APLIKASI PENGELOLAAN DATA BARANG PADA BAGIAN PERLENGKAPAN

Eka Chandra Kirana(1*)
(1) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v7i3.302

Abstract

Abstrak Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan sangatlah penting memiliki catatan tentang stok persediaan barang yang ada di gudang. Karena tidak hanya untuk pengingat persediaan tetapi juga untuk bahan pembuatan laporan. Sistem dari pengelolaan barang yang berjalan masih menggunakan cara manual seperti pada saat ingin menghitung jumlah sisa/stok barang yang ada di gudang terlebih dahulu pengelola melakukan survei ke gudang untuk memastikan keakuratan data yang telah dicatat di dalam buku. Sehingga perhitungan jumlah sisa/stok barang yang menggunakan cara manual survei kegudang secara langsung sangatlah lambat dan memerlukan waktu. Untuk itu diperlukan sebuah aplikasi pengelolaan barang yang dapat secara cepat menghitung sisa/stok barang yang tersedia di gudang. Setelah melakukan analisa, pengujian user acceptance maka dapat disimpulkan dari hasil kuesioner bahwa Aplikasi Pengelolaan Barang Pada Bagian Perlengkapan Balai Veteriner Banjarbaruyaitu: 40% setuju bahwa aplikasi mampu mengatasi kesalahan perhitungan stok dan 60% setuju bahwa aplikasi membantu mengatasi keterlambatan dalam membuat laporan. Kata Kunci : Aplikasi, pengelolaan barang, stok persediaan

References


Nurcahyono, F. (2017). Pembangunan aplikasi penjualan dan stok barang Pada toko nuansa elektronik pacitan. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4(3). Hal 15-19.

Suprayitno, I. U. W. (2012). Pembangunan Sistem Stok Barang Dan Penjualan Pada Toko Sero Elektronik. IJCSS, 9(3).Hal 94-103.

Budiman, A., & Mulyani, A. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Persedian Barang Di TB. Indah Jaya Berbasis Desktop. Jurnal Algoritma, 13(1). Hal 374-378.

Susilowati, E. B., & Purnama, B. E. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pasien Rumah Sakit Umum Nirmala Suri Sukoharjo. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 3(4). Hal 10-17.

Indah, I. N. (2013). Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Sehat Jaya Elektronik Pacitan. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 12(1). Hal 124-128.

Bernadi, J. (2013). Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Velg YQ. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 4(2), 731-741. Hal 731-741.

Puspitasari, R. (2013). Aplikasi Pembayaran Iuran Sekolah Dan Buku Lembar Kerja Siswa Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Punung. EPUB-SISTEM INFORMASI, 1(1). Hal 110.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.