Sistem Informasi Distribusi Obat Puskesmas Pada Gudang Farmasi Berbasis Web

Helisa Helisa(1*),Bahar Bahar(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i2.132

Abstract

Abstrak

Gudang Farmasi Kabupaten Banjar merupakan pengelola obat yang akan disalurkan ke 23 puskesmas yang berada di wilayah Kabupaten Banjar. Selama ini proses pengelolaan data seperti data pencatatan stok obat, data penerimaan obat, data pendistribusian obat dan data bon obat masih berupa microsoft excel, sehingga perhitungan stok obat masih dilakukan secara manual, data stok obat tidak bisa di akses secara real time dan juga harus melakukan perhitungan stok terlebih dahulu untuk mengetahui stok yang ada.

Untuk itulah dibangun Sistem Informasi Distribusi Obat Puskesmas Pada Gudang Farmasi berbasis WEB untuk membantu kelancaran pengelolaan dan transaksi data. Secara umum Sistem informasi dapat didefinisikan sebagai suatu sistem di dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan.

Dari hasil pengujian user acceptent, menunjukkan bahwa interface Sistem Informasi Distribusi Obat Pada Gudang Farmasi berbasis WEB mudah dipahami dan digunakan. Aplikasi juga membantu pengelolaan data obat, baik penerimaan maupun distribusi, dapat memberikan laporan pemakaian dan permintaan obat secara online, dan mampu memberikan informasi data obat yang tersedia dan stok obat pada gudang farmasi dengan cepat dan efisien.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi berbasis  WEB, Distribusi, Gudang Farmasi, Puskesmas

References


McLeod, Raymont, Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT. Prenhallindo, 2011.

Sutabri, Tata, Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi, 2005.

Lindawaty, Sistem Informasi Persediaan Obat Pada Apotik Dunia. Skripsi, Medan: Universitas Sumatera Utara, 2008.

Surjawan, D..J., Aplikasi Penjualan Pembelian Berbasis Web dengan Pengaturan FIFO Barang dan Komisi Sales, Skripsi, Bandung: Universitas Kristen Maranatha, 2011

Karmila, R., Sistem Informasi Persediaan Obat Pada Puskesmas Tanjung Puri Sintang Kalimantan Barat.Skripsi, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer AMIKOM, 2014.

Abidah S., Amalia R., Kirana E.C., Desain Sistem Informasi Pemasaran Perumahan, Jurnal PROGRESIF Vol. 10, No. 2, Hal.: 1025-1034, 2014.

Bahram, Taufiq, Rahmi R., Aplikasi Permohonan Surat Izin Tempat Usaha Berbasis Web pada Kantor Kelurahan, Jurnal JUTISI Vol. 4, No. 1, Hal.: 653-664, 2015.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.