Model Aplikasi Suplemen Bahan Ajar Cetak Sistem Informasi Manajemen Berbasis Augmented Reality
Abstract
Abstrak. Salah satu tantangan dalam dunia pendidikan adalah penerapan inovasi teknologi yang semakin hari semakin maju. Salah satu contohnya adalah penerapan keterbaruan bahan ajar cetak sistem informasi manajemen menggunakan augmented reality di Universitas Terbuka. Bahan ajar cetak sistem informasi manajemen tersebut membutuhkan suplemen tambahan dengan augmented reality karena banyak sekali gambar yang membutuhkan penjelasan lebih terperinci. Dengan adanya suplemen berbasis augmented reality diharapkan lebih dapat berguna terhadap pembaca bahan ajar cetak tersebut. Penelitian ini melakukan penambahan suplemen augmented reality pada bahan ajar cetak sistem informasi manajemen menggunakan model waterfall. Hal ini bertujuan untuk memberikan penjelasan materi yang tidak tertulis pada bahan ajar cetak tersebut dan memberikan informasi yang lebih berguna dibandingkan bahan ajar cetak lainnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi berjalan dengan baik dan siap digunakan oleh pengguna. Hal tersebut dapat dilihat dari pengujian fungsional dan non fungsional yang telah dilakukan. Dari pengujian fungsional aplikasi dapat berjalan pada perangkat yang memiliki kamera lebih dari 3MP sedangkan dari pengujian non fungsional aplikasi mendapatkan skor 80,125 artinya aplikasi dapat diterima dan berguna kepada pengguna.
Kata kunci: Bahan ajar cetak, Sistem Informasi Manajemen, Augmented Reality
Abstract. One of the challenges in the world of education is the application of increasingly advanced technological innovations. One example is the application of the updated printed management information system using augmented reality at the Open University. The printed teaching materials for the management information system require additional supplementation with augmented reality because there are so many images that require more detailed explanations. With the augmented reality-based supplement, it is hoped that it will be more useful to the readers of the printed teaching materials. This study adds augmented reality supplements to printed teaching materials for management information systems using the waterfall model. It aims to provide an explanation of the material that is not written in the printed teaching materials and provide more useful information than other printed teaching materials. The results show that the application runs well and is ready to be used by the user. This can be seen from the functional and non-functional tests that have been carried out. From functional testing the application can run on devices that have a camera of more than 3MP while from non-functional testing the application gets a score of 80.125, meaning that the application is acceptable and useful to users. Keywords: Printed teaching materials, Management Information Systems, Augmented Reality
References
Subekt, H., Taufiq, M., Susilo, H., Ibrohim, I., & Suwono, H. Mengembangkan literasi informasi melalui belajar berbasis kehidupan terintegrasi stem untuk menyiapkan calon guru sains dalam menghadapi era revolusi industri 4.0: revieu literatur. Education and Human Development Journal, 20218, 3(1): 81-90
Prasetyo, H., & Sutopo, W. Industri 4.0: Telaah Klasifikasi aspek dan arah perkembangan riset. J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 2018, 13(1): 17-26.
[Ghufron, G. Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan solusi bagi dunia pendidikan. In Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1): 332-337
Ahmad, I. Proses pembelajaran digital dalam era revolusi industri 4.0. Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kemenristek Dikti, 2018: 1-13
Ningrum, E. Pengembangan sumber daya manusia bidang pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 2016, 9(1): 1-9
Maxwell J.C. “Swinburne and Thackeray,” Notes Queries, 1974, 21(1): 15, 1974, doi: 10.1093/nq/21.1.15-b.
Yuliarty P, Permana T, Pratama A. “Bahan Ajar Media Pembelajaran,” 2008.
Lase, D. Education in the fourth industrial revolution age. Sundermann Journal, 2019, 1(1): 28-43.
Sholeh, M., Suraya, S., & Suraya, I. Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Informasi Dengan Camtasia Studio Bagi Guru Di Smk Muhammadiyah 2 MuntilanMagelang. Jurnal Terapan Abdimas, 2018, 3(2): 192-199.
Perdamaian, I. G. B. H. Y., Werthi, K. T., & Nirmala, B. P. W. Rancang Bangun Media Interaktif Pengenalan Objek Wisata Tanah Lot Menggunakan Virtual Reality Berbasis Android. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2019, 8(3): 85-94.
Maulana, I., Suryani, N., & Asrowi, A. Augmented Reality: Solusi Pembelajaran IPA di Era Revolusi Industri 4.0. Proceedings of the ICECRS, 2019, 2(1): 19-26. [
Universitas Terbuka, Buku Katalog Universitas Terbuka Kurikulum, 2021st ed. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2021.
Pressmann R.S. Software Quality Engineering: A Practitioner’s Approach, New York: McGraw-Hill, 2010.
Billinghurst M, Clark A, and Lee G. A survey of augmented reality, Found. Trends HumanComputer Interact., 2014, 8(2): 73–272.
Adami, F. Z., & Budihartanti, C. Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android. Jurnal Teknik Komputer, 2016, 2(1): 122-131.
Putra, A. P., Widodo, T., & Rochmadi, T. Membangun Media Pembelajaran 7 Keajaiban Dunia Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VI. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 2019, 1(2): 60-65.
Pramono, A., & Setiawan, M. D. Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 2019, 3(1): 54-68.
Chen, C. H., Ho, C. H., & Lin, J. B. The development of an augmented reality game-based learning environment. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 20215, 174: 216-220.
Maulana, G. G. Penerapan Augmented Reality Untuk Pemasaran Produk Menggunakan Software Unity 3D Dan Vuforia. Jurnal Teknik Mesin Mercu Buana, 2017, 6(2): 74-78.
Hidayat, T. Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Model Media Edukasi Kesehatan Gigi Bagi Anak. Creative Information Technology Journal, 2014, 2(1): 77-92.
Maramis, M. I., Lumenta, A. S., & Sugiarso, B. A. Augmented Reality Pada Aplikasi Android Untuk Memperlihatkan Gedung Fatek. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 2016, 5(1): 40-48.
[Suryadi, A. Perancangan aplikasi game edukasi menggunakan model waterfall. Jurnal Petik, 2017, 3(1): 8-13.
[Binanto, I. Analisa Metode Classic Life Cycle (Waterfall) Untuk Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, 2018
Maulani, G. A. F., Suryadi, A., Nugraha, Y., Hamdani, N. A., & Purwanti, Y. Web-based student master book information system in vocational school of Muhammadiyah Banyuresmi. In Journal of Physics: Conference Seriesm, IOP Publishing. 2019, 1280 (3): 032040
[Bunyamin, J. H., Wetan, S., & Pabuaran, P. U. Komparasi Algoritma Naive Bayes Dengan Algoritma Genetika Pada Analisis Sentimen Pengguna Busway. Jurnal Teknik Komputer, 2019, 5(2): 135-138
Atmini, S., Budianto, A. E., & Ahsan, M. Analisis dan Pengembangan Sistem Informasi Tracer Study Menggunakan Metode Waterfall Berbasis Web. Semnas SENASTEK Unikama 2019, 2: 374-383
Suryadi, A., Ahmad, A., Rahayu, S., Herlina, N., & Yulianti, Y. Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Pemasangan Baru Listrik Berbasis Web Barcode. JURNAL PETIK, 2019, 5(1): 25-30.
Universitas Terbuka, “Katalog Sistem Penyelenggaraan Universitas Terbuka 2020/2021 Edisi 2”, Tangerang, 2021.
Suryadi, A. (2018). Sistem Rekomendasi Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Naive Bayes Classifier di Institut Pendidikan Indonesia. Joutica, 2018, 3(2): 171-182.
Hodrien, A., & Fernando, T. P. A review of post-study and post-task subjective questionnaires to guide assessment of system usability. Journal of Usability Studies, 2021, 16(3): 203-232.
Abiwardani, H., Hanggara, B. T., & Prakoso, B. S. Evaluasi Usability Aplikasi Usaha Laundry Berbasis Web Menggunakan Metode Usability Testing (Studi Kasus: Aplikasi Smartlink Bos). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2020, 2548: 964X.
Brooke J. SUS-A quick and dirty usability scale (in “Usability Evaluation in Industry”, PW Jordan, B Thomas, I McLelland, BA Weerdmeester (eds)), 2006, 1.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.