Aplikasi Location Based Sevice Peta dan Informasi Kampus Berbasis Android

Bahar Bahar(1*),Eko Saputra(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v4i1.3

Abstract

Aplikasi Location Based Service (LBS) Peta dan Informasi Kampus di Kota Banjarbaru berbasis Android ini berisi tentang pencarian lokasi kampus di Kota Banjarbaru, yang dibuat dengan menggunaka Java yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada Mahasiswa serta masyarakat untuk mengetahui informasi dan lokasi kampus di kota Banjarbaru, karena kampus
merupakan tempat tujuan mahasiswa berbagai macam daerah untuk menuntut ilmu, dan perlu adanya teknologi mobile yang dapat digunakan secara cepat mudah dan akurat sehingga membantu mahasiswa untuk menemukan kampus pilihan. Aplikasi ini berisi peta kampus dengan informasi seputar kampus, jarak terdekat, dan waktu tempuh rata-rata menuju lokasi yang terhubung dengan Google Map secara online dengan implementasi pada handphone berbasis Android. Aplikasi ini juga mempunyai beberapa
kelemahan yaitu memerlukan koneksi internet dan GPS sehingga jika diruangan tertutup atau didaerah yang tidak mempunyai koneksi internet maka tidak dapat menemukan posisi user dan mengakibatkan keakurasian kordinat user tidak tepat. Sebelum menggunakan aplikasi ini diwajibkan utuk mengaktifkan fiture GPS pada handphone diruangan terbuka agar satellite dapat mendeteksi posisi user secara mudah dan untuk dapat
membaca database secara online maka koneksi internet juga harus aktif.
Pada penelitian ini hasil user acceptance telah menghasilkan data data kordinat yang valid dan tepat dengan tingkat reliabilitasnya termasuk Reliabel.


Kata kunci: Aplikasi LBS, Peta Kampus, Android

References


Achyarudin, Y. dkk (2007). Sistem Informasi Akademik Berbasis Android Pada Stmik Global Informatika Multi Data. Jurnal STMIK GI MDP.

Mulyadi. (2010). Membuat Aplikasi untuk Android. Yogyakarta: Multimedia Center Publishing.

Pradana, R. E. (2012). Aplikasi Peta Pariwisata Kota Surabaya Berbasis Android. Skripsi.

Riyanto. (2010). Membuat Sendiri Aplikasi Mobile GIS Platform Java Me, Blackberry & Android. Yogyakarta: Andi.

Safaat., H. N. (2011). Pemrogrman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android.Penerbit . Bandung: Informatika .

Sundari, S. (201 2). Pembuatan Aplikasi Lbs Bengkel Motor Resmi Menggunakan Eclipse Galileo Untuk Handphone Berbasis Android. Depok: Universitas Gunadarma.

Daftar PTS Kopwil XI. 2011 http://www.dikti.go.id,diakses pada 15 November 2013 pukul 02.00 WIB


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.