Model Sistem Informasi Service Handphone Berbasis Web

Evy Oktaviana(1*),Bahar Bahar(2)
(1) Program Studi Teknik Informatika
(2) Program Studi Teknik Informatika
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i1.160

Abstract

Abstrak

Service Handphone adalah suatu perbaikan handphone dimana handphone tersebut terdapat kerusakan atau berbagai macam yang harus di service terhadap handphone tersebut,Eva ponsel melayani berbagai macam handphone dan accesories handphone serta layanan service handphone, para pelanggan eva ponsel seringkali datang untuk memperbaiki handphone yang rusak, dikarenakan banyaknya handphone yang akan diservice maka pelanggan kadang kesulitan untuk mengetahui handphone yang sudah di perbaiki atau belum dikarenakan para tekhnisi yang terbatas dalam melakukan perbaikan handphone, sehingga  hal ini dapat menghambat proses penjualan, eva ponsel pun tidak memiliki ruangan khusus untuk melayani pelanggan karena langsung dilayani ditempat ponsel tersebut yang mana kurang nyaman karena cukup berisik dan berdebu.

Dari permaslahan yang ada maka dibuatlah Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem aplikasi berbasis web terhadap layanan pelanggan agar pelanggan melakukan proses pengecekkan handphone yang sudah di servis atau belum, dan juga terhadap layanan internal untuk melakukan pendataan layanan service handphone pada Eva ponsel.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya sistem informasi service handphone berbasis web pada eva ponsel telah dapat membantu dalam mempermudah pembuatan laporan, dan mempercepat pengecekkan status, serta aplikasi ini juga mudah di operasikan dan tampilan cukup menarik. Dan dari hasil uji validitas dan reliabilitas terhadap aplikasi bahwa pengujian user acceptance menghasilkan tingkat reliabilitas dengan nilai alpha croncbach adalah 0,76 yang berarti reliabilitas.

Kata Kunci: Sistem Informasi Service Handphone Berbasis Web Pada Eva Ponsel

References


Wijaya, Sistem Informasi Berbasis Web Pada Klinik HP Total Solution Yogyakarta Sebagai Media Informasi Dan Promosi. Yogyakarta: Gramedia, 2012.

Usada R. A., Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Furniture Pada CV. Jepara Original Berbasis Web. Yogyakarta: STMIK Amikom, 2011.

Regin R., Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Jasa Kursus Komputer. Jakarta: Universitas Bina Nusantara, 2013

Nakhwan A., Sistem Informasi Penjualan Dan Service HP Pada NWN. Medan: Universitas Sumatera Utara, 2008.

Sukmana F., Sistem Informasi Pengolahan Data Barang Dan Service Komputer, Program Studi Teknik Informatika: Universitas Surakarta, 2013.

Valentina F., Abdillah L.A., Saputri N.A.O., Penerapan E-Service Berbasis Android pada Divisi Pelayanan Perbaikan Komputer, Prosiding pada Seminar Informasi dan Teknik Informatika, Universitas Bina Darma, Palembang 11 Maret 2013, Hal: 13-18.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.