Analisis Metode Decision Tree Untuk Mengidentifikasi Faktor Penentu Keberhasilan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan

Ratih Kumalasari Niswatin(1*)
(1) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v19i1.1123

Abstract

The implementation of the online learning system during pandemic requires several supporting equipment and facilities, the purpose of this research an analysis was made to identify the factors that can determine the success of the online learning system using the Decision Tree C.45 method. The benefit of this research is to help lecturers and instructors to find out the factors that determine success and cause failure in online learning system. The analytycal method used is Decision Tree C.45 algorithm. The result of this research is a portfolio of Decision Tree c.45 analysis rules that identify the dominant factors that determine the success and failure of online learning system. Based on the research results, it can be concluded that the factor of student participation in learning activities has the most dominant factor in determining the success of the online learning system.

Keyword: Pandemic; Rule; Decision tree; C.45 Algorithm 

 

Abstrak

Pelaksanaan sistem pembelajaran daring pada masa pandemi  memerlukan beberapa peralatan dan sarana penunjang, Tujuan penelitian ini membuat sebuah analisis untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi penentu keberhasilan sistem pembelajaran daring menggunakan metode Decision Tree C.45. Manfaat dilakukan penelitian ini untuk membantu para dosen dan pengajar untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penentu keberhasilan maupun penyebab kegagalan dalam sistem pembelajaran daring. Metode analisis yang digunakan adalah algoritma decision tree C.45. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah portofolio aturan (rule) dari analisis Decision Tree C.45 yang mengidentifikasi faktor-faktor dominan penentu keberhasilan dan kegagalan sistem pembelajaran daring. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor partisipasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran memiliki faktor yang paling dominan dalam menentukan keberhasilan sistem pembelajaran daring.

Kata kunci: Pandemi; Rule; Decision tree; Algoritma C.45  

References


. Kolivia, N. Radja, K. Wachyudi, A.B. Kamil, "Hambatan-Hambatan yang Dialami Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19", J. Santiaji Pendidikan ISSN. 2087-902, Vol.12, No.2, p.80, 2022.

. R.E. Putri, Zufriady, E.A. Mulyani, "Analisis Dampak Proses Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau", TUNJUK AJAR: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan e-ISSN. 2622-3553, Vol. 5, No.1, p. 21, 2022.

. N. Pangestika, M. Faizin, Mursalim, "Analisis Faktor Penghambat Implementasi Pembelajaran Daring Siswa SD Inpres 68 Kota Sorong", J. Papeda ISSN. 2715-5110, Vol.4, No.1, p. 81, 2022.

. B. Cahyanto, M. Maghfirah, N. Hamidah, "Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Covid-19", J. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ISSN. 2579-625, Vol.5, No.1, p. 32, 2021.

. R. Wardah, H. Farisia, "Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19: Implementasinya pada Sekolah Menengah Pertama". J. Ilmu Pendidikan e-ISSN. 2656-8071, Vol.3, No.4, 2021, DOI. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.908.

. T.P. Widianti, Dkk., "Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 DI Sekolah Indonesia Kuala Lumpur", J. Pendidikan Islam e-ISSN. 2548-415X, Vol.18, No.1, P. 17, 2021.

. L. Wulandari, "Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Keberhasilan Belajar", J. Wawasan Pendidikan, Vol.1, No.1, p.135, 2021.

. N.A. Akhmad, "Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring di Prodi Biologi STKIP PI Makassar", Kars: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya e-ISSN. 2655-1276, Vol.3, No.2, p. 62, 2021.

. R.R. Hamidy, Mashur, L.N. Yaqin, "Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran Daring Melalui LMS pada Masa Covid 19", Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika e-ISSN. 2549-7472, Vol.5, No.2, p. 288, 2021.

. Akhiar, Muazzinah, "Efektivitas Pembelajaran Online Saat Pandemi Covid-19 Di Universitas Islam Negeri (UIN AR-RANIRY) Banda Aceh", J. AL-IJTIMA'I: International Jounal of Goverment and SOcial Science e-ISSN. 2549-6921, Vol.7, No.1, Hp. 13, 2021.

. Nuryati, A.E. Pramono, P. Desristanto, "Perspektif Mahasiswa Mengenai Kendala dalam Pembelajaran Kodifikasi Klinis Secara Daring", J. Kesehatan Vokasional e-ISSN. 2599-3275, Vol.6, No.3, p.190, 2021, DOI. h􀀵ps://doi.org/10.22146/jkesvo.65983.

. K. Afni, "Dampak Pembelajaran Daring Bagi Mahasiwa Di Masa Pandemi Covid-19", J. Serunai Ilmu Pendidikan e-ISSN. 2621-2676, Vol.2, No.2, p. 80, 2020.

. R. Nastiti, N. Hayati, "Pembelajaran Daring Pada Pendidikan Tinggi: Tantangan Bagi Mahasiswa dan Dosen di Tengah Pandemi", INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, Vol.3, No.3, p. 378, 2020.

. N.B. Argaheni, "Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia", PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya E-ISSN. 2620-9969, Vol.8, No.2, p. 99, 2020.

. A. Hutauruk, R. Sidabutar, "Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Dikalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualitatif Deskriptif", SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, Vol.2, No.1, p. 45, 2020.

. Hartama, D., “Model Aturan Keterhubungan Data Mahasiswa dengan Algoritma Decision Tree”, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SNASTIKOM) ISBN 978-602-19837-0-6, 2012.

. F. Zaki, “Konsep Data Mining Algoritma”, Surabaya: Universitas Narotama, 2014.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.