Implementasi Augmented Reality Digital Katalog Promo PT Home Center Indonesia Berbasis Android
Abstract
The problem currently faced by Informa is the lack of promotional media that can help in conveying promotions to consumers. The media currently used is less innovative because it only uses old concept promotional media which does not attract consumers' interest in seeing the promotion so many consumers often don't know about it. ongoing promo. The aim of this research was to help Informa in the promotional process so that many consumers would know about ongoing promotions by utilizing developments in augmented reality technology and the ease of accessing promotional media using an Android smartphone. The method in this research uses the waterfall method so that everything is arranged systematically, supported by observation methods along with relevant previous research. The conclusion of this research is that Android-based augmented reality is able to run well on several Android smartphones and can help overcome the problem of lack of promotional media both offline and online.
Keyword: Augmented Reality; Katalog Digital; Android
Abstrak
Permasalahan yang dihadapi oleh Informa saat ini adalah kurangnya media promosi yang bisa membantu dalam menyampaikan promosi kepada konsumen, media yang digunakan sekarang kurang inovatif karena hanya menggunakan media promosi konsep lama yang kurang menarik minat konsumen untuk melihat promo tersebut sehingga banyak konsumen yang sering tidak mengetahui tentang promo yang sedang berlangsung. Tujuan dari penelitian ini dibuat agar bisa membantu Informa dalam proses promosi sehingga akan banyak konsumen yang mengetahui tentang promo yang sedang berlangsung dengan memanfaatkan perkembangan teknologi augmented reality serta kemudahan untuk melakukan akses terhadap media promosi dengan menggunakan smartphone android. Metode dalam penelitian kali ini menggunakan metode Waterfall sehingga semuanya tersusun secara sistematis, didukung dengan metode observasi beserta penelitian terdahulu yang relevan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Augmented Reality berbasis android mampu berjalan dengan baik di beberapa smartphone android dan bisa membantu mengatasi permasalahan kurangnya media promosi baik secara offline maupun online.
Keywords
References
F. P. Samodra, “Katalog adalah Salah Satu Alat Pemasaran, Pahami Fungsi dan Jenisnya,” Liputan6.com. Accessed: Jul. 08, 2023. [Online]. Available: https://www.liputan6.com/hot/read/5252673/katalog-adalah-salah-satu-alat-pemasaran-pahami-fungsi-dan-jenisnya
Chintya, “Katalog Adalah: Manfaat dan Perbedaannya dengan E-Katalog - Accurate Online,” Accurate. Accessed: Jul. 08, 2023. [Online]. Available: https://accurate.id/ marketing-manajemen/katalog-adalah/
D. M. Midtrans, “Katalog Kembali Berkembang di Era Belanja Online, Apakah Masih Relevan?,” Midtrans. Accessed: Jul. 08, 2023. [Online]. Available: https://midtrans.com/ id/blog/katalog-kembali-berkembang-di-era-belanja-online-apakah-masih-relevan
Y. Cahyaningsih, “Teknologi Augmented Reality pada Promosi Berbasis Android,” J. Comput. Sci. Eng., vol. 1, no. 2, pp. 90–115, 2020, doi: 10.36596/jcse.v1i2.60.
R. R. Wijayanti, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Interaktif Untuk Katalog Food and Beverage Pada Hokcafe,” JIKA (Jurnal Inform., vol. 2, no. 2, pp. 73–83, 2019, doi: 10.31000/.v2i2.1519.
W. A. Jati, F. Nugrahanti, and S. Riyanto, “Aplikasi Katalog Pakaian Sebagai Media Pemasaran Berbasis Augmented Reality,” J. Senat., vol. 4, no. 1, p. 9, 2018.
Ferriyanto and S. Heryanto, “Katalog Bahan Bangunan Menggunakan Augmented Reality 3D,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 20–25, 2022.
A. Sugiharto, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Katalog Barang Elektronik Berbasis Android Menggunakan Unity 3D,” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 6, no. 1, p. 10, 2019, doi: 10.35968/jsi.v6i2.284.
A. Pramudana, A. P. Armin, and A. Rahmadi, “Aplikasi Katalog Suku Cadang Otomotif Di Indoprima Group Berbasis Augmented Reality,” Prog. Retin. Eye Res., vol. 15, no. 2, pp. 13-22, 2019.
T. N. Ilman and P. R. Tri, “Augmented Reality Sebagai Aplikasi Media Promosi,” eProsiding Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 105–110, 2022.
B. O. Tafakkur, L. Puji, I. Kharisma, and A. A. Rizal, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Pada Lesehan Kalisari Dengan Metode Based Marker Tracker,” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 5, no. 1, pp. 10–21, 2023.
Y. Fernando, I. Ahmad, A. Azmi, and I. Borman, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Katalog Perumahan Sebagai Media Pemasaran Pada PT. San Esha Arthamas,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 5, no. 1, pp. 62–71, 2021.
A. T. Saputra and N. E. Budiyanto, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Mebel Kompas Jati Jepara Berbasis Android,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 2, pp. 82–87, 2019, doi: 10.36499/jinrpl.v1i2.2951.
A. Sutedi, D. Tresnawati, and R. Faiz, “Perancangan Aplikasi Promosi Katalog Mebel Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” J. Algoritm., vol. 19, no. 1, pp. 210–218, 2022, doi: 10.33364/algoritma/v.19-1.1051.
Y. Ababil and L. Tianti, “Rancang Bangun Aplikasi Promosi Penjualan Hp Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android,” J. ITCC, vol. 2, no. 1, pp. 20-27, 2023.
B. T. Pamungkas and M. A. Adiguna, "Implementasi Metode Markerless Augmented Reality Untuk Memvisualisasikan Informasi Kain Batik Berbasis Android (Studi Kasus Kampung Batik Kauman),” OKTAL J. Ilmu Komput. dan Sci., vol. 1, no. 12, pp. 2359-2366, 2022, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.