMa (Development Res. Manag. J. Manaj., vol. 13, no. 1, p. 83, 2018, doi: 10.19166/derema.v13i1.785.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.