Model Sistem Peringatan Dini Banjir Di Kecamatan Satui Menggunakan Sensor Kapasitif Aluminium Foil

Bahar Bahar(1*),Adi Purwanto(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v3i2.25

Abstract

Banjir merupakan bencana alam yang sulit untuk di deteksi kapan akan datang terutama di musim hujan. Seperti halnya yang sering terjadi di Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, banjir sering datang secara dini dan belum adanya alat yang dapat
mendeteksi banjir di daerah tersebut menyebabkan masyarakat sekitar kesulitan untuk mendeteksi banjir. Banyak masyarakat yang kehilangan harta benda bahkan terkadang sampai menimbulkan korban jiwa akibat bencana banjir. Dengan teknologi arduino dan sensor kapasitif yang memanfaatkan aluminium foil, perancangan sistem deteksi banjir secara dini dibuat sedemikian rupa dengan melakukan eksperimen yaitu membuat prototipe sebuah bak air dengan sensor kapasitif berbasis mikrokontroller. Mekanisme sistem yang dibangun adalah capsense scetch pada mikrokontroller ATMega328 akan membaca sensor kapasitif aluminium foil berdasarkan nilai kapasitansi air. Data nilai kapasitansi dapat ditampilkan dalam serial monitor, kemudian sesuai
dengan data dalam mikrokontroller ATMega328 memproses dan melakukan perintah output melalui LCD, LED, dan buzzer untuk menampilkan status dari ketinggian air sungai. Dari hasil pembuatan prototipe sebuah bak air dengan sensor kapasitif aluminium foil sebagai
sensor deteksi banjir telah berhasil dilakukan dan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan sistem yang telah dirancang.

Kata Kunci : Sensor deteksi banjir, Sensor kapasitif, Aluminium Foil

References


Fahrul, Miranty, Ambo Asse, Rancang Bangun Sistem Deteksi Dini Banjir berbasis Sensor Float Magnetic Level Gauge, Jurnal JUTISI, Vol. 1 No. 2., 2013.

Ganjar Winasis, Sensor Ultrasonik untuk Deteksi Ketinggian Permukaan Air pada PT. Angkasa Pura 1 (Persero) Bandara Ahmad Yani Semarang, Fakultas Teknik Elektro Universitas Diponegoro, Semarang, 2014.

Dita Fuadah, Mada Sanjaya, Monitoring dan Kontrol Level Ketinggian Air dengan Sensor Ultrasonik berbasis Arduino, Jurnal Sain Fisika, Vol. 1 No. 1, Juni 2013.

I Wayan Supantara, Sensor Kapasitif dan Sensor Induktif, STIKI Indonesia, Bali, 2013.

Atmel, ATmega48A/PA/88A/PA/168A/PA/328/P [DATASHEET SUMMARY, Atmel, 2012


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.