Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Penjualan Dengan Menggunakan Model End User Computing Satisfaction

Arif Aliyanto(1*),Andri Wijaya Kedua(2)
(1) Universitas Katolik Musi Charitas
(2) Universitas Katolik Musi Charitas
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v19i1.1116

Abstract

The "XYZ" electronic store has used a sales management system for the past three years. The problems faced by the "XYZ" electronic shop within the framework of customer relationship management and information systems whose use can be accepted by customers have not been evaluated to determine the level of satisfaction felt by users with the information system used. Responding to these problems needs to be evaluated, the evaluation is to measure aspects of user satisfaction.The model used to measure user satisfaction is the End User Computing Satisfaction (EUCS) model with five variables used,namely content variable,accuracy variable,format variable,easy of use variable,and timeliness variable.These results indicate that the variables content, accuracy and timeliness do not have a significant effect on user satisfaction in using a sales Information Management System, and format and easy of use variables have a significant effect on user satisfaction in using a sales SIM

Keywords: Information Systems; Sale; User satisfaction; End User Computing Satisfaction

Abstrak

Toko elektronik “XYZ” sudah menggunakan sistem manajemen penjualan dalam kurun waktu Tiga tahun ini. Permasalahan yang dihadapi oleh toko elektronik “XYZ” dalam kerangka manajemen hubungan pelanggan dan sistem informasi yang penggunaannya dapat diterima oleh pelanggan belum dilakukannya evaluasi untuk mengetahui tingkat kepuasan yang dirasakan user terhadap sistem informasi yang digunakan. Menanggapi permasalahan tersebut perlu dilakukan evaluasi, untuk mengukur aspek kepuasan pengguna. Model yang digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna menggunakan model End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan Lima variabel, yaitu variabel content accuracy, format, easy of use, dan variabel timeliness. Dari hasil evaluasi menunjukkan variabel content, accuracy dan timeliness tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna dalam menggunakan Sistem Informasi Manajemen penjualan, serta untuk variabel format dan easy of use mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna dalam menggunakan SIM penjualan.

Kata kunci: Sistem informasi; Penjualan; Kepuasan pengguna; End User Computing Satisfaction

References


S.D. Anggadini, ”Anaslisis Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Dalam Proses Pengambilan Keputusan”, Jurnal Ilmiah Unikom (Jatisi), vol. 6., no. 1, pp. 49-61, 2019.

Sutarbi, Pengantar Teknologi Informasi. Edisi 1. Yogyakarta: Andi Offset, 2014

E. Wilhelmina, E. Chandra, Rusbandi, and F.P. Sihotang, “Sistem Informasi

Manajemen Hubungan Pelanggan Berbasis Website pada CV. Putra Hatim Pratama

Palembang”, pp. 1-13, http://eprints.mdp.ac.id/2387/ [Diakses tanggal 26 Juli 2011].

W. J. Doll and G. Torkzadeh, “The Measurement of End-User Computing Satisfaction,” MIS Q., vol. 12, no. 2, pp. 259–274, 1988.

Alfiansyah, G., Fajeri, A. S. I., Santi, M. W., & Swari, S. J, “Evaluasi Kepuasan

Pengguna Electronic Health Record (EHR) Menggunakan Metode EUCS (End

User Computing Satisfaction) di Unit Rekam Medis Pusat RSUPN Dr. Cipto

Mangunkusumo. Jurnal Penelitian Kesehatan", SUARA FORIKES", Journal of

Health Research" Forikes Voice, vol. 11, no. 3, pp. 258-263, 2020.

Nissa, N. K., Erawantini, F., & Roziqin, M. C, “Evaluasi Kariadi Information

System pada Petugas Koding Rawat Jalan di RSUP dr. Kariadi Semarang.”, -

REMI: Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, vol. 1, no. 3, pp. 120-128, 2020.

Dewa, Radin, “Analisis Kepuasan Pengunaan Terhadap Portal Program Studi Informatika Menggunakan Eucs (End User Computing Satisfaction)” Skripsi, Program Studi Informatika, Udinus, Semarang, 2016.

B. Suzanto and I. Sidharta, “Pengukuran End-User Computing Satisfaction Atas Penggunaan Sistem Informasi Akademik,” J. Ekon. Bisnis Entrep. vol. 9, no. 1, pp. 16–28, 2015.

N. Luh, A. Kartika, Y. Sarja, D. Koordinator, and D. Koordinator, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Sistem Informasi,” JSI, vol12, no. 2, pp. 19-25, 20218

A. S. Damayanti, Y. T. Mursityo, and A. D. Herlambang, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 11, pp. 4833–4839, 2018.

I. W. G. Sabdana, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Jiwa Propinsi Bali Dengan Metode End User Computing Satisfaction”, Jurnal Ilmiah Komputer Indonesia (JIKI), vol. 4, no. 1, pp. 126-138, 2019.

Dalimunthe, Nurmaini, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Online Public

Access Catalog (Opac) Dengan Metode Eucs (Studi Kasus: Perpustakaan Uin Suska Riau)”, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Vol.2, no.1, pp. 26-37, 2016.

Kurniawan, Riski, “Analisa Kepuasan Pengguna Akhir Terhadap Implementasi

Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Pada Kanwil Departemen Agama Provinsi Sumsel Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS).” Skripsi, Universitas Bina Dharma, Palembang, 2015.

Dahliana, Lovri, “Kontribusi End User Computing Satisfaction Terhadap

Kepuasan Pengguna Website Portal Akademik Pada Sistem Smart Campus Universitas Negeri Padang”, Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, vol.2, No.2, pp. 2302-3295, 2014

Fitriansyah, Ahmad, and Haris, Ibnu, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS).”, Jurnal Sistem Informasi” (Query), vol .2, no.1, pp. 1-8, 2018.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.