Model Aplikasi Sistem Pelayanan Terpadu Pada Kantor Kelurahan

Bagus Muhammad Ariyadi(1*),Bahar Bahar(2)
(1) Program Studi Teknik Informatika
(2) Program Studi Teknik Informatika
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i1.148

Abstract

Abstrak

Dalam melayani kebutuhan masyarkat, Kantor Kelurahan memiliki berbagai jenis pelayanan, salah satunya yaitu berupa pembuatan bermacam-macam surat rekomendasi dan surat keterangan. Namun dalam melakukan semua pelayanannya tersebut, Banyak Kantor Kelurahan saat ini masih melakukan dengan cara manual. sehingga pemohon harus datang ke kantor Kelurahan untuk mengantri terlebih dahulu, dalam hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan belum lagi dokumen atau lampiran yang dia bawa harus ditinggal disebabkan karena pegawai yang bersangkutan tidak hadir dan akibatnya pemohon tidak mengetahui informasi apakah surat yang kita buat tersebut sudah selesai atau belum. Dan bahkan biasanya pemohon kurang mendapatkan informasi mengenai persyaratan apa saja yang harus dibawa untuk dilampirkan dalam proses pembuatan surat keterangan/rekomendasi tersebut. Untuk itu diperlukan suatu aplikasi sistem pelayanan terpadu pada kelurahan yang diharapkan dapat membantu dalam pengolahan data yang lebih cepat dan akurat, sehingga mempercepat siklus  informasi yang  dibutuhkan dan menjadi sarana penunjang  aktivitas  kependudukan  yang  kondusif, praktis dan akurat dalam penyajian data dan informasi kependudukan.

Berdasarkan hasil uji user acceptance kesimpulan yang dapat diambil yaitu aplikasi sistem pelayanan terpadu pada Kelurahan yang dibangun ini dapat membantu pihak pegawai yang ada di Kantor Kelurahan dan Masyarakatnya dalam memproses pembuatan surat keterangan. Dari aplikasi ini juga dapat mempercepat pelayanan yang ada pada Kantor Kelurahan dalam membuat permohonan surat keterangan dan dengan aplikasi ini pula masyarakat dapat dengan mudah mengetahui informasi apa saja yang ada di Kantor Kelurahan baik dalam agenda yang dilaksanakan nantinya ataupun informasi persyaratan yang digunakan dalam membuat permohonan surat keterangan.

Kata kunci: Kelurahan, Surat Rekomendasi, Surat Keterangan, Kependudukan.

References


Ashari A., Pengertian Aplikasi Komputer. Noudettu osoitteesta http://www.mlarik.com/ 2013/07/pengertian-aplikasi-komputer.html, 2013.

Anton Yudi Setianto S. L., Panduan Lengkap Mengurus Perijinan & Dokumen Pribadi, Keluarga & Bisnis. Jakarta: Niaga Swadaya, 2009.

Sinambela L., Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan dan Implementasi, 2010.

Siswosoediro H. S., Buku Pintar Pengurusan Perizinan & Dokumen. Jakarta: Transmedia Pustaka, 2010.

Siswosoediro, H. S., Menurus Surat-Surat (Identitas Diri). Jakarta: Transmedia Pustaka, 2008.

Prihartanto Y.L., Sistem Informasi Manajemen Agenda pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu, Jurnal Speed, Vol. 3, No. 3, Hal: 53-58, 2011.

Yazdi M., Implementasi Web Service Pada Sistem Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Atap di Pemerintah Kota Palu, Prosiding pada Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan, Semarang, Hal: 450-457, Juni 2012.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.