Aplikasi Penetapan Angka Kredit Pejabat Fungsional Kesehatan Pada Dinas Kesehatan Kota

Muslihuddin Muslihuddin(1*),Eka Chandra Kirana(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v6i2.249

Abstract

Abstrak

Salah satu persyaratan kenaikan pangkat adalah pembuatan DUPAK (Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit).  Pembuatan PAK (Penetapan Angka Kredit) dilakukan setiap semester, yang dalam satu tahun terdapat dua semester yaitu Periode Januari-Juni dan Periode Juli-Desember. Selain jarak, banyaknya jumlah puskesmas dan pejabat fungsional yang ada dibawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar maka proses pembuatan PAK persemester menjadi lambat. Selain itu pula sistem pencatatan yang ada masih menggunakan Microsoft Excel dan tidak memiliki database terhadap data pegawai serta data pendukung lainnya mengakibatkan permasalahan dalam pelaporan rekapitulasi data dalam pembuatan Penetapan Angka Kredit yang mengakibatkan  pemborosan terhadap waktu dan juga mengurangi efesiensi kerja.

Untuk mengajukan angka kredit kenaikan jabatannya seorang pejabat fungsional yang ada di bawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar diharuskan mengisi data mengenai kegiatannya ke administrasi untuk kemudian diolah di administrasi tingkat institusi. Software aplikasi akan membuat prosedur pengajuan jabatan lebih mudah, lebih nyaman dan lebih efektif.

Sebuah permodelan dalam membuat Aplikasi pembuatan PAK akan sangat membantu dalam proses pembuatan software yang akan di implementasikan dalam bentuk desktop. Permodelan yang dapat diusulkan seperti permodelan rekaman proses, permodelan interface dalam system aplikasi dan permodelan jaringan komunikasi data, sehingga angka kredit tersebut dapat diajukan untuk menduduki jabatan tertentu jika angka kredit yang telah dikumpulkan telah cukup.

Kata Kunci: Penetapan, Angka Kredit, Program Aplikasi

 

 

Abstract

One of the requirements of promotion is the making of DUPAK (List of Proposals of Credit Rate Determination). Preparation of PAK (Determination of Credit Score) is done every semester, which in one year there are two semesters that is Period from January to June and July-December Period. In addition to the distance, the number of puskesmas and functional officials under the auspices of the Banjar District Health Office then the process of making PAK persemester to be slow. In addition, the existing recording system is still using Microsoft Excel and does not have a database of employee data and other supporting data resulting in problems in reporting data recapitulation in the making of Credit Rate Determination resulting in waste of time and also reduce the efficiency of work.

To apply for a credit score for the upgrading of his position a functional official under the auspices of the Banjar District Health Office is required to fill in the data regarding his activities to the administration to be processed at the administrative level of the institution. Application software will make the job filing procedure easier, more convenient and more effective.

A modeling in making PAK making application will be very helpful in the process of making software that will be implemented in the form of desktop. Proposed modeling such as model recording modeling, interface modeling in application systems and data communications network modeling, so that the credit score can be submitted for a certain position if the credit score collected is sufficient.

Keywords: Determination, Credit Rate, Application Programs

References


Indonesia, M. K. (Nomor 153/MENKES/SK/III/2006). Pedoman Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional di Lingkungan Departemen Kesehatan. Jakarta: Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Purnama, B. E. (2010). Pembangunan Sistem Informasi Pendataan Rakyat Miskin Untuk Program Beras Miskin (Raskin) Pada Desa Mantren Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 2(4).pp32-41.

Prihartanto, Y. L. (2012). Sistem Informasi Manajemen Agenda Pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Karanganyar. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 3(3). Pp53-58.

Nugroho, A. (2011). Aplikasi Sistem Informasi Pada Jasa Usaha Laundry. ejournal narotama. elearning.upnjatim.ac.id

Ariyadi, B. M., & Bahar, B. (2017). Model Aplikasi Sistem Pelayanan Terpadu Pada Kantor Kelurahan. JUTISI, 5(1). Pp.895-906


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.