Aplikasi Sebaran Penyakit Tanaman Perkebunan Berbasis Web

Lukman Hakim(1*),Ruliah Ruliah(2),Soegiarto Soegiarto(3)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(3) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i2.138

Abstract

Abstrak

Sistem yang ada pada Dinas Perkebunan saat ini adalah prosesnya di lakukan secara pendataan ke setiap kabupaten dan wilayah yang terserang hama dan penyakit yang memerlukan waktu dan dana yang tidak sedikit karena jauhnya jarak dari setiap kabupaten di Kalimantan Selatan. Selain itu kurangnya informasi dan penanganan yang tepat mengenai hama dan penyakit menjadi permasalahan yang menyebabkan turunnya hasil produksi tanaman perkebunan yang di sebabkan oleh OPT (organisme pengganggu tumbuhan). Dengan aplikasi ini dapat membantu masyarakat mengetahui daerah yang terkena serangan penyakit tanaman perkebunan serta dapat melakukan konsultasi ataupun pelaporan mengenai tanaman perkebunan yang mereka miliki secara online sehingga dapat ditangani dengan cepat oleh pihak Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Selatan beserta petani sebaran penyakit tanaman perkebunan tersebut.

Kata Kunci : Aplikasi, Tanaman Perkebunan, Berbasis Web

References


[ 1 ] Qolbi A., Sistem Informasi Sebaran Organisme Pengganggu Tumbuhan di Dinas Perkebunan Kabupaten Pasaman Barat’. Bandung: Informatika, 2013.

[ 2 ] Kadir A., Pengenalan sistem informasi. Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2002.

[ 3 ] Anonim, Media Tanam Sebagai Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman.Surabaya: Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya, 2013.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.