Sistem Informasi Administrasi Pelayanan Publik Intelkam Polres Hulu Sungai Selatan Berbasis Web

Muhammad Rezki Aulia(1*),Huzainsyahnoor Aksad(2),Eka Chandra Kirana(3)
(1) Program Studi Teknik Informatika
(2) Program Studi Teknik Informatika
(3) Program Studi Sistem Informasi
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i1.153

Abstract

Abstrak

Pada pelayanan SKCK, STTP dan Surat Izin Keramaian waktu pembuatan tidak sesuai dengan SOP yang ditetapkan oleh Satuan Intelkam Kepolisian, informasi persyaratan hanya ada disatuan intelkam saja, jadi pemohon harus berulang kali datang ke satuan intelkam untuk melengkapi persyaratan karena belum mengetahui informasi persyaratan.Selanjutnya database yang terpisah antara Intelkam dan Reskrim, petugas harus menanyakan tentang catatan kriminal si pemohon pada bagian satuan Reskirm untuk proses penerbitan SKCK.

Untuk mengatasi masalah tersebut diadakan penelitian dengan tujuan untuk membuat aplikasi sistem administrasi pelayanan publik pada Intelkam Polres Hulu Sungai Selatan menggunakan pemprograman PHP, menggunakan MySQL sebagai databasenya, metode pemilihan sampel, sampel datanya : data standar pelayanan administrasi Intelkam, persyaratan adminstrasi pelayanan publik, data observasi standar pelayanan kepada pemohon, data catatan kriminal, data Rekapitulasi SKCK, data Rekapitulasi STTP dan data Rekapitulasi Surat Izin keramaian, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi sistem informasi administrasi pelayanan publik yang digunakan di Satuan Intelkam Polres Hulu Sungai Selatan untuk mempercepat pendataan, pencarian data, pembuatan SKCK, STTP dan Surat Izin Keramaian. Serta masyarakat mengetahui informasi persyaratannya dan bisa mengakses dimana saja dan kapan saja. Aplikasi ini menghasilkan cetak SKCK, cetak STTP, cetak Surat izin keramaian, laporan rekapitulasi SKCK, laporan rekapitulasi STTP, laporan rekapitulasi surat izin  keramaian, dan laporan catatan kriminal.

Kata kunci: Sistem Informasi,Intelkam, PHP dan MySQL

References


Febyanti Putri D. T., Pelaksanaan Pemberian Izin Keramaian Oleh Kepolisian Dikota Bandar Lampung, 2013.

Teguh Setya Wiyono R. S., Pengembangan Sistem Informasi Pendaftaran Surat Ijin Mengemudi Online (Study kasus Polda Jateng), 2012.

Rizki Fadli J. W., Sistem Informasi Pembuatan Buku Pelaut Berbasis Web, 2012.

Rahadi D.R., Peranan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Pelayanan di Sektor Publik, Prosiding pada Seminar Nasional Teknologi, Hal: D.1 – D.13, Yogyakarta, Nopember 2007.

Yazdi M., Implementasi Web Service Pada Sistem Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Atap DI Pemerintahan Kota, Prosiding pada Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan, Hal: 450-457, Semarang, Juni 2012.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.