Analisis Strategi Digital Marketing Dan Implementasi Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Perhiasan
Abstract
Feelgoods.id is a business engaged in the sale of gold and silver jewelry. The problems that occur with Feelgoods.id are unstable product sales. So, this study aims to analyze and implement digital marketing strategies to increase product sales. In this research was conducted using SWOT analysis, Marketing Mix and STP with descriptive methods with a qualitative approach. Researchers will make observations on digital assets owned and study literature by collecting references, books and journals that are appropriate to the topic as a reference for improving digital marketing strategies. Results obtained through this study indicate that the implementation of digital marketing by Feelgoods.id is in accordance with the three analyzes used. Feelgoods.id markets its products offline and online with integrated digital media and this is very helpful in doing marketing efficiently and effectively. Some of the recommendations given in this study are to innovate products and optimize advertising on social media.
Keywords: Digital Marketing; Sales; Jewelry; SWOT Analysis; Marketing Mix
Abstrak
Feelgoods.id merupakan usaha yang bergerak di bidang penjualan perhiasan emas dan perak. Permasalahan yang terjadi pada Feelgoods.id adalah penjualan produk tidak stabil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan implementasi strategi digital marketing untuk meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini dilakukan menggunakan analisis SWOT, Marketing Mix dan STP dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti akan melakukan observasi pada aset-aset digital yang dimiliki dan studi pustaka dengan mengumpulkan referensi, buku dan jurnal-jurnal yang sesuai dengan topik sebagai acuan peningkatan strategi digital marketing. Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa implementasi digital marketing yang dilakukan Feelgoods.id sesuai dengan ketiga analisis yang digunakan. Feelgoods.id memasarkan produknya secara offline dan online dengan media digital yang dilakukan secara terintegrasi dan hal tersebut sangat membantu dalam melakukan pemasaran secara efisien dan efektif. Beberapa rekomendasi yang diberikan dalam penelitian ini adalah melakukan inovasi produk dan mengoptimalkan Iklan pada sosial media.
Keywords
References
A. Wardhana, “Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia,” Semin. Nas. Keuang. dan Bisnis IV, no. April 2015, pp. 327–337, 2015.
M. T. Febriyantoro and D. Arisandi, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean,” JMD J. Ris. Manaj. Bisnis Dewantara, vol. 1, no. 2, pp. 61–76, 2018, doi: 10.26533/jmd.v1i2.175.
G. Sagita and Z. R. Wijaya, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07,” J. Ekon. Bisnis dan Manaj., vol. 1, no. 3, pp. 24–31, 2022.
T. Tabroni and M. Komarudin, “Strategi Promosi Produk Melalui Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid’19 Berdasarkan Keputusan Konsumen,” J. Ris. Entrep., vol. 4, no. 1, p. 49, 2021, doi: 10.30587/jre.v4i1.2217.
Imam Pamungkas Walton and A. Nurmandi, “Strategi Bertahan Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19,” GOVERNABILITAS (Jurnal Ilmu Pemerintah. Semesta), vol. 2, no. 2, pp. 154–168, 2021, doi: 10.47431/governabilitas.v2i2.117.
M. Mastur, “Implementasi Kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran di SMP,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 4, no. 1, p. 50, 2017, doi: 10.21831/jitp.v4i1.10131.
A. Alfin, “Analisis Strategi UMKM Dalam Menghadapi Krisis di Era Pandemi Covid-19,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 10, pp. 1–208, 2021.
R. Ratna Gumilang, “Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri,” Coopetition J. Ilm. Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 9–14, 2019, doi: 10.32670/coopetition.v10i1.25.
K. Khotimah, “Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Studi Kasus Umkm Paklin Donuts Kota Tegal,” Doctoral dissertation, Politeknik Harapan Bersama Tegal, 2021.
Y. Abdullah, A. Rosliyati, and W. A. Nugraha, “Strategi Internet Marketing Pada Bisnis Kuliner Di Komunitas Wisata Tasikmalaya,” J. Ris. Manaj. dan Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 209–220, 2020.
Fendy Hariatama, “Analisis SWOT Terhadap Pelaksanaan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Lembaga Pendidikan Prima Mandiri Utama Palangka Raya,” Edunomics J., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2021, doi: 10.37304/ej.v2i1.2078.
I. M. Artana, “Analisis Investasi Teknologi Informasi Studi Kasus Pt Bank Danamon Indonesia,” pp. 235–239.
N. Putu, M. Swanitha, S. Lavianto, and I. M. Artana, “Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Pada Lembaga Pendidikan Cyz,” Jinteks, vol. 4, no. 2, pp. 149–155, 2022.
Nursapih, Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing, 2020.
S. Efrida and A. Diniati, “Pemanfaatan fitur media sosial Instagram dalam membangun personal branding Miss International 2017,” J. Kaji. Komun., vol. 8, no. 1, p. 57, 2020, doi: 10.24198/jkk.v8i1.23365.
N. Asmarita and D. Astuti, “PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM FAKULTAS DAKWAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI,” 2022.
D. Sonatasia, Onsardi, and E. Arini, “Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2020.
M. Ridwan, B. Ulum, F. Muhammad, I. Indragiri, and U. Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, “Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah (The Importance Of Application Of Literature Review In Scientific Research),” J. Masohi, vol. 2, no. 1, pp. 42–51, 2021, [Online]. Available: http://journal.fdi.or.id/index.php/jmas/article/view/356.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.