Desain UI dan UX dalam Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Extreme Programming

Fajar Mahardika(1*),Abdul Razak Naufal(2),Mohammad AL AMIN(3)
(1) ITSNU Pekalongan
(2) ITSNU Pekalongan
(3) ITSNU Pekalongan
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v19i1.1023

Abstract

The academic data processing system at ITSNU Pekalongan is not yet efficient, where activity recording is still carried out in the bookkeeping. This has the potential to cause data to be scattered and the preparation of management reports to take a long time. This study aims to design a UI (User Interface) and UI (User Experience) information system model for managing academic data at ITSNU Pekalongan. System development uses the Extreme Programming approach, where information collection is carried out by observation and question and answer. The results of research conducted at ITSNU Pekalongan concluded that with the construction of this system, it can help officers from BAAK, BAU and LPPM or LPM in managing academic data and information quickly, and can reduce errors in recording and conveying information. From testing the system, the reliability level was obtained with 65 respondents and the percentage proved 100%, which indicated that 65 respondents were suitable and there were no respondents who entered the Excluded type.

Keywords: Academic information system; Extreme Programming; User Experience, User Interface

 

Abstrak

Sistem pengolahan data akademik di ITSNU Pekalongan belum efisien, dimana pencatatan Kegiatan masih dilakukan dalam pembukuan. Hal ini berpotensi menyebabkan tercecernya data serta pembuatan laporan-laporan manajemen menjadi lama. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain model UI (User Interface) dan UI (User Experience) sistem informasi untuk mengelola data akademik di ITSNU Pekalongan. Pengembangan sistem menggunakan pendekatan Extreme Programming, dimana pengumpulan informasi dilakukan dengan cara pengamatan serta tanya jawab. Hasil penelitian yang dilakukan di ITSNU Pekalongan menyimpulkan bahwa dengan dibangunnya sistem ini, dapat membantu petugas bagian BAAK, BAU serta LPPM ataupun LPM dalam mengelola data dan Informasi akademik secara cepat, serta dapat mengurangi kekeliruan dalam pencatatan dan penyampaian informasi. Dari pengujian sistem diperoleh tingkat reabilitas dengan jumlah responden 65 serta persentase membuktikan 100%, yang menunjukkan kalau 65 responden itu sesuai serta tidak terdapat responden yang masuk ke jenis Exculded.

Kata kunci: Sistem informasi akademik; Extreme Programming; User Experience, User Interface

References


M. A. Muhyidin, M.A. Sulhan, & A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma”. Jurnal Digit, vol. 10, no. 2, pp. 208–219, 2020. https://doi.org/10.51920/JD.V10I2.171

A.V. Junilla, “Perancangan ui/ux microservice sistem informasi akademik kampus dengan metode perancangan five planes. Studi kasus: AIS Mahasiswa UIN Jakarta”, Tugas Akhir, Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/56712

M.Z.N. Fuadi, I. Darmawan, F. Mahardika, A. Saepullah. “Penerapan Metode Waterfall pada Skema Sistem Pengaman Sepeda Motor dengan Arduino Nano”. Respati, vol. 16, no. 2, pp. 63-71, 2021. https://doi.org/10.35842/jtir.v16i2.402

F. Mahardika, Kabul, A. Purwanto,D. Intan, & Saputra, “Implementasi Metode Waterfall pada Proses Digitalisasi Citra Analog”. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, vol. 2, no. 1, pp. 63–72, 2017. https://doi.org/10.30870/VOLT.V2I1.948

S. Yuliyanti, & D.A. Rasid, “Implementasi Dan Evaluasi Sistem Informasi Akademik Sekolah Dasar Negeri 6 Dengan Pendekatan User Experience (UX)”. J urnal Bangkit Indonesia, vol. 6, no. 2, pp. 1-10, 2017.

M. R. F. Akbar, “Analisis dan Perancangan UI/UX menggunakan UCD Pada Aplikasi Sicyca Mobile Ui/Ux”, Tugas Akhir, Universitas Dinamika, 2021. https://repository. dinamika.ac.id/id/eprint/5927/1/17410100094-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf

M.S. Anwar, “Penerapan Design Thinking Untuk Perancangan User Interface (Ui) Dan User Experience (UX) Pada Prototype Sistem Akademik Kampus”. Tugas Akhir, Universitas Siliwangi, 2021

B. Kurniawan, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma”. JSIM : Jurnal Sistem Informasi Mahakarya, vol. 5, no. 1, pp. 1–7, 2022. https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jsim/ article/view/109

M. Muhyidin, M. Sulhan, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma”. Jurnal Digit, vol. 10, no. 2, pp. 208-219, 2020

S. Tazkiyah, A. Arifin, “Perancangan UI/UX pada Website Laboratorium Energy menggunakan Aplikasi Figma”. Jurnal Teknologi Terpadu, vol. 8, no. 2, pp. 72–78. 2022. https://doi.org/10.54914/JTT.V8I2.513

D. Dharmayanti, A. M. Bachtiar, A.P. Wibawa, “Analysis of User Interface and User Experience on Comrades Application”. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, vol. 407, no. 1. 2018. https://doi.org/10.1088/1757-899X/407/1/012127

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, 2010

A. K. Nisah, H. Ajie, & Widodo, “Perancangan Berbasis User Experience Pada Modul Admin Sistem Informasi Akademik Universitas Negeri Jakarta”. PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, vol. 5, no. 2, pp. 56–64. 2021. https://doi.org/10.21009/PINTER.5.2.9

P. D. Sugiyono, Statistika untuk penelitian. Alfabeta, Bandung, 2015.

P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, 2013.


How To Cite This :

Refbacks